Longsor, Jalur Puncak Bogor Ditutup. Lalin Dialihkan ke Sukabumi dan Jonggol

Baca berita selengkapnya tentang , Jalur Ditutup. Lalin Dialihkan ke Sukabumi dan Jonggol disini.

Hujan lebat mengguyur daerah Bogor dan sekitarnya sejak dini hari Senin, lalu membuat sejumlah titik yang terletak di sepanjang jalan Raya , Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terjadi tanah longsor. Kendaraan menjadi lumpuh dan dilakukan pengalihan.

Longsor, Jalur Puncak Bogor Ditutup

Longsor, Jalur Puncak Bogor Ditutup. Lalin Dialihkan ke Sukabumi dan Jonggol
Dok. Polres Bogor via twitter @TMCPolresBogor

Kasat Lantas Polres Bogor Hasby Ristama dalam pernyataan menyebut empat titik bencana longsor yang terjadi di Kecamatan Cisarua di Panimbangan kecil desa Tugu Selatan, di lingkungan Masjid Atta Awun desa Tugu Selatan, Villa Pengayoman Desa Cibeureum, dan di Kampung Babakan, Desa Cibeureum.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengatakan, Tanah longsor terjadi sekitar, pada 09:20 WIB. Ada beberapa titik jalan di jalan Raya Puncak yang tertutup tanah longsor, sekitar masjid Attawun, Riung Gunung, dan Widuri.

Tanah longsor di Panimbangan kecil mengakibatkan bahu jalan amblas dan material tanah dari tebing menutup bagian bahu jalan.

“Telah diupayakan untuk membersihkan material yang menutup jalan,” kata Hasby Senin (5/2).

BACA JUGA:  Tertangkap OTT KPK, Bupati Lampung Tengah Mustafa: Cobaan Hidup Saya

Longsor di empat titik tidak menimbulkan korban. Sementara longsor di Villa mengakibatkan kerugian diperkirakan sekitar Rp15 juta.

Hujan lebat di Puncak mengakibatkan tanah longsor yang terjadi di empat titik yang menutup jalur utama. Jalur Puncak saat ini ditutup dan dialihkan melalui Sukabumi.

Selain itu, sejumlah tiang listrik dan pepohonan di tepi jalan Raya runtuh akibat hujan angin sangat besar, sehingga jalur tidak dapat dilalui kendaraan roda dua maupun empat. cuaca di sekitar daerah Puncak Bogor adalah masih diguyur hujan.

“Kendaraan yang menuju Puncak dari Jakarta dialihkan ke Sukabumi. Kalau dari Cianjur dialihkan ke Jonggol,”ia menjelaskan.

Tidak hanya di Puncak, longsor juga terjadi di jalan Raya Bogor-Sukabumi, Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Longsor itu membuat jalan dan rumah-rumah yang rusak.

“Sampai saat ini tidak ada korban jiwa atau luka. Untuk kerugian materi masih dalam pendataan,”pungkas Hasby.

Petugas telah melakukan rekayasa lalu lintas dan tindakan yang diperlukan untuk mengatasi longsoran.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Sekarang Lagi Galau

Sebanyak 100 petugas dari Satlantas Polres Bogor dengan pihak terkait terus berusaha untuk membersihkan jalan dari tanah longsor. Sementara lalu lintas di puncak Bogor ditutup secara total.

Pengalihan lalu lintas juga dilakukan untuk kendaraan yang menuju ke puncak dan Cianjur. Mereka dialihkan ke Sukabumi.

Selain itu, petugas telah memanggil petugas alat berat untuk membantu membersihkan lokasi longsor. Proses evakuasi dilakukan bersama dengan Satgas Bencana untuk bersama-sama membersihkan bahan tanah yang menutup jalan.

“Kami juga mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan jalur puncak terlebih dahulu,” kata Hasby.

Sumber: Okezone.com

Follow Kami: