Manfaat Vitamin B Complex dan Apa Sumber Makanannya?

loading...

Baca disini uraian selengkapnya tentang Manfaat Vitamin B Complex dan Apa Sumber Makanannya? untuk kamu.

Vitamin kompleks B biasanya terdiri dari delapan dari vitamin B: B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 ​​(piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (cobalamin). Ditemukan secara alami dalam daging, sayuran hijau, susu, kacang-kacangan, kacang polong, dan biji-bijian utuh atau diperkaya, vitamin B kompleks membantu tubuh Anda menghasilkan energi dari makanan yang Anda makan dan membentuk sel darah merah.manfaat vitamin b complex

Buat sobat yang sedang mencari informasi tentang Fungsi Vitamin B Complex Bagi Tubuh. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang sobat butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang Manfaat Vitamin B Complex Bagi Kesehatan.

Manfaat Vitamin B Complex Bagi Tubuh

Kemudian apa Manfaat Vitamin B Complex Bagi Kesehatan? Kami akan membaginya untuk kamu di rumah. Pastikan kamu lihat info tentang Fungsi Vitamin B Complex Bagi Tubuh berikut dengan cermat yang dilansir dari laman Verywell. Karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Dengan peran kunci dalam mengubah makanan menjadi bahan bakar, para pendukung mengklaim bahwa vitamin B kompleks dapat membantu dengan berbagai kondisi, termasuk kecemasan, depresi, penyakit jantung, dan sindrom pramenstruasi (PMS).

Selain itu, beberapa orang mengkonsumsi vitamin B kompleks untuk meningkatkan energi, meningkatkan mood, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, dan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Sementara kebanyakan orang yang makan makanan bervariasi mendapatkan cukup vitamin B dari makanan, beberapa orang berisiko mengalami defisiensi, terutama mereka yang berusia lebih dari 50 tahun, minum obat antasid, atau menderita penyakit seliaka, penyakit Crohn, gastritis, atau gangguan pencernaan lainnya

Jika Anda memiliki operasi perut atau penurunan berat badan, atau ikuti pola makan vegetarian atau vegan, Anda mungkin lebih rentan terhadap kekurangan.

Wanita hamil dan menyusui mungkin membutuhkan lebih banyak vitamin B6, B12, dan asam folat.

Setiap vitamin B sangat penting untuk fungsi tubuh tertentu:

loading...
  • B1 (Tiamin): Vitamin B1 membantu tubuh membuat sel baru.
  • B2 (Riboflavin): Vitamin B ini penting untuk produksi sel darah merah dan melawan radikal bebas.
  • B3 (Niacin): Membantu mengatur sistem saraf dan pencernaan dan membantu konversi makanan menjadi energi.
  • B5 (asam pantotenat): Memecah lemak dan karbohidrat menjadi energi dan bertanggung jawab atas produksi hormon.
  • B6 (Pyridoxine): Membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Vitamin B6 juga membantu tubuh melawan infeksi.
  • B7 (Biotin): Terlibat dalam produksi hormon.
  • B9 (Asam folat): Vitamin B ini membantu sel membuat dan memelihara DNA dan meningkatkan pertumbuhan sel darah merah. Ini juga membantu mengurangi risiko cacat lahir.
  • B12 (Cobalamin): Vitamin B12 membantu mengatur sistem saraf dan berperan dalam pembentukan sel darah merah.
BACA JUGA:  Cara Tertidur Cepat Dengan Teknik Pernapasan ini

Sumber Makanan Vitamin B Kompleks

Untuk meningkatkan asupan vitamin B Anda, cari makanan berikut ini:

  • B1 (tiamin): Makanan whole grain seperti roti, sereal sarapan, nasi, mie, tepung terigu, gandum, telur, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan.
  • B2 (riboflavin): Susu dan produk susu, kacang-kacangan, telur, sayuran berdaun hijau, daging tanpa lemak, kacang polong, dan susu.
  • B3 (niasin): Telur, ikan, kacang-kacangan, susu, daging tanpa lemak, kacang polong, dan ragi.
  • B5 (asam pantotenat): Vitamin B5 ditemukan di hampir semua makanan, termasuk alpukat, brokoli, kangkung, biji-bijian, kentang, telur, kacang polong, dan daging.
  • B6 (piridoksin): Kentang, buncis, buah (kecuali jeruk), ayam, ikan, dan daging organ.
  • B7 (biotin): Kuman gandum, makanan whole grain, kuning telur, ikan, susu, jamur, kacang-kacangan, chard Swiss, ayam, dan salmon.
  • B9 (folat): Hati sapi, bayam, kacang-kacangan dan kacang polong, asparagus. jus jeruk, brokoli, kacang tanah, alpukat, sayuran berdaun gelap, dan salmon.
  • B12 (cobalamin): Ikan, daging sapi, susu, yogurt, keju, telur, kerang, daging sapi, dan kerang.

Kemungkinan Efek Samping

Meskipun suplemen B kompleks larut dalam air dan tidak tinggal di dalam tubuh selama dosis vitamin dalam dosis besar dapat menyebabkan efek samping tertentu:

  • B3 (niasin): Kulit membilas atau sakit, kadar gula darah tinggi, dan toksisitas hati.
  • B6 (piridoksin): Kerusakan saraf, lesi kulit, pemburukan fungsi ginjal, dan peningkatan risiko serangan jantung, stroke dan kematian pada penderita diabetes dan penyakit ginjal lanjut.
  • B9 (asam folat): Kerusakan ginjal, peningkatan resistensi insulin pada keturunan, aktivitas sel pembunuh alami yang rendah pada wanita yang lebih tua, dan dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa jenis kanker.
  • Bisa menutupi diagnosis kekurangan vitamin B12.
  • B12 (cobalamin): Jerawat dan rosacea pada beberapa orang.
BACA JUGA:  12 Alasan Ilmiah Mengapa Anda Harus Minum Kopi Hitam Setiap Hari

Ada tingkat asupan yang dapat ditoleransi setiap hari (UL) untuk setiap vitamin B, yang berada di atas kebutuhan kebanyakan orang. Mendapatkan lebih dari UL meningkatkan peluang Anda untuk efek samping.

Agar tetap sehat, kebanyakan orang bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan mengonsumsi makanan seimbang dan bervariasi yang mengandung makanan lezat yang kaya akan vitamin B, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan kacang polong, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan telur. Tidak ada bukti kuat untuk mendukung penggunaan vitamin B dalam jumlah berlebihan jika Anda tidak kekurangannya.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin B dari makanan Anda, minum vitamin B kompleks mungkin bermanfaat bagi beberapa orang. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan sejumlah gejala, termasuk kelelahan, anemia, kehilangan nafsu makan, depresi, sakit perut, kram otot, rambut rontok, dan eksim.

Pastikan untuk berkonsultasi ke penyedia layanan kesehatan Anda untuk mengetahui apakah suplemen B kompleks cocok untuk Anda (dan jika demikian, jumlah yang sesuai dengan jumlah harian yang Anda dapatkan dari makanan dan suplemen).

Itulah Fungsi Vitamin B Complex Bagi Tubuh. Sekarang kamu sudah tahu Manfaat Vitamin B Complex Bagi Kesehatan yang dapat menjadi referensi, disini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…

loading...