10 Cara untuk Meningkatkan Kolesterol Baik Tubuh Anda

Baca disini uraian selengkapnya tentang 10 Cara untuk Meningkatkan Kolesterol Baik Tubuh Anda untuk kamu.

Mengapa kolesterol ada yang dianggap baik dan lainnya buruk? Sebenarnya ada sebanyak 18 jenis kolesterol, tapi untuk menghindari kebingungan, dokter membagi mereka menjadi dua kategori: LDL (buruk) dan HDL (bagus). Hati Anda memproduksi sebagian besar kolesterol Anda, dan jumlah kecil itu mengarah ke berbagai tujuan sehat, termasuk menciptakan hormon yang membantu mengubah makanan dan olahraga menjadi otot. Lipoprotein dengan kepadatan rendah cenderung menyimpan kolesterol di dinding arteri, di mana ia terbentuk dan akhirnya mengganggu aliran darah. Tapi variasi kepadatan tinggi tampaknya membawa kolesterol kembali ke hati, di mana ia bisa dihilangkan dari tubuh.Meningkatkan Kolesterol Baik

Genetika memainkan peran besar dalam HDL. Beberapa orang memiliki tingkat rendah secara alami dan perlu menjaga LDL mereka tetap rendah juga untuk menebusnya. Tapi ada banyak hal yang dapat dilakukan orang lain untuk memompa HDL mereka.

Kemudian apa 10 Cara untuk Meningkatkan Kolesterol Baik Tubuh Anda? Kami akan membaginya untuk kamu di rumah. Pastikan kamu lihat info tentang Cara untuk Meningkatkan Kolesterol Baik berikut dengan cermat yang dilansir dari laman Mensfitness. Karena ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Cara untuk Meningkatkan Kolesterol Baik

Jadilah aktif

Salah Satu studi Georgetown University menemukan peningkatan HDL pada mereka yang berlari 10 km seminggu atau mengambil bagian dalam empat sesi 30 menit moderat dalam aktivitas aerobik.

Turunkan berat badan

Anda harus berusaha menyingkirkan kelebihan lemak saat Anda menambah otot. (Gunakan monitor lemak tubuh daripada skala untuk memetakan kemajuan Anda.) Untungnya, kehilangan lemak cenderung berjalan seiring dengan latihan dan modifikasi diet yang juga meningkatkan kadar HDL.

Makan Lemak yang Tepat

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal (seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan minyak dalam banyak saus salad) dapt meningkatkan HDL; Kemungkinan makanan tinggi asam lemak omega-3 (seperti ikan air dingin) juga. Lemak jenuh, jenis makanan daging dan susu, cenderung mendorong LDL berbahaya. Yang terburuk dari semuanya adalah asam lemak trans, minyak pengerasan yang sering ditemukan pada margarin, kerupuk dan makanan ringan lainnya – ahli nutrisi Harvard Medical School Walter C. Willett, MD, penulis Eat, Drink, and Be Healthy, menyebut Makanan ini bisa melakukan kebalikan dari apa yang Anda inginkan, menurunkan HDL sambil meningkatkan LDL.

BACA JUGA:  Manfaat Serai dan Jahe untuk Kesehatan

Latihan Dulu, Makan Lemak Nanti

Jika Anda ingin meningkatkan manfaat lemak yang Anda makan, lakukan sebelum Anda menurunkannya. Sebuah studi di University of Missouri menemukan bahwa olahraga teratur sebelum makanan tinggi lemak menghasilkan kenaikan HDL yang besar. Saya tidak menyarankan bahwa alasan Anda untuk menikmati makanan berlemak tinggi seharusnya merupakan latihan pra-makan, hanya latihan itu sebelum makan bekerja untuk keuntungan hati Anda.

Turunkan Karbohidrat Sederhana

Orang-orang dengan diet tinggi karbohidrat penuh dengan roti dan gula-bahkan mereka yang berolahraga sering-cenderung memiliki kadar HDL lebih rendah daripada mereka yang banyak makan protein dan lemak baik bersama dengan sayuran dan biji-bijian. “HDL rendah sering terjadi ketika orang diberi tahu untuk mengeluarkan semua lemak dari makanan mereka dan malah makan karbohidrat,” kata Willett. Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan bahwa orang dengan tingkat HDL tinggi cenderung berfokus pada karbohidrat yang lebih lambat terbakar, seperti kacang dan buah.

Minum Jus Jeruk

Dalam sebuah penelitian di Kanada, minum beberapa gelas jus jeruk setiap hari selama empat minggu meningkatkan HDL peserta sebesar 21 persen, mungkin karena flavonoid. Penelitian selanjutnya menemukan bahwa jus jeruk dapat menjadi lebih efektif. Sayangnya, banyak jus akan menambahkan ratusan kalori gula berlebih ke makanan Anda. Jadi menempel satu gelas sehari dan puas dengan hasil yang lebih rendah. Atau Anda bisa membeli hesperidin sebagai suplemen, meski tidak akan menggantikan banyak nutrisi bermanfaat dari jus jeruk (dan pastinya tidak akan terasa enak).

BACA JUGA:  11 Bahan dan Rempah-rempah Sebagai Pengganti Garam

Makan Serat

buah kaya serat

Serat makanan, dari makanan seperti biji-bijian, buah dan sayuran, telah ditemukan untuk meningkatkan kadar HDL. Tentu saja, ini juga membantu menurunkan berat badan, jadi ini bisa menjadi efek samping profil langsing Anda. Semangkuk oatmeal atau whole grain sereal untuk sarapan pagi membuat awal yang baik.

Minum Air

Minum Air  dapat memberi Anda manfaat tambahan.

Konsumsi Vitamin B

Dosis besar vitamin B3, atau niasin, telah ditemukan meningkatkan HDL sebanyak 20 persen dan sering diresepkan untuk orang dengan masalah kolesterol. Namun perlu diingat bahwa multivitamin harian mengandung semua niacin yang dibutuhkan kebanyakan orang. Melengkapi selain itu bisa memiliki berbagai efek samping, termasuk mulas dan bahkan kerusakan hati, jadi jangan coba-coba tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Berhenti merokok

jika Anda merokok, Anda sama sekali tidak peduli dengan kesehatan Anda. Jika Anda tertarik, merokok akan menurunkan HDL. Berhenti sekarang akan menjadi cara termudah untuk memberi diri Anda sebuah lompatan. Mengadopsi program ini cenderung memperbaiki kesehatan Anda dengan segala cara, namun HDL yang lebih tinggi bisa menjadi penanda yang baik tentang seberapa baik Anda melakukannya.

Itulah 10 Cara untuk Meningkatkan Kolesterol Baik Tubuh Anda. Sekarang kamu sudah tahu Cara untuk Meningkatkan Kolesterol Baik yang dapat menjadi referensi, disini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…