Penyebab Gusi Sering Berdarah dan Cara Mengatasinya Yang Harus Anda Ketahui

loading...

Baca disini artikel selengkapnya tentang Penyebab Gusi Sering Berdarah dan Cara Mengatasinya Yang Harus Anda Ketahui.

Gusi berdarah adalah salah satu tanda paling umum bahwa ada sesuatu yang salah di Anda. Sementara kita mungkin menyikat gusi berdarah di bawah karpet dan menganggap kita hanya menyikat atau membersihkannya dengan terlalu agresif, gusi yang seharusnya tidak mudah berdarah.Penyebab Gusi Sering Berdarah

Jika Anda melihat sedikit darah di wastafel setelah menyikat gigi, mungkin ada kondisi yang mendasar yang menyebabkannya. Untuk menjaga kebersihan mulut Anda, Anda akan ingin menemukan sumber pendarahan dan melakukan apa yang Anda bisa untuk menghilangkannya. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk lebih memahami mengapa gusi Anda berdarah dan beberapa cara Anda dapat mengatasi masalah itu.

Buat anda yang sedang mencari informasi tentang Penyebab Gusi Sering Berdarah dan Cara Mengatasinya. Kabar baiknya, artikel ini akan memberi info yang anda butuhkan Dan memberikan informasi tentang Penyebab Gusi Sering Berdarah dan Cara Mengatasinya Yang Harus Anda Ketahui.

Penyebab Gusi Sering Berdarah dan Cara Mengatasinya

apa Penyebab Gusi Sering Berdarah dan Cara Mengatasinya Yang Harus Anda Ketahui? Pastikan kamu lihat info berikut dengan cermat. Karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Apa Penyebab Gusi Berdarah?

Ada beberapa alasan yang berbeda bahwa gusi Anda mungkin berdarah. Setiap sumber gusi berdarah perlu diperlakukan dengan cara yang berbeda, jadi penting untuk menemukan alasan unik bahwa gusi Anda berdarah dan mengobatinya dengan tepat. Gusi berdarah biasanya bukan sesuatu yang harus menyebabkan alarm serius. Namun, untuk mencegah kondisi yang lebih serius muncul, Anda akan ingin bereaksi dengan tepat dan memecahkan masalah yang mendasarinya. Untuk mengetahui bagaimana menyingkirkan gusi berdarah Anda, pertama Anda perlu tahu mengapa gusi Anda berdarah. Berikut adalah beberapa alasan paling umum bahwa gusi Anda mungkin berdarah.

Menyikat Terlalu Keras

Gusi Anda mungkin mengalami pendarahan jika Anda menyikat gigi terlalu keras atau Anda menggunakan sikat gigi yang terlalu kuat untuk gusi Anda. Banyak orang tampaknya mendapat kesan bahwa semakin keras mereka menyikat gigi bersih gigi mereka. Meskipun Anda mungkin mengeluarkan bakteri dari gigi dan gusi Anda, Anda juga menyebabkan kerusakan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan, rasa sakit, dan pendarahan. Lihatlah sikat gigi Anda untuk mengetahui apakah Anda menyikat gigi terlalu keras. Jika bulu membungkuk atau berjumbai, Anda mungkin menekan gusi terlalu keras.

Meskipun Anda perlu menggunakan tekanan untuk menyikat gigi secara efektif, seharusnya Anda merasa lebih seperti pijat daripada mencuci tekanan. Cobalah untuk meredakan penyikatan atau membeli sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut dan lihat apakah pendarahan berhenti. Jika gusi Anda masih berdarah tanpa disikat, ada masalah lain yang perlu dipertimbangkan.

BACA JUGA:  Studi Penelitian Terbaru Menunjukkan Hubungan antara Flu dan Serangan Jantung

Radang gusi

Meskipun Anda mungkin tidak ingin percaya bahwa Anda memiliki tahap awal penyakit gusi, gingivitis adalah salah satu alasan paling umum untuk gusi berdarah. Gingivitis menyebabkan gusi Anda berdarah karena plak dan bakteri menyebabkan pembengkakan dan infeksi pada gusi. Jika Anda mengabaikan gusi berdarah yang disebabkan oleh radang gusi, Anda bisa maju ke stadium lanjut penyakit gusi. Konsekuensi serius, termasuk kehilangan gigi, bisa berkembang dari penyakit gusi yang lebih maju. Untuk secara efektif menghapus dan mengobati radang gusi, praktik menyikat gigi dan flossing yang baik.

loading...

Obat-obatan

Obat tertentu menipiskan darah Anda, menyebabkan Anda mudah berdarah. Bahkan obat-obatan biasa seperti ibuprofen bisa menyebabkan darah Anda menjadi lebih tipis. Jika Anda memperhatikan bahwa gusi Anda mulai berdarah sekitar waktu yang sama Anda memulai pengobatan baru, obat baru mungkin salah. Bicaralah dengan dokter atau dokter gigi Anda tentang gusi berdarah yang Anda alami dan menurut Anda itu terkait dengan obatnya. Mereka dapat membantu Anda mengembangkan rejimen higiene oral yang membuat gigi dan gusi Anda tetap sehat dan bersih tanpa berkontribusi terhadap gusi berdarah Anda.

Flossing

Flossing direkomendasikan untuk semua individu karena menjaga gigi, gusi, dan mulut mereka sehat. Tapi jika Anda baru mengenal flossing atau Anda telah melewatkan beberapa hari flossing, Anda mungkin memperhatikan bahwa flossing menyebabkan gusi Anda berdarah. Semakin banyak gusi Anda terbiasa dengan flossing, semakin kecil kemungkinannya untuk berdarah. Sementara darah pada awalnya mungkin mengkhawatirkan, seharusnya berhenti setelah beberapa hari bercak. Anda mungkin mengalami pendarahan tambahan jika Anda flossing dan mengalami radang gusi. Namun, flossing adalah cara yang bagus untuk membersihkan radang gusi dan memulihkan kesehatan mulut.

Banyak mengalami pendarahan gusi saat mereka . Karena perubahan hormon yang menyertai kehamilan, Anda mungkin lebih rentan terkena radang gusi. Selama kehamilan Anda, Anda mungkin perlu melakukan langkah tambahan untuk menjaga kebersihan mulut. Penyikatan dan flossing secara teratur harus cukup untuk menjaga gingivitis saat hamil. Meskipun ini bukan satu-satunya alasan untuk pendarahan gusi, itu adalah beberapa yang paling umum. Carilah faktor-faktor yang mungkin menunjukkan alasan di balik gusi berdarah Anda.

Cara Mengobati Gusi Berdarah di Rumah

Pada kebanyakan kasus, gusi berdarah adalah tanda bahwa Anda tidak merawat gigi, gusi, atau mulut Anda dengan tepat. Jika Anda melatih keterampilan kebersihan mulut yang konsisten, gusi berdarah Anda harus hilang dengan sendirinya. Sikat dan benang secara teratur dan pertimbangkan untuk menambahkan air atau obat kumur ke dalam rutinitas kebersihan mulut Anda. Cobalah menyikat lebih lembut atau membeli sikat gigi baru yang lebih lembut.

BACA JUGA:  Cara Daftar Wifi ID dengan Telkomsel, Indosat, 3, Indihome Seamless & Gratis Lewat SMS

Jika gusi berdarah Anda tidak hilang atau mereda dalam beberapa hari atau minggu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan penyebab lain yang bisa menyebabkan iritasi. Jika gusi Anda tidak berhenti berdarah dengan perawatan di rumah yang tepat, Anda pasti ingin mengunjungi dokter gigi. Dokter gigi Anda dapat membantu menentukan apakah ada kondisi mendasar yang perlu mendapat perhatian tambahan.

Cara Mencegah Pendarahan Gusi

Gusi berdarah dapat dengan mudah dicegah melalui sering menyikat gigi, flossing, dan perjalanan ke dokter gigi. Agar gusi Anda tidak berdarah lagi, Anda akan ingin menyikat gigi dua kali sehari dan bersulam setidaknya sekali sehari. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter gigi Anda untuk pembersihan profesional.

Berikut adalah beberapa tip tambahan untuk menjaga kesehatan gusi dan bebas darah.

  • Batasi ngemil antara makan atau kuas lebih sering sepanjang hari.
  • Bilas dengan air garam sekali sehari.
  • Gunakan sikat gigi yang lembut dan hindari menekan terlalu keras untuk menyikat terlalu banyak.
  • Hindari makanan bergula atau minuman yang mendorong pertumbuhan bakteri
  • Jauhi merokok atau kunyah tembakau.
  • Gusi berdarah tidak pernah alami. Sementara luka atau iritasi dapat menyebabkan beberapa pendarahan pada gusi Anda, jika Anda sering melihat sedikit merah muda di wastafel saat menggosok gigi, Anda mungkin perlu mengambil beberapa langkah tambahan untuk mencegah gusi Anda bebas dari bakteri atau plak.

Sering kali pemeriksaan dan pembersihan gigi dengan dokter gigi Anda adalah cara terbaik untuk tetap mengikuti kesehatan mulut Anda. Melalui pembersihan yang tepat beberapa kali dalam setahun, Anda dapat secara efektif menghilangkan plak dan bakteri yang dapat menyebabkan iritasi dan pendarahan serius. Di sela kebersihan, jauhkan diri dari makanan dan kebiasaan tidak sehat yang dapat menyebabkan pendarahan atau pembentukan plak. Jangan lewatkan menyikat gigi atau flossing. Dengan pendekatan yang tepat, Anda bisa menghilangkan gusi berdarah dan mencegahnya kembali. Untuk bantuan tambahan menjaga kebersihan mulut Anda, bicaralah dengan dokter gigi Anda untuk mendapatkan tip dan trik tambahan.

Itulah informasi tentang Penyebab Gusi Sering Berdarah dan Cara Mengatasinya Yang Harus Anda Ketahui. Sekarang kamu sudah tahu Penyebab Gusi Sering Berdarah dan Cara Mengatasinya yang dapat menjadi referensi, disini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk anda sekalian…