10 Manfaat Puasa yang Akan Mengejutkan Anda

Baca disini uraian selengkapnya tentang 10 Manfaat Puasa yang Akan Mengejutkan Anda.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa kebiasaan puasa yang tepat adalah hal yang baik.
Puasa telah menjadi semakin populer selama ini, terutama di kalangan masyarakat kesehatan. Sementara sebagian besar praktisi kesehatan takut untuk merekomendasikan makan lebih sedikit karena stigma yang terlibat, tetap saja tidak mengurangi manfaat puasa yang luar biasa bila dilakukan dengan bijaksana.

manfaat puasa

Kemudian apa 10 Manfaat Puasa yang Akan Mengejutkan Anda? Kami akan membaginya untuk kamu di rumah. Pastikan kamu lihat info tentang Manfaat Puasa berikut dengan cermat yang dilansir dari laman lifehack.org. Karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pada artikel ini, kita akan membahas 10 manfaat puasa yang akan mengejutkan Anda, dan bagaimana Anda bisa menerapkannya ke dalam kehidupan Anda sendiri.

1. Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan

Puasa bisa menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa puasa yang dikendalikan dalam beberapa jam – memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada sekedar diet biasa.

Puasa memungkinkan tubuh untuk menggunakan lemak karena merupakan sumber energi utama dan bukan gula. Banyak atlet sekarang menggunakan puasa sebagai sarana untuk menurunkan persentase lemak tubuh rendah untuk kompetisi.

2. Puasa Meningkatkan Sensitivitas insulin

Puasa telah terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, memungkinkan Anda untuk menoleransi karbohidrat (gula) lebih baik daripada jika Anda tidak berpuasa. Sebuah studi menunjukkan bahwa setelah masa puasa, insulin menjadi lebih efektif dalam memberi tahu sel untuk mengambil glukosa dari darah.

3. Puasa Mempercepat Metabolisme

Puasa memberi sistem pencernaan Anda istirahat, dan ini bisa memberi energi pada metabolisme Anda untuk membakar kalori lebih efisien. Jika pencernaan Anda buruk, ini bisa mempengaruhi kemampuan Anda untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak. Puasa cepat terputus dapat mengatur pencernaan Anda dan meningkatkan fungsi usus sehat, sehingga meningkatkan fungsi metabolik Anda.

4. Puasa Membuat Umur Panjang

Percaya atau tidak, semakin sedikit Anda makan semakin lama Anda akan hidup. Studi telah menunjukkan bagaimana umur orang dalam budaya tertentu meningkat karena makanan mereka. Salah satu efek utama penuaan adalah metabolisme yang lebih lambat, semakin muda tubuh Anda, semakin cepat dan efisien metabolisme Anda. Semakin sedikit Anda makan, semakin sedikit beban pada sistem pencernaan Anda.

BACA JUGA:  Cara Memasak yang Rendah Kolesterol

5. Puasa Meningkatkan Kelaparan

Pikirkan saja hal ini, dapatkah Anda benar-benar mengalami kelaparan jika Anda makan setiap 3-4 jam? Tentu saja Anda tidak bisa. Sebenarnya, untuk mengalami sifat sebenarnya dari kelaparan, ini akan memakan waktu 12 sampai 24 jam.

Puasa membantu mengatur hormon dalam tubuh Anda sehingga Anda mengalami rasa lapar. Kita tahu bahwa orang gemuk tidak menerima sinyal yang benar untuk memberi tahu mereka bahwa mereka kenyang karena pola makan yang berlebihan.

Pikirkan puasa sebagai tombol reset: semakin lama Anda berpuasa, semakin banyak tubuh Anda yang dapat mengatur dirinya sendiri untuk melepaskan hormon yang benar, sehingga Anda dapat mengalami rasa lapar sesungguhnya. Belum lagi, bila hormon Anda bekerja dengan benar, Anda akan semakin cepat.

6. Puasa Memperbaiki Pola Makan Anda

Puasa bisa menjadi praktik yang sangat membantu bagi mereka yang menderita gangguan makan, dan bagi mereka yang sulit membangun pola makan yang benar karena pekerjaan dan prioritas lainnya.
Dengan puasa hingga sore hari tanpa makan tidak apa-apa dan ini bisa membuat Anda makan pada waktu yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Juga, bagi siapa saja yang ingin mencegah kebanyakan makan.

7. Puasa Meningkatkan Fungsi Otak Anda

Puasa telah terbukti memperbaiki fungsi otak, karena meningkatkan produksi protein yang disebut faktor neurotropika yang diturunkan dari otak (BDNF.)
BDNF mengaktifkan sel induk otak untuk diubah menjadi neuron baru, dan memicu banyak bahan kimia lain yang mempromosikan kesehatan saraf. Protein ini juga melindungi sel otak Anda dari perubahan yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

8. Puasa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Puasa memperbaiki sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan radikal bebas, mengatur kondisi inflamasi di tubuh dan mencegah pembentukan sel kanker.

BACA JUGA:  Ventilasi Rumah yang Baik dan Benar agar Sehat dan Sejuk

Di alam, saat hewan sakit mereka berhenti makan dan malah fokus beristirahat. Ini adalah naluri utama untuk mengurangi stres pada sistem internal mereka sehingga tubuh mereka dapat melawan infeksi. Kita manusia adalah satu-satunya spesies yang mencari makanan saat kita sakit, bahkan saat kita tidak membutuhkannya.

9. Puasa Berkontribusi Terhadap Pencerahan Diri

Puasa telah membantu banyak orang merasa lebih terhubung dengan kehidupan selama membaca, meditasi, yoga dan bela diri dll. Tanpa makanan dalam sistem pencernaan, ini memberi ruang bagi lebih banyak energi di dalam tubuh – pencernaan adalah salah satu energi yang paling banyak menyerapnya.

Puasa untuk pencerahan diri, memungkinkan kita untuk merasa lebih baik baik secara sadar maupun fisik. Dengan tubuh yang lebih ringan dan pikiran yang lebih jernih kita menjadi lebih sadar dan bersyukur atas hal-hal di sekitar kita.

10. Puasa Membantu Membersihkan Kulit dan Mencegah Jerawat

Puasa dapat membantu membersihkan kulit karena dengan sementara tubuh terbebas dari pencernaan, ia mampu memfokuskan energi regeneratifnya pada sistem lain.

Tidak makan apapun hanya untuk satu hari telah terbukti membantu tubuh membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh lainnya seperti hati, ginjal dan bagian lainnya.

Itulah 10 Manfaat Puasa yang Akan Mengejutkan Anda. Sekarang kamu sudah tahu Manfaat Puasa yang dapat menjadi referensi, disini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…