Resep Manisan Pepaya Muda Kering Enak

Baca disini uraian selengkapnya tentang Muda Kering Enak.

Resep pepaya merupakan salah satu resep dan pengolahan pepaya agar lebih awet. Resep ini menawarkan cara mengawetkan papaya dalam waktu yang lebih lama. Proses ini biasanya dilakukan dengan merendam pepaya bersama gula. Pepaya yang biasanya hanya mampu bertahan 3 hari saat ini bisa bertahan berminggu-minggu dengan teknik pengolahan manisan.Resep Manisan Pepaya Muda Kering

Manisan pepaya merupakan salah satu jenis cemilan buah manis yang bisa merangsang nafsu makan. Buah yang dipergunakan untuk membuat manisan ini adalah pepaya yang sudah tua tapi tidak terlalu matang agar menghasilkan olahan manisan maksimal. Dalam proses perendaman dengan air gula tidak dilakukan dalam waktu sebentar. Tetapi, proses ini harus dilakukan dalam jangka waktu lama agar pepaya lebih awet. Cara membuat manisan pepaya dengan manisan lainnya juga sama. Anda tinggal memperhatikan resep dibawah ini.

Buat anda yang sedang mencari informasi tentang Resep Manisan Pepaya. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang anda butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang Resep Manisan Pepaya Muda Kering Enak. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Resep Manisan Pepaya Muda Kering:

Apa Resep Manisan Pepaya Muda Kering Enak? Kami akan membaginya untuk anda dirumah. Pastikan anda Lihat info berikut dengan cermat, karena ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Jadi simak artikel ini dengan seksama.

Sebenarnya banyak sekali buah-buahan yang bisa dimanfaatkan sebagai manisan seperti mangga, salak dan kedondong. Tetapi, manisan pepaya terlihat menarik. Ada beberapa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat manisan pepaya ini. Inilah rentetan bahan yang perlu dipersiapkan dalam membuat manisan pepaya enak.

BACA JUGA:  Resep dan Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Empuk Gurih Enak

Bahan-Bahan Membuat Manisan Pepaya Kering

  • 2 buah pepaya berukuran besar yang tak terlalu matang.
  • 2 kg gula pasir.
  • 5 sendok makan garam halus.
  • 60 gram kapur sirih.
  • Air matang secukupnya.

Bahan-bahan untuk membuat manisan kelapa ini sangat mudah dan praktis. Bahan dasarnya adalah buah pepaya. Pilihlah pepaya yang tak terlalu matang karena akan mudah hancur apabila diolah menjadi manisan pepaya. Sedangkan pepaya yang masih terlalu mudah akan memiliki tekstur keras. Pilihlah pepaya yang pas kematangannya dan tekstur dagingnya.

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Enak

Untuk membuat manisan pepaya, diperlukan pedoman untuk menentukan cara membuat manisan pepaya. Pembuatan manisan pepaya ini sangat mudah dan praktis. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Dan, inilah beberapa langkah yang perlu dilakukan.

  1. Pertama-tama, kupaslah buah pepaya dan belahlah menjadi dua bagian. Jangan lupa bersihkan sampai benar-benar bersih.
  2. Irislah tipis buah pepaya dengan menggunakan pisau atau alat khusus. Setelah itu, larutkan kapur sirih dan gula pasir dengan air secukupnya.
  3. Rendamlah potongan buah pepaya tadi ke dalam larutan air gula dan kapur sirih tadi.
  4. Diamkanlah selama beberapa jam sampai buah pepaya mengeras dan kaku.
  5. Setelah dirasa cukup, angkatlah buah pepaya dan cucilah dengan air hingga bersih sempurna.
  6. Lalu, rebuslah buah pepaya yang sudah direndam air tadi selama kurang lebih 5 menit hingga mendidih.
  7. Angkat dan tiriskan.
  8. Kemudian, larutkan kembali gula pasir dan garam dengan air secukupnya. Rebuslah diatas api sedang.
  9. Masukkan buah pepaya yang telah direbus ke dalam larutan gula tersebut dan aduk-aduklah selama kurang lebih 1 jam.
  10. Setelah matang, jemurlah manisan pepaya dibawah sinar matahari selama 2-3 hari untuk mengeringkan manisan pepaya.
  11. Setelah manisan pepaya kering, siapkan toples dan masukkan manisan tersebut ke dalamnya. Manisan pepaya siap disajikan sebagai cemilan manis dan enak.
BACA JUGA:  Resep Bakwan Jagung Renyah Enak dan Mudah Spesial

Untuk proses pengeringan manisan pepaya memang memerlukan waktu cukup lama sehingga Anda harus bersabar untuk melakukannya. Jangan terburu-buru untuk mengangkat manisan pepaya. Pastikan manisan tersebut sudah kering sempurna agar lebih awet dan tahan lama.

Manisan pepaya ini bisa dibuat dalam dua versi kering dan basah. Tetapi, resep manisan pepaya kering ini menghasilkan manisan yang lebih tahan lama. Demikianlah resep manisan pepaya spesial.

Itulah Resep Manisan Pepaya Muda Kering Enak. Sekarang anda sudah tahu Resep Manisan Pepaya yang dapat menjadi referensi, disini anda bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk anda…

Selain Resep Manisan Pepaya Muda Kering Enak, kami memiliki banyak lagi info terbaik untuk Anda. Di sini, Anda dapat menemukan artikel dari banyak kategori yang berbeda, seperti resep, tips kesehatan kecantikan, teknologi dan banyak lagi di BERITAINFO.WEB.ID. Dan jangan lupa untuk share di Google Plus, Twitter, dan Facebook.