Cara Menghilangkan Ketiak Basah Berlebihan dengan Cepat

loading...

Baca disini uraian selengkapnya tentang Cara Menghilangkan Ketiak Basah Berlebihan dengan Cepat untuk kamu.

Ketiak berkeringat yang berlebihan merupakan masalah yang memalukan, menyebabkan pakaian bernoda, bau badan, kecemasan dan bahkan isolasi sosial. Dalam beberapa kasus, ketiak berkeringat mudah dikendalikan dengan penggunaan antiperspirant yang benar. Namun, jika keringat berlebihan adalah masalah berkelanjutan yang telah mempengaruhi Anda selama lebih dari 6 bulan, dokter Anda mungkin mendiagnosa anda hiperhidrosis. Jika antiperspirant tidak mengendalikan keringat, dokter Anda mungkin memberikan perawatan lain, termasuk antiperspirant atau resep obat atau prosedur lain untuk mengurangi atau menghentikan keringat.Cara Menghilangkan Ketiak Basah berlebihan

Penyebab Ketiak Basah Berlebihan

Penguapan keringat dari permukaan kulit mendinginkan tubuh untuk menjaga suhu tubuh normal. Saraf dari sistem saraf simpatik mengendalikan keluaran kelenjar keringat untuk mengatur berapa banyak keringat yang mereka hasilkan. Kelenjar ester, ditemukan di seluruh tubuh termasuk ketiak, mengeluarkan keringat yang berair dan mendingin. Saat mulai pubertas, kelenjar apokrin didistribusikan terutama di ketiak dan selangkangan mengeluarkan keringat berminyak yang baunya tidak enak saat berinteraksi dengan bakteri yang tinggal di kulit. Berikut ini adalah daftar penyebab ketiak basah seperti dilansir oleh situs Livestrong (14/8/2017):

Cuaca atau Suhu Panas

Area otak yang disebut hipotalamus mengandung sel-sel saraf yang merasakan suhu inti tubuh dan suhu di permukaan kulit. Kenaikan tingkat metabolisme dasar, seperti olahraga atau paparan lingkungan yang panas, menyebabkan inti dan permukaan tubuh memanas, memicu hipotalamus untuk mendinginkan tubuh dengan mengaktifkan sistem saraf simpatik. Saraf simpatik pada gilirannya mendorong kelenjar keringat di ketiak dan seluruh bagian tubuh lainnya untuk meningkatkan produksi keringat.

Stres dan Gelisah

Stres emosional dan kegelisahan menyebabkan keringat karena hipotalamus, selain mengatur suhu tubuh, juga bekerja dengan kelenjar adrenal untuk mengkoordinasikan respons tubuh terhadap stres. Selain tindakan lain, sistem ini meningkatkan metabolisme basal untuk memberi energi ekstra, memicu peningkatan keringat. Tekanan emosional juga mendorong pelepasan hormon epinefrin, juga dikenal sebagai adrenalin, yang merangsang kelenjar keringat ekskristal dan apokrin di ketiak. Secara umum, keringat yang disebabkan oleh emosi terjadi terutama pada telapak tangan, telapak kaki, dahi dan ketiak. Sering berkeringat emosional adalah keringat dingin, karena terjadi sebelum terjadi peningkatan suhu tubuh.

BACA JUGA:  Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Sehat Secara Alami

Kafein

Kafein dalam kopi, teh, beberapa soda dan cokelat dengan kuat mengaktifkan sistem saraf simpatik untuk menyebabkan keringat. Jika berkeringat adalah masalah, mengurangi kafein mungkin bisa membantu.

loading...

Kondisi medis

Beberapa kondisi medis bisa menyebabkan keringat berlebihan. Kondisi yang dikenal sebagai hiperhidrosis secara harfiah berarti “berkeringat berlebihan,” lebih dari yang dibutuhkan untuk mendinginkan tubuh. Pada hiperhidrosis fokal, keringat berlebihan terutama terjadi pada telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak, sementara hiperhidrosis generalis menyebabkan keringat berlebihan di sekujur tubuh. Ketidakseimbangan hormon – seperti pada masa menopause. Tingkat progesteron yang tinggi, seperti pada kehamilan, juga dapat meningkatkan suhu tubuh dan memicu keringat ketiak. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif, disebut hipertiroidisme, menghasilkan kelebihan hormon tiroid. Hormon tiroid meningkatkan metabolisme tubuh dan produksi panas, yang akhirnya meningkatkan keringat.

Buat sobat yang sedang mencari informasi tentang Cara Menghilangkan Ketiak Basah dan Bau. Artikel ini memberikan informasi tentang Cara Agar Ketiak Tidak Basah Secara Permanen.

Cara Menghilangkan Ketiak Basah dan Bau

Kemudian apa Cara Menghilangkan Ketiak Basah Secara Permanen? Kami akan membaginya untuk kamu di rumah. Pastikan kamu lihat info tentang Cara Mengatasi Ketiak Basah dan Bau berikut dengan cermat yang dilansir dari laman Livestrong. Karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Langkah 1

Mungkin deodoran membantu mengendalikan bau yang terkait dengan ketiak berkeringat, namun tidak mengurangi atau menghentikan berkeringat. Pastikan produk ketiak Anda adalah antiperspirant, dan  juga deodoran. Antiperspirant menghentikan ketiak berkeringat dengan sementara menghalangi kelenjar keringat di ketiak, yang mendorong tubuh Anda untuk mengurangi atau menghentikan aliran keringat.

Langkah 2

Pastikan Anda menggunakan produk dengan benar. American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan antiperspirant untuk kulit kering – di malam hari. Karena kebanyakan orang berkeringat kurang di malam hari, mengoleskan produk ketiak sebelum tidur memungkinkan bahan aktif menyumbat pori-pori dan menghentikan ketiak berkeringat sebelum Anda bangun di pagi hari. Bahkan jika anda mandi pagi, bahan aktif ini bekerja paling tidak selama 24 jam.

BACA JUGA:  5 Cara Minum Lebih Banyak Air Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Langkah 3

Jika antiperspirant Anda tidak melakukan tugasnya untuk menghentikan keringat, cobalah produk klinis. Jika ini tidak berhasil, tanyakan pada dokter Anda apakah Anda bisa mencoba resep. Ikuti petunjuk penggunaan, karena produk yang lebih kuat ini mungkin dapat menyebabkan iritasi kulit lebih banyak.

Langkah 4

Kenakan pakaian yang terbuat dari serat alami, seperti kapas atau sutra, untuk memperbaiki sirkulasi udara dan menjaga agar kulit tetap kering. Saat berolahraga, pilihlah kain sintetis yang dirancang untuk menghilangkan kelembaban dari kulit Anda dan kurangi keringat dan bau. Juga pertimbangkan untuk menggunakan underwear penyerap atau sweatproof, yang dibuat untuk menyerap keringat.

Langkah 5

Jika Anda masih berkeringat, bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan lain. Teknologi gelombang mikro noninvasif yang relatif baru juga tersedia yang mengatasi penyebab kerusakan kelenjar keringat secara lokal, untuk solusi permanen.

Tips Mengurangi Ketiak Berkeringat

Perhatikan situasi dan kondisi yang membuat Anda berkeringat lebih banyak. Anda mungkin merasa gelisah, panas dan bahkan makanan tertentu memicu keringat Anda. Segera hilangkan penyebab ketiak berkeringat.

Peringatan

Berkeringat berlebihan bisa menjadi masalah frustasi, dan menyebabkan stres dan kecemasan bagi siapa pun yang terkena dampaknya. Mintalah dokter Anda untuk melakukan rujukan ke dokter kulit. Spesialis ini akan mengetahui berbagai pilihan perawatan yang tersedia untuk membantu Anda mengelola kondisi ini.

Itulah Cara Mengatasi Ketiak Basah dan Bau. Sekarang kamu sudah tahu Cara Menghilangkan Ketiak Basah Secara Permanen yang dapat menjadi referensi, disini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…

loading...