Status Bendung Katulampa Hari Ini Siaga 1, Warga Bidara Cina dan Kp Melayu Waspada Banjir

Baca berita selengkapnya tentang Status Hari Ini Siaga 1, Warga Bidara Cina dan Kp Melayu Waspada disini.

Bendung Katulampa siaga 1 hari ini. Tinggi muka air, Senin, Februari 5, 2018 di 08.30 WIB mencapai 220 cm karena hujan deras yang berlangsung dari minggu, Februari 4, 2018.

Kenaikan debit air bendung  Katulampa disebabkan hujan mengguyur wilayah dan sekitarnya sejak fajar.Status Bendung Katulampa Hari Ini Siaga 1

Penduduk Kampung Melayu dan Bidara Cina, Timur, yang terletak di dekat Sungai Ciliwung diminta waspada pada ketinggian debit air.

Status Bendung Katulampa Hari Ini Siaga 1

“#TinggiMukaAir di Bendung Katulampa pada Pukul 08.30 WIB, 220 cm/Hujan (Siaga 1). #PeringatanDiniJKT : Waspada #banjir kiriman di bantaran kali ciliwung,” dari akun Twitter @BPBDJakarta.

Debit air pada 09.00 WIB, meningkat menjadi 230 cm pada 09.05 WIB menjadi 240 cm.

“Level Siaga I di Bendung Katulampa jika tinggi muka air Sungai Ciliwung di atas 200 centimeter,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Senin, Februari 5, 2018.

BACA JUGA:  KPK Menangkap 8 Orang Termasuk Bupati Imas Aryumningsih Dalam OTT di Subang

Kali ini, hujan masih berlangsung di daerah Bogor. Debit air di Sungai Ciliwung disebut masih akan naik.

Sutopo mendesak warga sekitar Sungai Ciliwung waspada. Orang yang tinggal di pinggiran tepian Sungai Ciliwung di daerah Bogor tidak disarankan untuk beraktivitas di sungai, seperti Katulampa, Barangsiang, Sukasari, Babakan pasar, Sempur, Pabaton, Kedung Badak, Kedung Halang.

Juga masyarakat sekitar tepi Sungai Ciliwung di daerah Depok. Masyarakat juga disarankan untuk mengevakuasi barang tangga ke tempat yang aman.

Dalam sembilan jam sebelum banjir debit yang diperkirakan akan mencapai Pintu Air Manggarai, Jakarta. Banjir yang diperkirakan akan membanjiri bantaran di sekitar wiilayah Jakarta, seperti Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, dan Timur Pejaten. Kebon Baru, area Bukit Duri, Cililitan, Bidara Cina Balekambang, Kampung Melayu dan juga masuk dalam daftar daerah yang tergenang.

Banjir memang diperkirakan tidak akan besar dan luas karena hujan tidak merata. “Sungai-sungai lain di wilayah Jakarta masih level normal atau aman seperti Kali Krukut, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Karet, dan Kali Pesanggrahan sehingga banjir diperkirakan hanya terjadi di permukiman di bantaran sungai. Daerah-daerah lain masih aman,”kata Sutopo.

BACA JUGA:  Beredar Foto dengan Pengusaha Hiburan Malam, Anies Baswedan: Foto itu Sudah Lama

Kabupaten BPBD Bogor dan BPBD Jakarta telah menyebar peringatan dini banjir informasi kepada publik, lurah, serta Kecamatan. Peralatan, logistik, dan personil juga siap untuk mengantisipasi banjir.

Sutopo berkata, Februari adalah puncak hujan untuk area Jakarta dan sekitarnya. Potensi banjir akan terus meningkat selama curah hujan meningkat.
“Masyarakat diimbau terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi banjir dan genangan,” kata Sutopo.

Sumber: metrotvnews.com

Follow Kami: