Cara Mengatasi Susah Tidur dimalam Hari Secara Alami

Baca disini uraian selengkapnya tentang Cara Mengatasi Susah Tidur dimalam Hari Secara Alami untuk kamu.

Insomnia adalah tidur yang tidak memadai atau berkualitas buruk yang berlangsung antara satu malam sampai beberapa minggu. Tidak ada kriteria formal untuk mendiagnosis insomnia. Insomnia sementara mungkin bisa dikatakan sulit tidur, sulit menahan tidur (sering terbangun), terbangun terlalu pagi, mengalami tidur yang tidak nyenyak, atau kombinasi di atas.

Penyebab Susah Tidur Malam

Insomnia mungkin merupakan masalah utama, atau mungkin terkait dengan kondisi lain.Susah Tidur Insomnia

Insomnia kronis biasanya akibat stres, kejadian hidup atau kebiasaan yang mengganggu tidur. Mengobati penyebabnya bisa mengatasi insomnia, tapi terkadang bisa bertahan bertahun-tahun. berikut ini penyebab insomnia seperti dilansir oleh laman Mayoclinic.

Penyebab umum insomnia kronis meliputi:

  • Tekanan. Kekhawatiran tentang pekerjaan, sekolah, kesehatan, keuangan atau keluarga dapat membuat pikiran Anda tetap aktif di malam hari, sehingga sulit untuk tidur. Kejadian hidup atau trauma yang berat – seperti kematian atau penyakit orang yang dicintai, perceraian, atau kehilangan pekerjaan – juga dapat menyebabkan insomnia.
  • Jadwal perjalanan atau pekerjaan. Ritme sirkadian Anda bertindak sebagai jam internal, membimbing hal-hal seperti siklus tidur-bangun, metabolisme dan suhu tubuh Anda. Mengganggu ritme sirkadian tubuh Anda bisa menyebabkan insomnia.
  • Penyebabnya termasuk jet lag dari bepergian melintasi beberapa zona waktu, bekerja pada shift terlambat atau awal, atau kadang berubah shift.
  • Sedikit tidur. Kebiasaan tidur yang buruk termasuk jadwal tidur yang tidak teratur, tidur siang, merangsang aktivitas sebelum tidur, lingkungan tidur yang tidak nyaman, dan menggunakan tempat tidur Anda untuk bekerja, makan atau menonton TV. Komputer, TV, video game, smartphone atau layar lainnya sesaat sebelum tidur dapat mengganggu siklus tidur Anda.
  • Makan terlalu larut malam. Memiliki camilan ringan sebelum tidur tidak apa-apa, tapi makan terlalu banyak dapat menyebabkan Anda merasa tidak nyaman saat berbaring. Banyak orang juga mengalami mulas, aliran balik asam dan makanan dari perut ke kerongkongan setelah makan, yang mungkin membuat Anda terjaga.
  • Insomnia kronis juga mungkin terkait dengan pengobatan tertentu. Mengobati kondisi medis dapat membantu memperbaiki tidur, namun insomnia tetap ada setelah kondisi medis membaik.

Penyebab umum insomnia tambahan meliputi:

  • Gangguan kesehatan mental. Gangguan kecemasan, seperti gangguan stres pascatrauma, bisa mengganggu tidur Anda. Bangun terlalu dini bisa menjadi pertanda depresi. Insomnia sering juga terjadi pada gangguan kesehatan mental lainnya.
  • Obat-obatan. Banyak resep obat dapat mengganggu tidur, seperti antidepresan tertentu dan obat untuk asma atau tekanan darah. Banyak obat bebas, seperti beberapa obat penghilang rasa sakit, alergi dan obat-obatan dingin, dan produk penurunan berat badan – mengandung kafein dan stimulan lainnya yang dapat mengganggu tidur.
  • Kondisi medis. Contoh kondisi yang terkait dengan insomnia meliputi sakit kronis, kanker, diabetes, penyakit jantung, asma, penyakit refluks gastroesofagus (GERD), tiroid yang terlalu aktif, penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.
  • Gangguan yang berhubungan dengan tidur. Sleep apnea menyebabkan Anda berhenti bernafas secara berkala sepanjang malam, mengganggu tidur Anda. Sindrom kaki gelisah menyebabkan sensasi yang tidak menyenangkan di kaki Anda dan keinginan yang hampir tak tertahankan untuk menggerakkan mereka, yang dapat mencegah Anda tertidur.
  • Kafein, nikotin dan alkohol. Kopi, teh, cola dan minuman berkafein lainnya adalah stimulan. Minumnya di sore atau sore hari bisa membuat Anda tertidur di malam hari. Nikotin dalam produk tembakau merupakan stimulan lain yang bisa mengganggu tidur. Alkohol dapat membantu Anda tertidur, namun mencegah tidur lebih nyenyak dan sering menyebabkan terbangun di tengah malam.
BACA JUGA:  Tips Mengecilkan Perut Buncit dan Paha dengan Cepat

Insomnia dan penuaan

Insomnia menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia. Seiring bertambahnya usia, Anda mungkin mengalami:

  • Perubahan pola tidur. Tidur sering kurang tenang seiring bertambahnya usia, jadi kebisingan atau perubahan lain di lingkungan Anda lebih mungkin membangunkan Anda. Seiring bertambahnya usia, jam internal Anda sering maju, jadi Anda lelah pada malam hari dan bangun pagi-pagi sekali. Tapi orang tua umumnya masih membutuhkan jumlah tidur yang sama seperti yang dilakukan orang muda.
  • Perubahan aktivitas. Anda mungkin kurang aktif secara fisik atau sosial. Kurangnya aktivitas bisa mengganggu tidur nyenyak. Selain itu, semakin tidak aktif Anda, semakin besar kemungkinan Anda tidur siang, yang bisa mengganggu tidur di malam hari.
  • Perubahan kesehatan. Rasa sakit kronis akibat kondisi seperti artritis atau kecemasan bisa mengganggu tidur. Masalah yang meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari – seperti masalah prostat atau kandung kemih – bisa mengganggu tidur. Sleep apnea dan sindrom kaki gelisah menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia.

Buat sobat yang sedang mencari informasi tentang Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang sobat butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang Tips Mengatasi Sulit Tidur.

Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur

Kemudian apa Tips Mengatasi Sulit Tidur? Kami akan membaginya untuk kamu di rumah. Pastikan kamu lihat info tentang Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur berikut dengan cermat yang dilansir dari laman NHS.UK. Karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Perubahan gaya hidup yang sederhana bisa membuat kualitas tidur Anda lebih baik. Saran berikut ini dimaksudkan untuk membantu mengatasi insomnia dan memaksimalkan kemungkinan tidur nyenyak:

1. Jagalah jam tidur biasa

Tidur dan bangun pada waktu yang hampir bersamaan setiap hari akan memprogram tubuh Anda untuk tidur nyenyak. Pilihlah saat ketika Anda cenderung merasa lelah dan mengantuk.

2. Ciptakan lingkungan tidur nyenyak

Kamar tidur Anda harus menjadi tempat yang damai untuk istirahat dan tidur. Suhu, pencahayaan dan kebisingan harus dikontrol sehingga lingkungan kamar tidur Anda membantu Anda jatuh (dan tetap) tidur.

BACA JUGA:  Tips Manfaat Kopi Untuk Kulit Wajah

Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang tidur di kamar bersamamu, pertimbangkan untuk memindahkannya ke tempat lain jika hal itu sering mengganggu Anda di malam hari.

3. Pastikan tempat tidur Anda nyamantempat tidur nyaman

Sulit tidur nyenyak di atas kasur yang terlalu empuk atau terlalu keras, atau tempat tidur yang terlalu kecil atau tua.

4. Berolahraga secara teratur

Latihan moderat secara teratur, seperti berenang atau berjalan kaki, dapat membantu meredakan ketegangan yang terbangun sepanjang hari. Pastikan Anda tidak melakukan olah raga yang kuat, seperti berlari atau berolahraga, terlalu dekat dengan waktu tidur, karena bisa membuat Anda tetap terjaga.

5. Kurangi kafein

Kurangi kafein dalam teh, kopi, minuman energi atau cola, terutama di malam hari. Kafein mengganggu proses tidur, dan juga mencegah tidur nyenyak. Sebagai gantinya, minum minuman susu atau teh herbal yang hangat.

6. Jangan terlalu memanjakan diri

Terlalu banyak makanan atau alkohol, apalagi larut malam, bisa mengganggu pola tidur Anda. Alkohol dapat membantu Anda untuk tertidur pada awalnya, tapi akan mengganggu tidur Anda di kemudian hari di malam hari.

7. Jangan merokok

Nikotin adalah stimulan. Perokok memakan waktu lebih lama untuk tertidur, mereka bangun lebih sering, dan mereka sering tidur lebih terganggu.

8. Cobalah untuk rileks sebelum tidur

Mandi air hangat, dengarkan musik yang tenang atau lakukan beberapa yoga lembut untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Dokter Anda mungkin bisa merekomendasikan CD relaksasi yang bermanfaat.

9. Tuliskan kekhawatiran Anda

Jika Anda cenderung berbaring di ranjang sambil memikirkan segala hal yang harus Anda lakukan besok, sisihkan waktu sebelum tidur untuk membuat rencana keesokan harinya. Tujuannya adalah untuk menghindari melakukan hal-hal ini saat Anda di tempat tidur, mencoba untuk tidur.

10. Jika Anda tidak bisa tidur, bangunlah

Jika Anda tidak bisa tidur, jangan terbaring di sana mengkhawatirkannya. Bangun dan lakukan sesuatu yang Anda rasakan santai sampai Anda merasa mengantuk lagi, lalu kembali tidur.

Jika kurang tidur adalah persisten dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda, buatlah janji bertemu dengan dokter umum Anda.

Itulah Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur. Sekarang kamu sudah tahu Tips Mengatasi Sulit Tidur yang dapat menjadi referensi, disini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…