Resep Kerak Telor Sederhana Makanan Khas Betawi Jakarta

Baca disini uraian selengkapnya tentang Sederhana Betawi untuk sobat sekalian.

Kerak Telor khas dari Jakarta (Betawi) yang terbuat dari beras ketan putih, telur ayam, bawang goreng dan ebi kemudian bumbu halus rempah-rempah termasuk kencur, merah cabai, jahe, garam, gula, merica dan kelapa suiran.Resep Kerak Telor Sederhana

Kerak Telor sering hadir pada acara adalah bertema Betawi, disertai dengan asinan betawi membuat kehadirannya merasa sebagai pelengkap untuk jajaran khas Jakarta. Ada cara yang unik untuk membuat Kerak Telor, biasanya dilakukan oleh seorang penjual keliling dengan dua tempat yang dipikul, yaitu wajan untuk memasak kerak telur dalam keadaan setengah matang.

Meskipun Kerak Telor khas tradisional Betawi, peminatnya tidak berarti hanya orang-orang asli Jakarta. Di daerah pulau Jawa, sebagian besar penduduk menyukai Kerak Telor karena tampaknya begitu khas dilidah, menjadi makanan favorit ketika wisata kuliner.

Buat sobat yang sedang mencari informasi tentang Resep Kerak Telor Sederhana. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang sobat butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang Resep Kerak Telor Sederhana Makanan Khas Betawi Jakarta. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

BACA JUGA:  Resep Nasi Goreng Jawa Pedas Spesial Terasi

Resep Kerak Telor Sederhana terbaru untuk anda:

Kemudian apa Resep Kerak Telor Sederhana Makanan Khas Betawi Jakarta? Kami akan membaginya untuk sobat dirumah. Pastikan sobat Lihat info berikut dengan cermat, karena ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan. Jadi simak artikel ini dengan seksama.

Namun, karena banyaknya kreasi kuliner masakan dunia, sekarang kerak telor semakin jarang dijual dan hampir dilupakan. Oleh karena itu, jika setiap saat Anda ingin makan kerak telor, resep kerak telor betawi berikut dapat anda coba.

Bahan:

  • 100 gram beras ketan¬†putih
  • 250 ml air
  • 100 gram parutan kelapa, sangrai untuk taburan
  • telur bebek 5
  • 15 gram ebi, diseduh, sangrai, hancurkan
  • 30 gram bawang goreng
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • Bawang merah goreng untuk topping

Bumbu halus:

  • 4 buah cabe merah keriting
  • 3 cm kencur
  • 1 cm jahe
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Cara membuat kerak telor:

  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum.
  2. Rendam beras ketan adalah putih dan air dalam semalam. Tiriskan.
  3. Panaskan wajan cekung. Memberikan beras ketan putih 1 1/2 sdm. Siram dengan air 3 sendok makan rendaman air beras. Diamkan sampai setengah kering.
  4. Kocok 1 telur, 1/2 sendok teh bumbu halus, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng,1/8 sendok teh garam dan 1/8 sendok teh gula pasir.
  5. lalu siram ke atas ketan. Aduk-aduk sementara diratakan dalam panci. Biarkan matang sementara dengan ditutup. Balik wajan di atas bara api. Biarkan sampai matang. Angkat.
  6. menabur kelapa sangrai dan bawang goreng. dan kerak telor siap disajikan
BACA JUGA:  Resep Rainbow Cake Kukus dan Panggang Lembut Enak dan Mudah

Itulah Resep Kerak Telor Sederhana Makanan Khas Betawi Jakarta. Sekarang sobat sudah Resep Kerak Telor Sederhana yang dapat menjadi referensi, disini sobat bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…

Selain Resep Kerak Telor Sederhana, kami memiliki banyak lagi info terbaik untuk Anda. Di sini, Anda dapat menemukan artikel dari banyak kategori yang berbeda, seperti resep, tips kesehatan kecantikan, teknologi dan banyak lagi.