Apa Perbedaan Antara RAM dan ROM?

Baca disini artikel selengkapnya tentang Apa Perbedaan Antara dan ?.

Ada satu perbedaan utama antara read-only memory (ROM) dan chip random-access memory (RAM): ROM dapat menyimpan data tanpa daya dan RAM tidak bisa. Intinya, ROM dimaksudkan untuk penyimpanan permanen, dan RAM untuk penyimpanan sementara.Perbedaan Antara RAM dan ROM

Chip ROM adalah media penyimpanan non-volatile, yang berarti tidak memerlukan sumber daya konstan untuk menyimpan informasi yang tersimpan di dalamnya. Sebaliknya, chip RAM, yang berarti kehilangan informasi yang didalamnya saat daya dimatikan.

Contoh bagus dari ROM adalah BIOS komputer, chip PROM yang menyimpan pemrograman yang dibutuhkan untuk memulai proses start up komputer awal. Menggunakan media penyimpanan non-volatile adalah satu-satunya cara untuk memulai proses start up untuk komputer dan perangkat lainnya. Chip ROM juga digunakan dalam cartridge sistem , seperti Nintendo, Gameboy, Sega Genesis, dan sejumlah lainnya.

Media penyimpanan tipe ROM tertua dapat diberi tanggal kembali ke tahun 1932 dengan drum. Penyimpanan tipe ROM masih digunakan dan terus ditingkatkan untuk kinerja dan kapasitas penyimpanan yang lebih baik.

RAM komputer

Chip RAM juga digunakan di komputer, juga perangkat lain, untuk menyimpan informasi dan menjalankan program. RAM adalah salah satu jenis memori tercepat di komputer Anda dan dapat beralih dengan cepat di antara tugas-tugas. Misalnya, peramban Internet yang Anda gunakan untuk membaca halaman ini telah dimuat ke RAM dan sedang berjalan darinya.

BACA JUGA:  Cara Cek Nomor HP Telkomsel Sendiri

Ini adalah perbedaan yang paling penting antara kedua bentuk memori ini. ROM adalah bentuk memori non-volatile, yang berarti ia menyimpan informasi bahkan saat komputer dimatikan. RAM, di sisi lain, dianggap volatile memory. Ini menyimpan data selama komputer Anda aktif dan berjalan.

Buat anda yang sedang mencari informasi tentang Perbedaan Antara RAM dan ROM. Kabar baiknya, artikel ini akan memberi info yang anda butuhkan Dan memberikan informasi tentang Apa Perbedaan Antara RAM dan ROM?.

Perbedaan Antara RAM dan ROM

Apa Perbedaan Antara RAM dan ROM?? Pastikan kamu lihat info berikut dengan cermat. Karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Tipe kerja

Anda dapat mengambil dan mengubah data yang tersimpan dalam RAM, namun Anda tidak dapat melakukannya dalam kasus ROM. Data dalam ROM hanya bisa dibaca, tapi tidak diubah atau dimodifikasi, maka nama ‘read-only memory’.

Aksesibilitas

Informasi yang tersimpan dalam ROM tidak semudah diakses seperti informasi dalam RAM. Informasi yang tersimpan dalam ROM tidak mudah diubah atau diprogram ulang, sedangkan dalam kasus RAM, data dapat diakses secara acak, dalam urutan apapun, dari lokasi manapun.

Kecepatan

RAM mengalahkan ROM dalam hal kecepatan; Ia mengakses data lebih cepat dari ROM, dan meningkatkan kecepatan pemrosesan komputer.

BACA JUGA:  Game Android Terbaik Offline dan Online Gratis 2018

Penampilan fisik

RAM adalah chip persegi panjang tipis yang bisa Anda temukan disisipkan di slot pada motherboard, sedangkan ROM biasanya merupakan optical drive yang terbuat dari magnetic tape. Selanjutnya RAM biasanya lebih besar dari ROM.

Kapasitas penyimpanan

Sebuah chip RAM dapat menyimpan beberapa gigabyte (GB) data, mulai dari 1 GB sampai 256 GB per chip. Sebuah chip ROM menyimpan beberapa megabyte (MB) data, biasanya 4 MB atau 8 MB per chip.
ROM komputer

Kemudahan penulisan data

Lebih mudah untuk menulis data dalam RAM daripada di ROM, karena yang terakhir adalah tempat untuk menyimpan informasi yang sangat terbatas, walaupun sangat penting dan permanen.

Itulah informasi tentang Apa Perbedaan Antara RAM dan ROM?. Sekarang kamu sudah tahu Perbedaan Antara RAM dan ROM yang dapat menjadi referensi, disini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk anda sekalian…