Resep Sayur Asem Khas Jawa Timur Sederhana

loading...

Baca disini uraian selengkapnya tentang Asem Khas Jawa Timur Sederhana.

Sayuran merupakan bahan makanan yang alangkah baiknya jika selalu ada di dalam meja makan kita, karena kandungan alami dari sayuran sangat baik bagi tubuh dan juga kulit. Mengolah sayuran bisa dengan berbagai cara dan beraneka ragam bumbu pilihan.Resep Sayur Asem Khas Jawa Timur

Salah satu cara pengolahan sayur yang lezat dan khas dari Indonesia adalah . adalah hidangan berkuah dengan rasa asam yang segar, rasa asem ini berasal dari asem jawa atau belimbing wuluh.

Menikmati semangkuk sayur asem panas dengan sepiring nasi dan 2-3 tempe goreng serta sambal tomat goreng disaat siang hari akan membantu mengembalikan energi Anda yang hilang karena lelah bekerja. Inilah resep sayur asem khas Jawa Timur yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Buat anda yang sedang mencari informasi tentang Resep Sayur Asem Khas Jawa Timur. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang anda butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang Resep Sayur Asem Khas Jawa Timur Sederhana. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Resep Sayur Asem Khas Jawa Timur terbaru untuk anda:

Apa Resep Sayur Asem Khas Jawa Timur Sederhana? Kami akan membaginya untuk anda dirumah. Pastikan anda Lihat info berikut dengan cermat, karena ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Jadi simak artikel ini dengan seksama.

loading...

Bahan utama sayur asem:

  • Siapkan 50 gram kecambah yang diambil dari kedelai atau tauge berukuran besar.
  • Siapkan 10 panjang yang sudah dipotong sesuai dengan selera.
  • Siapkan dua buah labu siang yang sudah dikupas dan dipotong dadu sesuai dengan selera.
  • Siapkan satu ikat kangkung yang juga telah dipotong sesuai dengan selera.
  • Siapkan 4 buah bawang merah yang telah diiris tipis.
  • Siapkan tiga siung bawang putih yang telah dihaluskan.
  • Siapkan pula dua sentimeter lengkuas yang telah dimemarkan.
  • Siapkan tiga buah belimbing wuluh untuk menguatkan rasa masamnya.
  • Siapkan satu liter air putih dan gula serta garam secukupnya.
BACA JUGA:  Resep dan Cara Memasak Cumi Tinta Hitam Enak Kental Madura Jawa Timur

Cara membuat sayur asem khas jawa timur:

  1. Membuat sayur asem khas dari Jawa Timur ini tidak jauh berbeda dengan sayur asem Betawi atau lainnya, langkah pertama untuk membuat sayur asem yang lezat adalah merebus air putih sampai air mendidih.
  2. Selama merebus air putih ini, Anda bisa mengerjakan apa yang belum dikerjakan, entah itu mencuci sayuran yang belum dicuci atau memotong sayuran yang belum sempat dipotong sehingga disaat airnya mendidih,
  3. Anda bisa langsung memasukkan bumbu dan sayur yang dibutuhkan.
  4. Lanjutkan memasak sayur asem dengan memasukkan bawang putih, lengkuas, bawang merah serta belimbing wuluh.
  5. Tunggu hingga air kembali mendidih baru kemudian tambahkan kacang pancang, labu siam dan juga kecambah dan masak sampai semua sayuran tersebut matang dan layu.
  6. Agar warnanya lebih hijau lagi, Anda bisa memasukkan kangkung dan bumbui dengan gula serta garam sambil diaduk hingga bumbu tercampur dengan sayuran dan kuah sayur asem.
  7. Tunggu kurang lebih selama satu menit atau sampai sayur kangkung layu.
  8. Cara membuat sayur asem ini telah selesai dan Anda bisa langsung mematikan api dan menghidangkan sayur asem yang telah dimasukkan ke dalam sebuah mangkuk pada anggota keluarga untuk disantap bersama lauk yang digoreng, sambal, nasi putih hangat dan lalapan.
  9. Hidangkan selagi panas, karena sayur asem paling nikmat disantap selagi panas.
BACA JUGA:  Resep dan Cara Membuat Rujak Buah Manis Pedas Bumbu Kacang Istimewa

Membuat sayur asem di rumah merupakan keterampilan hampir seluruh wanita, khususnya ibu rumah tangga, bahkan beberapa ibu rumah tangga memiliki resep sayur asem mereka sendiri karena walaupun resepnya sama tidak menutup kemungkinan jika antara satu ibu rumah tangga dengan lainnya akan membuat sayur asem dengan cita rasa khas yang berbeda, selain belimbing wuluh, Anda bisa memakai asem mentah atau asem jawa yang matang, keduanya memiliki rasa asem yang bisa mewakili rasa asem dari sayur asem tersebut.

Itulah Resep Sayur Asem Khas Jawa Timur Sederhana. Sekarang anda sudah tahu Resep Sayur Asem Khas Jawa Timur yang dapat menjadi referensi, disini anda bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk anda…

Selain Resep Sayur Asem Khas Jawa Timur Sederhana, kami memiliki banyak lagi info terbaik untuk Anda. Di sini, Anda dapat menemukan artikel dari banyak kategori yang berbeda, seperti resep, tips kesehatan kecantikan, teknologi dan banyak lagi. Dan jangan lupa untuk share di Google Plus, Twitter, dan Facebook.

Inline
Inline