MengenalĀ Fungsi Mesin Frais

Anda yang bekerja dalam bidang industri tentu sudah tidak asing dengan mesin frais. Mesin ini merupakan mesin yang digunakan untuk berbagai keperluan. Ia lebih sering digunakan sebagai mesin yang mengerjakan teknik penyayatan pada suatu permukaan. Agar mendapatkan penjelasan yang lebih baik, Anda bisa membaca terkait fungsi mesin frais berikut ini.

Ketahui Berbagai Penjelasan Fungsi Mesin Frais

Nama Lain Mesin Frais

Mesin ini tidak hanya disebut sebagai mesin frais saja, namun juga sering disebut sebagai mesin milling. Ia memiliki pisau berputar, dimana benda tersebut akan bergerak untuk melakukan proses penyayatan pada permukaan datar.

Proses pengurangan material tersebut juga disebut sebagai milling, sebab terjadi kontak antara cutter dengan benda yang tercekam di mesinnya. Permukaan yang bisa dipotong oleh mesin ini berupa bidang datar, bidang tegak lurus, memiliki permukaan vertikal, bahkan bisa juga memotong benda dengan permukaan miring.

Sejarah Mesin Frais

Penemuan terkait dengan mesin ini bisa ditelusuri pada tahun 1818, dimana seorang ilmuwan bernama Eli Whitney membuat mesin dan prototipe pertamanya. Ia tinggal di New Heaven, Conecticut, dan menggunakan alat tersebut untuk mempermudah pekerjaannya.

Selanjutnya di tahun 1952 mesin milling tersebut disempurnakan oleh John Parson, dengan penambahan kontrol basis angka dalam mesinnya. Sehingga mesin ini bisa digunakan secara lebih maksimal dalam bidang industri berbagai aspek. Perkembangan selanjutnya juga membuat mesin ini memiliki teknologi mekanis dalam penggunaanya.

Prinsip Kerja

Untuk menggerakkan mesin ini, Anda membutuhkan tenaga listrik, yang menjadi penggerak utama motor mesin. Selanjutnya, setelah mendapatkan aliran listrik gerakan dari mesin utama diteruskan menuju mesin transmisi yang akan menghasilkan gerakan memutar.

Nantinya terdapat cutter yang akan memotong berbagai permukaan benda yang terdapat di depan mesin tersebut. Ini merupakan fungsi mesin frais yang paling banyak digunakan. Mesin milling utama kemudian menghasilkan putaran dan gerakan, kemudian memotong berbagai objek menggunakan cutter atau pisau pemotong.

Fungsi Mesin Frais

Terkait dengan fungsi, mesin ini bertujuan untuk menghasilkan benda dengan permukaan yang lebih rata. Misalnya membuat benda berbentuk silinder, profil, maupun bentuk yang lain, dengan ukuran dan kualitas yang sudah ditentukan.

Proses pemotongan dapat dilakukan karena benda yang digunakan sebagai cutter memiliki kepadatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kepadatan objek yang hendak dipotong. Gesekan yang terjadi ketika proses pemotongan dapat dihasilkan dengan maksimal jika benda yang hendak dipotong dicekam dengan kuat menggunakan penjepit pada mesin frais.

Golongan pada Mesin Frais

Terdapat tiga penggolongan yang akan Anda temukan jika hendak menggunakan mesin frais, diantaranya adalah:

  • Face milling, merupakan proses pemotongan yang terjadi ketika cutter memotong lapisan yang permukaannya rata. Hasil pemotongan juga teratur, rapi, serta dalam sesuai dengan pola yang ditentukan.
  • Peripheral milling, adalah pemotongan yang akan terbentuk sesuai dengan lekukan pada pisau pemotong, alih-alih mengikuti pola.
  • Frais jari, adalah proses berputarnya pisau dengan sumbuk yang tegak lurus, sehingga ia bisa bergerak menghasilkan permukaan yang menyudut.

Itulah penjelasan singkat mengenai fungsi mesin frais dan serta penjelasan pendukung lainnya. semoga informasi tersebut dapat membantu Anda dan menambah pengetahuan mengenai mesin frais. Mesin ini bisa memberikan hasil yang memuaskan sesuai dengan pola yang telah ditetapkan, ataupun jenis mesin yang dipilih, sehingga sesuai dengan kebutuhan milik pengguna.