Naik truk, Jokowi Meresmikan tol Bakauheni-Terbanggi Besar

Baca berita selengkapnya tentang Naik truk, Meresmikan disini.

Republik Indonesia Joko Widodo minggu (21/1) pagi naik truk sebagai tanda peresmian Bakauheni-Terbanggi Besar 14 kilometer. Ini adalah jalan pertama yang beroperasi di Lampung.

Naik truk, Jokowi Meresmikan tol Bakauheni-Terbanggi Besar
foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie

Naik truk, Jokowi Meresmikan tol pertama di Lampung

Jokowi duduk sendirian di depan bersebelahan sopir truk hijau. Ia naik truk yang berjalan sepanjang jalan tol baru sekitar 10 menit.

Jalan tol yang diresmikan adalah sembilan kilometer seksi 1 dari Pelabuhan-IC (inter change) Bakauheni dan kilometer lima kilometer seksi 5 dari IC Lematang-IC Kota Baru. Jalan tol ini merupakan bagian dari 140.9 KM tol Bakaheuni-Terbanggi Besar.

“Tol ini sudah di tikungan dan sedikit lagi bisa dilihat dan rasakan manfaatnya oleh masyarakat Sumatera dan Lampung,” kata Jokowi.

BACA JUGA:  KPK Menangkap 8 Orang Termasuk Bupati Imas Aryumningsih Dalam OTT di Subang

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berkata, dengan Naik truk menjadi tanda Jokowi menegaskan fungsi utama dari tol untuk mempercepat arus serta menurunkan biaya logistik.

Namun, Jokowi mengatakan tol ini harus diselesaikan sehingga yang terhubung ke Palembang sebelum Asian Games.

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar adalah salah satu dari 24 ruas Jalan Tol Trans-Sumatera dikembangkan Hutama Karya yang merupakan penugasan pemerintah.

Konstruksi jalan tol ini mulai pada tahun 2015 yang terbagi ke dalam sembilan bagian dan ditargetkan selesai secara keseluruhan di 2019.

Pengembangan akan mendapatkan pinjaman kredit Rp 8, 067 triliun dari tujuh bank yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT BNI (Persero) Tbk, PT Bank BCA Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk, PT Bank Permata Tbk dan Bank ICBC Indonesia.

BACA JUGA:  Kenaikan Gaji Membuat Khawatir PNS DKI Jakarta

(cnnindonesia)

Follow Kami: