Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan

loading...

Baca disini uraian selengkapnya tentang Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan untuk kamu.

Jahe, tanaman berasal dari Asia dan telah digunakan sebagai rempah dan obat herbal selama ribuan tahun. Air jahe, atau teh jahe, dibuat dengan merebus akar jahe segar di air, lalu mendinginkan dan meminumnya. Meskipun paling sering dianggap sebagai pengobatan untuk gangguan pencernaan, jahe dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan

Bagian bawah batang, yang dikenal sebagai rimpang, adalah bagian yang paling umum digunakan sebagai bumbu dan sering disebut sebagai akar jahe. Jahe telah digunakan di Ayurveda dan obat homeopati dan pengobatan tradisional untuk waktu lama. Jahe mengandung nutrisi yang banyak dan mengandung mineral termasuk kalium, mangan, tembaga dan magnesium.

Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Kemudian apa Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan? Kami akan membaginya untuk kamu di rumah. Pastikan kamu lihat info tentang Manfaat Minum Air Jahe untuk Kesehatan berikut dengan cermat yang dilansir dari laman Livestrong dan NDTV. Karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Mengatasi Mual

Sepanjang sejarah, jahe telah banyak digunakan untuk meredakan mual. Ini biasa digunakan untuk mencegah mabuk laut. Ini telah digunakan sebagai pengobatan untuk mual dan muntah yang terkait dengan berbagai kondisi, termasuk kemoterapi dan kehamilan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Support Care Cancer” pada bulan Juli 2012 mencatat bahwa suplementasi jahe setiap hari mengurangi kemoterapi secara bermakna akibat kemoterapi pada pasien kanker.

Efek Anti-Inflamasi

Minum air jahe dapat membantu mengurangi peradangan, pembengkakan sendi dan nyeri yang dialami pada kondisi seperti osteoarthritis dan rematik. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam “Journal of Medicinal Food” dalam edisi 2005 menunjukkan bahwa selama 25 tahun terakhir para ilmuwan telah memberikan dukungan ilmiah bahwa jahe mengandung sifat anti-inflamasi yang kuat.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Susah Tidur dimalam Hari Secara Alami
loading...

Sifat antioksidan

Jahe merupakan sumber antioksidan. Antioksidan adalah zat kuat yang melindungi tubuh Anda terhadap radikal bebas, yang merupakan molekul yang tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel sehat. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry” pada bulan Juli 2010 mencatat bahwa hasil penelitian yang dilakukan pada komposisi dan kekuatan antioksidan jahe menunjukkan bahwa jahe segar dan kering mengandung antioksidan kuat. Hasilnya menyarankan agar jahe bisa dijadikan sumber antioksidan alami dalam makanan.

Dapat Melindungi dan Melawan Kanker

Air jahe bisa efektif dalam membantu mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker. Mekanisme yang bertanggung jawab adalah zat dalam jahe, termasuk antioksidan, yang telah terbukti bisa membunuh dan mengurangi penyebaran zat penyebab kanker di dalam tubuh. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam “British Journal of Nutrition” pada bulan Februari 2012 mencatat bahwa jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan dan telah diamati untuk memperlambat penyebaran kanker tertentu, menunjukkan bahwa jahe dapat memainkan peran yang menjanjikan dalam pencegahan kanker.

Baik untuk pencernaan

Minum segelas air jahe setiap hari bisa membantu menguatkan sistem pencernaan Anda dan mencegah gangguan pencernaan, mual, dan mulas. Satu sendok teh perasan lemon dan satu sendok makan madu dicampur dengan air jahe dapat meredakan morning sickness selama kehamilan.

Jauhkan diabetes

Minum air jahe-lemon diketahui bisa mengurangi risiko kerusakan ginjal dan bahkan menurunkan efek diabetes. Akar yang tajam adalah sumber seng yang kaya yang berperan besar dalam sekresi insulin.

Membantu penurunan berat badan

menurunkan berat badan

Kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan kelaparan dan menyebabkan makan berlebih. Air jahe mengatur kadar gula darah dan selanjutnya mengendalikan keinginan untuk makan. Ini meningkatkan kemampuan menyerap lemak tubuh yang membantu dalam menurunkan berat badan.

BACA JUGA:  5 Cara Minum Lebih Banyak Air Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Rambut dan kulit sehat

Karena antioksidan dan vitamin hadir dalam jahe, minum air jahe menambahkan cahaya alami ke kulit Anda. Apalagi kehadiran Vitamin A dan C meningkatkan tekstur rambut Anda. Ini membersihkan darah Anda dan memiliki sifat antibakteri yang membantu dalam mengobati dan mencegah penyakit kulit.

Melindungi dari Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah gangguan neurodegeneratif progresif yang mempengaruhi sistem saraf pusat. Telah terbukti secara ilmiah bahwa jahe membantu memperlambat degradasi sel otak. Periset juga menemukan bahwa antioksidan dan senyawa kuat dalam jahe melawan respon inflamasi yang terjadi di otak.

Pereda otot

Saat berolahraga, otot-otot Anda mulai bekerja dan mungkin lelah. Salah satu cara untuk membantu mempercepat penyembuhan otot adalah dengan meminum segelas air jahe.

Itulah Manfaat Air Jahe untuk Kesehatan. Sekarang kamu sudah tahu Manfaat Minum Air Jahe untuk Kesehatan yang dapat menjadi referensi, disini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…

loading...