7 Obat Rumahan untuk Infeksi Saluran Kemih (ISK) Secara Alami

loading...

Baca disini uraian selengkapnya tentang 7 Obat Rumahan untuk Infeksi Saluran Kemih (ISK) Secara Alami untuk kamu.

Obat antibiotik bukanlah satu-satunya cara untuk mengatasi gejala infeksi saluran kemih.

Sebenarnya, beberapa obat tidak memerlukan resep – dan semuanya bisa dilakukan dengan benar di rumah selain pengobatan yang direkomendasikan dokter Anda. Tapi hati-hati dengan solusi rumahan, dan periksakan diri ke dokter sebelum mencoba cara baru.

obat infeksi saluran kemih
foto: homenaturalcures.com

Misalnya, mencampur baking soda dan air sebagai minuman untuk membantu melawan infeksi saluran kemih (ISK) bisa berisiko jika Anda minum terlalu banyak. Sekitar 5 persen keracunan yang terkait dengan baking soda di California antara tahun 2000 dan 2012 berasal dari minum baking soda untuk mengobati ISK, menurut penelitian yang diterbitkan pada bulan Februari 2014 di Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics.

Obat Infeksi Saluran Kemih (ISK) Secara Alami

Kemudian apa 7 Obat Rumahan untuk Infeksi Saluran Kemih (ISK) Secara Alami? Kami akan membaginya untuk kamu di rumah. Pastikan kamu lihat info tentang Obat Rumahan untuk Infeksi Saluran Kemih berikut dengan cermat yang dilansir oleh everydayhealth.com, karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Berikut tujuh solusi rumahan yang layak kamu coba, dari minum banyak air hingga menerapkan panas dan mengenakan pakaian katun longgar yang dapat meringankan gejala-gejala ISK yang menyiksa atau mencegahnya:

1. Minum banyak air

Salah satu hal pertama yang harus dilakukan bila Anda memiliki infeksi saluran kemih adalah minum banyak air putih. karena air minum dapat membantu menyingkirkan bakteri yang menyebabkan infeksi Anda, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), yang menempatkan Anda pada jalur yang benar untuk pemulihan.

loading...

Berapa banyak yang harus Anda minum tergantung pada ukuran tubuh Anda. Targetkan setengah dari berat badan Anda dalam ons air, sampai 80 ons (oz) atau 2.5 liter sehari, kata Holly Lucille, ND, RN, seorang dokter naturopati dalam praktik pribadi di West Hollywood, California. Jika berat badan Anda 140 kilogram, itu berarti Anda harus mencoba untuk mendapatkan 2 liter air sehari. Dan jika Anda memiliki penyakit ginjal, NIDDK menekankan kehati-hatian: Tanyakan kepada dokter Anda tentang berapa banyak cairan yang aman untuk Anda minum.

BACA JUGA:  Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan dan Kesehatan

2. Minum Vitamin C untuk Saluran Kemih Sehat

Mendapatkan banyak makanan tinggi vitamin C penting, karena sejumlah besar vitamin C membuat urin lebih asam. Ini menghambat pertumbuhan bakteri di saluran kemih Anda, menurut perpustakaan kesehatan Johns Hopkins Medicine. Jika Anda memiliki ISK aktif, mengkonsumsi suplemen vitamin C dapat membantu juga, saran Kandis Rivers, MD, seorang ahli urologi di Henry Ford Health System di West Bloomfield, Michigan.

3. Mengatasi Nyeri Infeksi Saluran Kemih dengan Panas

Peradangan dan iritasi akibat ISK menyebabkan pembakaran, tekanan, dan nyeri di sekitar daerah kemaluan Anda, kata Dr. Rivers. Menerapkan bantalan pemanas bisa membantu menenangkan area. Jaga agar panas tetap rendah, jangan diaplikasikan langsung ke kulit, dan batasi penggunaan Anda sampai 15 menit sekaligus untuk menghindari luka bakar.

4. Hilangkan penyebab iritasi Kandung Kemih

Bila Anda memiliki ISK, kafein, alkohol, makanan pedas, nikotin, minuman berkarbonasi, dan pemanis buatan dapat mengiritasi kandung kemih Anda lebih jauh, membuat tubuh Anda lebih sulit sembuh. Fokus pada makanan sehat, seperti karbohidrat serat tinggi, yang bagus untuk kesehatan pencernaan Anda, kata Dr. Lucille.

5. Kosongkan Kandung Kemih Anda Lagi

Setiap kali Anda mengosongkan kandung kemih Anda – meskipun hanya sedikit – Anda akan menyingkirkan beberapa bakteri yang menyebabkan infeksi tersebut, menurut NIDDK. Jadi teruslah ke kamar mandi, saran Rivers.

6. Pertimbangkan obat Herbal

Anda mungkin merasa lega karena mengkonsumsi ramuan uva ursi (daun bearberry), yang digunakan sebagai pengobatan untuk infeksi saluran kemih bagian bawah. Tapi Rivers memperingatkan bahwa itu harus dilakukan hanya dalam jangka waktu pendek – lima hari atau kurang – karena dapat menyebabkan kerusakan hati. Selain itu, ramuan goldenseal dapat digunakan sebagai obat untuk ISK. beri tahu dokter Anda tentang hal ini dan obat atau ramuan lain yang Anda pakai, karena efek samping atau interaksi obat terkadang serius.

BACA JUGA:  Gejala Kanker Serviks Stadium Awal dan Pencegahannya

7. Ubah Kebiasaan Sehat

Perubahan gaya hidup penting karena bisa membantu Anda pulih dari ISK dan bisa mencegah infeksi lain, menurut NIDDK.

  • Berhenti merokok
  • Pakailah pakaian katun dan celana dalam yang longgar
  • Usap dirimu bersihkan dari depan ke belakang
  • Pilih hanya produk kesehatan pribadi bebas aroma

Selama bertahun-tahun, jus cranberry tanpa pemanis diperkirakan membantu menyingkirkan bakteri dan mencegahnya menempel ke dinding kandung kemih, yang mungkin membantu mencegah atau mengurangi ISK rekuren. Namun, tinjauan terhadap 14 penelitian yang diterbitkan pada bulan Desember 2013 di American Family Physician menunjukkan bahwa jus cranberry mungkin tidak memiliki manfaat nyata.

Itulah 7 Obat Rumahan untuk Infeksi Saluran Kemih (ISK) Secara Alami. Sekarang kamu sudah tahu Obat Rumahan untuk Infeksi Saluran Kemih yang dapat menjadi referensi, disini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…

loading...