Pengertian kalibrasi Menurut Para Ahli

Tentunya ada banyak sekali yang belum paham atau bahkan asing dengan pengertian kalibrasi. Bagi Anda yang tidak berhubungan pada kegiatan lab dan sejenisnya tentu ini adalah sebuah informasi baru. Namun, untuk seseorang yang memiliki profesi berkaitan dengan pengukuran bahan dan senyawa, ataupun alat kimia dan bangunan tentu ini adalah hal yang sering dijumpai.

Pengertian Kalibrasi dalam Beberapa Pendapat

  • Kalibrasi Menurut ISO/IEC Guide International Metreology (VIM)

Pengertian kalibrasi berhubungan dengan VIM dimaksudkan sebagai serangkaian aktivitas untuk menghasilkan hubungan diantara nilai yang ditunjukkan oleh alat ukur. Hal ini berkaitan dengan sistem acuan pengukuran pada sebuah instrument yang digunakan. Selain itu juga bisa mewakili nilai dengan sebuah hasil ditunjukkan oleh bahan ukur dengan besaran yang disesuaikan pada kondisi tertentu.

  • Kalibrasi Menurut Rouessac 2007

Kalibrasi adalah sebuah kegiatan yang biasa dilakukan dengan cara membandingkan satu standar pengukuran dengan lainnya. Kualifikasi tersebut meliputi sertifikasi nasional ataupun internasional yang banyak dijadikan acuan. Sehingga terjadi pemenuhan indikator terkait sesuai dengan keadaan atau sistem digunakan untuk aktivitas terkait.

  • Kalibrasi Menurut Pzydek 2003

Pada penuturan Pzydek dinyatakan dalam pengertian sebagai sebuah prinsip yang digunakan sebagai alat ukur volume dengan bobot dinyatakan dalam satuan destilata. Hasil dari pengukuran tersebut kemudian dibandingkan dengan hasil lain. Sehingga bisa dilakukan sebuah penarikan kesimpulan untuk kemudian dijadikan dasar penentuan nilai sesuai ketepatan yang diinginkan.

  • Kalibrasi Menurut Patnik 2004

Menurut pendapat Patnik, Kalibrasi pada sebuah alat ukur adalah sesuatu yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah penyesuaian atas keluaran yang berbentuk indikasi dari perangkat terkait. Seperti halnya pengukuran volume dilakukan dengan menggunakan standar dalam besaran akurasi yang sesuai ketentuan berlaku. Sehingga kemudian muncul hasil nilai dianggap akurat dan tepat.

Nilai terkait yang dimaksud adalah hasil didapatkan dari ukuran kalibrator dengan akurasi lebih tinggi dibandingkan dengan jenis alat ukur yang digunakan untuk tes. Biasanya hal tersebut disesuaikan dengan tujuan awal pengguna dalam mencapai sebuah ketepatan pengukuran. Kemudian hasil dievaluasi dalam bentuk skema analisa menggunakan premis ketidakpastian.

  • Kalibrasi dalam Pengertian Proses Verifikasi

Pengertian lain terkait beberapa pendapat di atas yaitu kalibrasi sebagai sebuah proses verifikasi. Maksud dari kalimat tersebut yaitu pada suatu keadaan akurasi dari sebuah alat ukur dengan alat yang digunakan dalam kegiatan terkait, perlu untuk dilakukan pembandingan lanjutan. Keadaan ini dimaksudkan untuk mendapatkan sebuah hasil yang memiliki tingkat akurasi tinggi.

Biasanya akan dilakukan perbandingan keluaran indikator dengan menggunakan standar yang berlaku secara nasional dan internasional. Setelah semua sudah pasti, maka boleh dilakukan penarikan kesimpulan agar kemudian tidak terjadi kesalahan atau memberi dampak pada kegiatan yang terkait.

  • Kalibrasi dalam Pengertian Proses Penyesuaian Hasil

Pada umumnya Kalibrasi diartikan sebagai sebuah proses yang dilakukan untuk kegiatan sebuah penyesuaian hasil keluaran yang ada pada sebuah perangkat dalam melakukan pengukuran. Ditujukan guna mencapai sebuah standar yang memenuhi syarat secara nasional ataupun internasional. Akurasi disesuaikan dengan jenis nilai ukur alat yang digunakan.

Contohnya adalah hasil ukur dari thermometer dikalibrasikan, yang kemudian memunculkan sebuah koreksi atas kesalahan indikasi. Sedangkan hal terkait bisa dilakukan dengan memberikan ketentuan disesuaikan dalam sebuah konstanta tertentu. Sehingga pengukuran yang dilakukan bisa menunjukkan temperatur sebenarnya pada skala ukur celcius pada sebuah titik tertentu.

Demikian beberapa pengertian kalibrasi yang didasarkan beberapa pada pendapat ahli dan juga makna sesuai fungsinya. Hal tersebut di atas bisa menjadi sebuah informasi untuk menambah pengetahuan terkait hal-hal berkaitan dengan istilah tersebut.