Setya Novanto Ingin Ganjar Pranowo Bersaksi dalam Persidangan E-KTP

Baca berita selengkapnya tentang Ingin Bersaksi dalam Persidangan disini.

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Setya Novanto (Setnov) ingin Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan () menghadirkan Gubernur

Setya Novanto Ingin Ganjar Pranowo Bersaksi dalam Persidangan E-KTP
foto: tempo.co

Ganjar Pranowo sebagai saksi dalam persidangan dugaan korupsi yang menyeretnya sebagai terdakwa. Harapan disampaikan setelah diperiksa Penyidik KPK, Sabtu (30/1).

Setya Novanto Ingin Ganjar Pranowo Bersaksi

“Iya (berkeinginan Ganjar dihadirkan sebagai saksi),” kata Novanto sambil mengangguk setelah diperiksa di Gedung KPK, Jakarta.

Maqdir Ismail, kuasa hukum Novanto mengaku ada hal yang belum dikonfirmasi terhadap para politisi PDI-P. Hal ini karena ketika proyek e-KTP bergulir, Ganjar menjabat sebagai Ketua Komisi II yang merupakan mitra Kementerian dalam negeri (Kemdagri). Selain itu, dalam sidang dengan terdakwa Andi Narogong, Ganjar yang dihadirkan sebagai saksi menyabut Novanto telah memintanya untuk tidak ‘galak’ terkait proyek e-KTP. “Ya tentu, tentu semuanya, di Komisi II itu apa sih yang dilakukan, kan waktu itu beliau Wakil Ketua (Komisi II),” kata Maqdir ketika dikonfirmasi.

Namun demikian, Maqdir mengakui hadir atau tidak Ganjar di pengadilan adalah otoritas Jaksa Penuntut Umum KPK. Permintaan itu untuk membawa Ganjar belum tentu disetujui oleh Jaksa. “Jika Jaksa menganggap masih dibutuhkan (kesaksiannya) mereka akan panggil, karena yang akan membuktikan benar atau tidaknya dakwaan itu kan Jaksa. Jadi itu semua sepenuhnya tergantung pada Jaksa, kita tidak bisa minta supaya Jaksa hadirkan. Bisa juga kita minta, tapi belum tentu mereka mau,”katanya.

BACA JUGA:  Tertangkap OTT KPK, Bupati Lampung Tengah Mustafa: Cobaan Hidup Saya

KPK sendiri memastikan nama Ganjar adalah salah satu saksi dalam persidangan yang dihadirkan Novanto. Hal ini disebabkan Ganjar salah satu dari 99 saksi yang telah diperiksa, tim penyidik saat kasus ini masih dalam tahap penyidikan. Kehadiran Ganjar sangat penting untuk membuktikan tuduhan terhadap Novanto. Namun demikian, Febri mengaku tidak tahu pasti kapan Ganjar akan dihadirkan oleh Jaksa Penuntut di pengadilan.

“Kemarin saya cek, Ganjar adalah salah satu saksi yang sudah kita panggil dalam proses penyidikan untuk SN (Setya Novanto) pada saat itu. Jadi kalau dibutuhkan keterangannya di persidangan, karena kan kita harus membuktikan dakwaan. Tidak tertutup kemungkinan kita akan hadirkan. Itu sepenuhnya tergantung pada kebutuhan JPU membuktikan rangkaian peristiwanya. (Ganjar) Satu di antara 99 saksi yang sudah kita panggil (di penyidikan),” katanya.

Febri mengakui, ada sejumlah hal yang akan dikonfirmasi Jaksa terhadap Ganjar pada sidang, termasuk mengenai pernyataan Ganjar mengenai Novanto memintanya untuk tidak galak. Selain itu, secara umum, Jaksa KPK juga menetapkan menginformasi terkait proses diskusi proyek e-KTP di Komisi II. “Tentu kita akan klarifikasi kejadian pada saat itu,” katanya.

BACA JUGA:  Jero Wacik Jadi Tahanan KPK

Ganjar berulang kali telah diperiksa sebagai saksi dalam kasus merugikan keuangan negara hingga Rp 2,3 triliun untuk penyelidikan terhadap dua mantan pejabat Kemdagri Sugiharto dan Irman, pengusaha Andi Narogong serta mantan Ketua DPP Golkar Setya Novanto. Bahkan nama Ganjar disebut menikmati aliran dana proyek e-KTP. Dalam dakwaan terhadap Irman dan Sugiharto, Ganjar disebut menerima uang dari proyek e-KTP sebesar 520,000 US Dolar.

Sumber: Suara pembaruan

Follow Kami: