Manfaat Serai dan Jahe untuk Kesehatan

Baca disini uraian selengkapnya tentang Manfaat Serai dan Jahe untuk Kesehatan untuk kamu.

Jahe dan serai adalah dua ramuan yang bisa Anda gunakan untuk menyeduh teh dengan beberapa manfaat kesehatan. Penelitian telah menunjukkan jahe dan serai mungkin memiliki potensi untuk menurunkan risiko penyakit kronis, termasuk kanker, namun efek ini belum diverifikasi pada manusia. Kedua ramuan tersebut memiliki khasiat antiinflamasi, dan jahe telah ditemukan untuk mengurangi nafsu makan. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum minum teh jahe dan serai jika Anda hamil, menyusui, minum obat atau minum ramuan lainnya.manfaat Serai dan Jahe

Manfaat Serai dan Jahe

Kemudian apa Manfaat Serai dan Jahe untuk Kesehatan? Kami akan membaginya untuk kamu di rumah. Pastikan kamu lihat info tentang Manfaat Serai dan Jahe berikut dengan cermat yang dilansir dari laman Livestrong (14/8/2017). Karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Mengurangi Peradangan

Baik jahe dan serai adalah ramuan anti-inflamasi. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam “Journal of Medicinal Food” pada tahun 2005 mencatat bahwa jahe memiliki sifat yang sama dengan obat-obatan farmasi anti-inflamasi nonsteroid namun terbukti lebih efektif dan memiliki lebih sedikit efek samping. Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Microcirculation” pada tahun 2010 menunjukkan bahwa senyawa yang disebut citral yang ditemukan dalam sereh menghambat pembentukan asam yang menyebabkan peradangan. Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan mengelola serai kepada tikus dengan penyakit radang usus dan menemukan bahwa itu mengurangi peradangan mereka baik dalam jangka pendek, setelah dua minggu, dan dalam jangka panjang, setelah enam bulan.

BACA JUGA:  Manfaat Hebat Jahe untuk Wajah Jerawat dan Berminyak

Perlindungan dengan Antioksidan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry” pada tahun 2005 menemukan bahwa sereh mengandung antioksidan. Antioksidan bekerja dengan menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh, dan mengkonsumsi makanan kaya antioksidan dan ramuan herbal secara teratur dapat menurunkan risiko Anda terkena beberapa penyakit kronis. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2002 menemukan bahwa jahe memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dibandingkan dengan tanaman lainnya. Dalam sebuah penelitian tahun 2008 yang dipublikasikan di “Fitoterapia,” jahe ditemukan untuk melindungi terhadap toksisitas hati terkait alkohol pada tikus karena sifat antioksidannya.

Untuk Penurunan Berat Badan

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Ethnopharmacology” pada tahun 2007, tikus diberi ekstrak sereh setiap hari. Setelah enam minggu, mereka menurunkan kadar glukosa, kolesterol total, trigliserida, kadar kolesterol LDL dan VLDL yang buruk, dan peningkatan kadar kolesterol HDL yang baik. Efek teh sereh pada profil lipid manusia masih belum diketahui. Jahe telah terbukti mengurangi nafsu makan, yang bisa berperan dalam membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan. Dalam sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam “Metabolisme,” jahe menurunkan asupan makanan dan perasaan lapar sambil meningkatkan perasaan kenyang pada pria yang mengonsumsinya, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak.

BACA JUGA:  Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan

Kemungkinan Pencegahan Kanker

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Cancer Letters” pada tahun 2002, tikus diberi zat kimia karsinogenik yang disebut dietilnitrosamin untuk menginduksi kanker. Mereka kemudian diberi sereh setiap hari selama 10 minggu, dan ternyata mengurangi jumlah lesi akibat kanker fase awal dan mengurangi kerusakan DNA. Namun, efek sereh pada kanker pada manusia dan kemampuannya untuk mencegah kanker belum bisa diverifikasi. Secara in vitro, komponen jahe ditemukan untuk menekan pertumbuhan tumor sekunder yang disebabkan oleh kanker pankreas, ginjal, kulit dan paru-paru.

Itulah Manfaat Serai dan Jahe untuk Kesehatan. Sekarang kamu sudah tahu Manfaat Serai dan Jahe yang dapat menjadi referensi, disini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…