Manfaat Omega 3 untuk Otak dan Kesehatan

loading...

Baca disini uraian selengkapnya tentang Manfaat Omega 3 untuk Otak dan Kesehatan untuk kamu.

Asam lemak Omega 3 memiliki segala macam manfaat kesehatan yang kuat untuk tubuh dan otak Anda.

Sebenarnya, sedikit nutrisi telah dipelajari secara menyeluruh seperti asam lemak omega-3.manfaat omega 3

Buat sobat yang sedang mencari informasi tentang Manfaat Omega 3 Bagi Manusia. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang sobat butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang Fungsi Asam Lemak Omega 3.

Manfaat Omega 3 Bagi Manusia

Kemudian apa Fungsi Asam Lemak Omega 3? Kami akan membaginya untuk kamu di rumah. Pastikan kamu lihat info tentang Manfaat Omega 3 Bagi Manusia berikut dengan cermat yang dilansir dari laman Healthline (18/6/2017). Karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Berikut ini 17 manfaat kesehatan dari asam lemak omega-3:

1. Omega-3 Bisa Melawan Depresi dan Kecemasan

omega 3 mengatasi Depresi

Depresi adalah salah satu gangguan mental yang paling umum di dunia. Gejalanya meliputi kesedihan, kelesuan dan kehilangan kepentingan umum dalam hidup.

Kecemasan juga merupakan kelainan yang sangat umum, dan ditandai oleh kekhawatiran dan kegugupan konstan. Menariknya, penelitian menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi omega-3 secara teratur cenderung tidak mengalami depresi.

Terlebih lagi, ketika orang berusaha mengatasi depresi atau kegelisahan mulai mengkonsumsi suplemen omega-3, gejala mereka menjadi lebih baik. Ada tiga jenis asam lemak omega-3: ALA, EPA dan DHA. Dari ketiganya, EPA nampaknya paling baik dalam melawan depresi.

Satu studi bahkan menemukan bahwa EPA sama efektifnya melawan depresi seperti Prozac, obat antidepresan. Suplemen omega-3 dapat membantu mencegah dan mengobati depresi dan kecemasan. EPA nampaknya paling efektif dalam melawan depresi.

2. Omega 3 Dapat Meningkatkan Kesehatan Mata

DHA, sejenis omega-3, merupakan komponen struktural utama otak dan retina mata. Bila Anda tidak cukup mendapatkan DHA, masalah penglihatan mungkin timbul.

Asam lemak omega-3 yang disebut DHA adalah komponen struktural utama retina mata. Ini dapat membantu mencegah degenerasi makula, yang dapat menyebabkan kerusakan penglihatan dan kebutaan.

3. Omega 3 Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak Selama Kehamilan dan Kehidupan Awal

Omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. DHA menyumbang 40% asam lemak tak jenuh ganda di otak, dan 60% di retina mata.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa bayi yang diberi susu formula yang diperkaya dengan DHA memiliki penglihatan yang lebih baik daripada bayi yang diberi susu formula tanpa itu. Mendapatkan cukup omega-3 selama kehamilan telah dikaitkan dengan banyak manfaat bagi anak, termasu:

  • Kecerdasan yang lebih tinggi
  • Komunikasi dan keterampilan sosial lebih baik.
  • Kurang masalah perilaku.
  • Berkurangnya risiko keterlambatan perkembangan.
  • Berkurangnya risiko ADHD, autisme dan cerebral palsy.

Mendapatkan cukup omega-3 selama kehamilan dan kehidupan awal sangat penting untuk perkembangan anak. Kekurangan dikaitkan dengan kecerdasan rendah, penglihatan yang buruk dan peningkatan risiko beberapa masalah kesehatan.

4. Omega-3 Dapat Memperbaiki Faktor Risiko Untuk Penyakit Jantung

omega 3 untuk serangan jantung

Serangan jantung dan stroke adalah penyebab utama kematian di dunia. Beberapa dekade yang lalu, para periset mengamati bahwa komunitas pemakan ikan memiliki tingkat penyakit ini yang sangat rendah. Ini kemudian ditemukan sebagian karena konsumsi omega-3.

Sejak saat itu, asam lemak omega-3 telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Menariknya, terlepas dari semua efek menguntungkan pada faktor risiko penyakit jantung ini, tidak ada bukti meyakinkan bahwa suplemen omega-3 dapat mencegah serangan jantung atau stroke. Banyak penelitian tidak menemukan manfaat.

Omega-3 telah ditemukan untuk memperbaiki berbagai faktor risiko penyakit jantung. Namun, suplemen omega-3 tidak mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

5. Omega 3 Dapat Mengurangi Gejala ADHD pada Anak

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah kelainan perilaku yang ditandai dengan kurangnya perhatian, hiperaktif dan impulsif. Beberapa penelitian menemukan bahwa anak-anak dengan ADHD memiliki kadar asam lemak omega-3 yang lebih rendah, dibandingkan dengan teman sehat mereka.

Terlebih lagi, banyak penelitian menemukan bahwa suplemen omega-3 benar-benar dapat mengurangi gejala ADHD. Omega-3 membantu meningkatkan kekurangan perhatian dan kemampuan menyelesaikan tugas. Mereka juga menurunkan hiperaktif, impulsif, gelisah dan agresi.

Baru-baru ini, para periset mengevaluasi bukti di balik berbagai perawatan ADHD. Mereka menemukan suplemen minyak ikan menjadi salah satu perawatan yang paling menjanjikan.

BACA JUGA:  Tips Mengecilkan Perut Buncit dan Paha dengan Cepat

Suplemen omega-3 bisa mengurangi gejala ADHD pada anak-anak. Mereka meningkatkan perhatian dan mengurangi hiperaktif, impulsif dan agresi, untuk beberapa nama.

6. Omega-3 Dapat Mengurangi Gejala Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik adalah kumpulan kondisi. Ini termasuk obesitas sentral (lemak perut), tekanan darah tinggi, resistensi insulin, trigliserida tinggi dan kadar HDL rendah.

Ini adalah masalah kesehatan masyarakat utama, karena meningkatkan risiko Anda terkena banyak penyakit lainnya. Ini termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Asam lemak omega-3 dapat mengurangi resistensi insulin dan pembengkakan, dan memperbaiki faktor risiko penyakit jantung pada orang dengan sindrom metabolik.

Omega-3 dapat memiliki banyak manfaat bagi orang-orang dengan sindrom metabolik. Mereka dapat mengurangi resistensi insulin, melawan peradangan dan memperbaiki beberapa faktor risiko penyakit jantung.

7. Omega-3 Bisa Melawan Peradangan

Peradangan sangat penting. Kita membutuhkannya untuk melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan di tubuh. Namun, kadang-kadang peradangan berlanjut untuk waktu yang lama, bahkan tanpa adanya infeksi atau cedera. Ini disebut peradangan kronis (jangka panjang).

loading...

Diketahui bahwa peradangan jangka panjang dapat menyebabkan hampir setiap penyakit kronis Barat, termasuk penyakit jantung dan kanker. Asam lemak omega-3 dapat mengurangi produksi molekul dan zat yang terkait dengan peradangan, seperti eicosanoids inflamasi dan sitokin.

Studi telah secara konsisten menunjukkan hubungan antara asupan omega-3 yang lebih tinggi dan peradangan yang berkurang. Manfaat Omega 3 dapat mengurangi peradangan kronis, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker dan berbagai penyakit lainnya.

8. Omega-3 Bisa Melawan Penyakit autoimun

Pada penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh menyalahgunakan sel sehat untuk sel asing dan mulai menyerangnya. Diabetes tipe 1 adalah salah satu contoh utama. Pada penyakit ini, sistem kekebalan tubuh menyerang sel penghasil insulin di pankreas.

Manfaat Omega 3 dapat membantu melawan beberapa penyakit ini, dan mungkin sangat penting selama awal kehidupan.

Studi menunjukkan bahwa mendapatkan cukup omega-3 selama tahun pertama kehidupan Anda dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit autoimun, termasuk diabetes tipe 1, diabetes autoimun pada orang dewasa dan multiple sclerosis.

Omega-3 juga telah terbukti membantu mengobati lupus, rheumatoid arthritis, kolitis ulserativa, penyakit Crohn dan psoriasis.

Asam lemak omega-3 dapat membantu melawan beberapa penyakit autoimun, termasuk diabetes tipe 1, rheumatoid arthritis, kolitis ulserativa, penyakit Crohn dan psoriasis.

9. Omega-3 Bisa Memperbaiki Gangguan Mental

Tingkat omega-3 rendah telah dilaporkan pada orang dengan gangguan kejiwaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen omega-3 dapat mengurangi frekuensi perubahan suasana hati dan kekambuhan pada orang-orang dengan skizofrenia dan gangguan bipolar.

Melengkapi dengan asam lemak omega-3 juga dapat menurunkan perilaku kekerasan. Orang dengan gangguan mental seringkali memiliki kadar lemak omega-3 yang rendah. Meningkatkan status omega-3 nampaknya memperbaiki gejala.

10. Omega-3 Bisa Memerangi Penurunan Mental dan Alzheimer

Penurunan fungsi otak adalah salah satu konsekuensi penuaan yang tak terhindarkan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan omega-3 yang lebih tinggi terkait dengan penurunan penurunan mental terkait usia dan penurunan risiko penyakit Alzheimer.

Lemak omega-3 dapat membantu mencegah penurunan mental terkait usia dan penyakit Alzheimer, namun diperlukan lebih banyak penelitian.

11. Omega-3 Dapat Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia Barat, dan asam lemak omega-3 telah lama diklaim dapat mengurangi risiko kanker tertentu.

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi omega-3 paling berisiko 55% lebih rendah terkena kanker usus besar. Selain itu, konsumsi omega-3 dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita. Namun, tidak semua penelitian sepakat mengenai hal ini.

Asupan omega-3 dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kolon, prostat dan kanker payudara.

12. Omega-3 Bisa Mengurangi Asma pada Anak

Asma adalah penyakit paru kronis dengan gejala seperti batuk, sesak napas dan mengi. Serangan asma berat bisa sangat berbahaya. Mereka disebabkan oleh peradangan dan pembengkakan di saluran pernafasan paru-paru.

Beberapa penelitian telah menghubungkan konsumsi omega-3 dengan risiko asma yang lebih rendah pada anak-anak dan orang dewasa muda. Asupan omega-3 dikaitkan dengan rendahnya risiko asma pada anak-anak dan dewasa muda.

BACA JUGA:  12 Alasan Ilmiah Mengapa Anda Harus Minum Kopi Hitam Setiap Hari

13. Omega-3 Dapat Mengurangi Lemak di Hati

Penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) lebih sering terjadi daripada yang Anda pikirkan. Suplementasi dengan asam lemak omega-3 telah terbukti mengurangi lemak dan peradangan hati pada orang dengan penyakit hati berlemak non-alkohol.

Asam lemak omega-3 telah terbukti mengurangi lemak hati pada orang-orang dengan penyakit hati berlemak non-alkohol.

14. Omega-3 Dapat Memperbaiki Kesehatan Tulang

Osteoporosis dan artritis adalah dua kelainan umum yang mempengaruhi sistem rangka. Studi menunjukkan bahwa omega-3 dapat memperbaiki kekuatan tulang dengan meningkatkan jumlah kalsium dalam tulang. Hal ini akan menyebabkan penurunan risiko osteoporosis.

Omega-3 juga bisa membantu arthritis. Pasien yang mengkonsumsi suplemen omega-3 telah melaporkan berkurangnya nyeri sendi dan kekuatan pegangan yang meningkat.

Manfaat Omega 3 bisa meningkatkan kekuatan tulang dan kesehatan sendi. Hal ini dapat menyebabkan penurunan risiko osteoporosis dan arthritis.

15. Omega-3 Dapat Meringankan Nyeri Haid

Nyeri haid terjadi di perut bagian bawah dan panggul, dan sering memancar ke punggung bawah dan paha. Hal ini dapat mengakibatkan efek negatif yang signifikan terhadap kualitas hidup seseorang.

Namun, penelitian telah berulang kali menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi omega-3 paling banyak mengalami nyeri haid yang lebih ringan. Satu studi bahkan menemukan bahwa suplemen omega-3 lebih efektif daripada ibuprofen dalam mengobati rasa sakit yang parah selama menstruasi.

Asam lemak omega-3 bisa mengurangi nyeri haid. Satu studi bahkan menemukan bahwa suplemen omega-3 lebih efektif daripada ibuprofen, obat anti-inflamasi.

16. Asam Lemak Omega-3 Dapat Memperbaiki Tidur

Cara Tidur yang baik adalah salah satu fondasi kesehatan yang optimal. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk obesitas, diabetes dan depresi.

Tingkat rendah asam lemak omega-3 dikaitkan dengan masalah tidur pada anak-anak dan apnea tidur obstruktif pada orang dewasa. DHA tingkat rendah juga dikaitkan dengan tingkat hormon melatonin yang lebih rendah, yang membantu Anda tertidur.

Studi pada anak-anak dan orang dewasa menunjukkan bahwa suplemen dengan omega-3 meningkatkan panjang dan kualitas tidur.  Asam lemak omega-3, terutama DHA, dapat memperbaiki panjang dan kualitas tidur pada anak-anak dan orang dewasa.

17. Lemak Omega-3 Bermanfaat untuk Kulit Anda

DHA adalah komponen struktural kulit. Hal ini bertanggung jawab untuk kesehatan membran sel, yang membentuk sebagian besar kulit. Selaput sel sehat menghasilkan kulit lembut, lembab, lentur dan bebas kerut.

EPA juga memberi manfaat pada kulit dengan beberapa cara, termasuk:

  • Mengelola produksi minyak di kulit.
  • Mengelola hidrasi kulit.
  • Mencegah hiperkeratinisasi folikel rambut (benjolan merah kecil sering terlihat pada lengan atas).
  • Mencegah penuaan dini pada kulit.
  • Mencegah jerawat.

Manfaat Omega 3 juga bisa melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. EPA membantu menghalangi pelepasan zat yang mengurangi kolagen di kulit Anda setelah terpapar sinar matahari.

Omega-3 dapat membantu menjaga sel-sel kulit tetap sehat, mencegah penuaan dini dan banyak lagi. Mereka juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk kesehatan optimal. Mendapatkan mereka dari keseluruhan makanan, seperti mengonsumsi ikan berlemak 2 kali per minggu, adalah cara terbaik untuk memastikan asupan omega-3 optimal.

Namun, jika Anda tidak banyak makan ikan berlemak, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen omega-3. Bagi orang-orang yang kekurangan omega-3, ini adalah cara yang murah dan sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan.

Itulah Manfaat Omega 3 Bagi Manusia. Sekarang kamu sudah tahu Fungsi Asam Lemak Omega 3 yang dapat menjadi referensi, disini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…

loading...