Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Baca disini artikel selengkapnya tentang Cara Mengatasi Pinggang Saat Muda.

Banyak hamil mengalami nyeri pinggang. Terlebih lagi, kondisi ini menjadi lebih menonjol selama trimester terakhir mereka. Rasa sakit itu sendiri bisa cukup kuat dan memberikan jumlah ketidaknyamanan yang serius. Juga, rasa sakit bisa berpindah dari daerah pinggang sampai ke kaki dan bokong, mengintensifkan dirinya sendiri dengan cara ini. Terkadang, rasa sakit pinggang bisa menjadi mimpi buruk bagi wanita hamil, Anda disarankan mencari bantuan medis untuk mengatasi masalah ini sesegera mungkin.Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Buat anda yang sedang mencari informasi tentang Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil. Kabar baiknya, artikel ini akan memberi info yang anda butuhkan Dan memberikan informasi tentang Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

apa Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda? Pastikan kamu lihat info berikut dengan cermat yang dilansir dari laman babyq.com (20/1/2018). Karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Apakah Sakit Pinggang Normal Selama Kehamilan?

Statistik menunjukkan bahwa antara 50 sampai 80 persen dari semua wanita hamil mengalami beberapa nyeri punggung, mulai dari rasa sakit ringan yang hanya bermanifestasi selama aktivitas tertentu hingga rasa sakit kronis yang lebih parah. Nyeri punggung bawah paling umum terjadi pada bulan kelima sampai bulan ketujuh, tapi bisa dimulai pada awal bulan kedua. Wanita yang memiliki masalah punggung sebelum hamil berisiko tinggi mengalami nyeri punggung bawah, dan wanita ini umumnya mengalami nyeri punggung bawah pada kehamilan mereka sebelumnya.

Apa Penyebab Nyeri Punggung Bawah saat Hamil?

Ada beberapa penjelasan untuk nyeri punggung bagian bawah:

  • Tambahan berat – Sebagai wanita mulai bertambah berat badan, ia memberi tekanan tambahan pada tulang belakangnya, menyebabkan nyeri punggung bagian bawah. Ada juga tekanan tambahan pada tulang belakang saat berat badan bayi bertambah.
  • Pergeseran di pusat gravitasi – Kehamilan mengubah pusat gravitasi Anda, yang mengubah postur tubuh Anda dan cara Anda bergerak. Perubahan ini memberi tekanan pada punggung bagian bawah.
  • Produksi relaxin – Saat seorang wanita hamil, tubuhnya mulai memproduksi hormon yang disebut relaxin. Hormon ini melemaskan ligamen di panggul dan mengendurkan sendi untuk memudahkan kelahiran bayi. Relaxin juga melonggarkan ligamen di tulang belakang, yang menyebabkan tulang belakang menjadi tidak stabil dan ketidakstabilan menyebabkan sakit punggung bagian bawah.
  • Stress – Setiap ketegangan emosional yang dialami wanita akan mempengaruhi otot punggung, menyebabkan mereka mengencangkan dan menjadi menyakitkan.
BACA JUGA:  Manfaat Jahe dan Madu untuk Kesehatan Tubuh

Alasan di balik Sakit Pinggang saat Kehamilan

Salah satu penyebab paling umum untuk masalah ini adalah hormon wanita. Yakni, selama kehamilan, tubuh wanita perlu mempersiapkan persalinan, maka organisme betina melepaskan hormon yang membuat ligamen, sendi, tendon dan otot mereka lebih rileks untuk mengatasi ketegangan melalui persalinan. Sebagai gantinya, jaringan ini memberikan sedikit dukungan ke belakang, menyebabkan nyeri pinggang karena tekanan berlebihan yang ditimbulkannya. Apalagi, rahim seorang wanita tumbuh pada saat ini, untuk mendukung bayi yang baru lahir; Ini menambah berat badan di pinggang kita, menekan saraf, menyebabkan rasa sakit meningkat.

Selanjutnya, wanita hamil mengalami perubahan fisik. Perut mereka tumbuh lebih besar karena ada kehidupan baru berkembang di daerah tersebut dan mereka mengalami kesulitan berjalan. Hal ini menyebabkan postur tubuh buruk yang pasti akan menimbulkan nyeri pinggang.

Akhirnya, kenaikan berat badan secara umum, yang diperkirakan selama kehamilan, memberi penekanan lain pada pinggang, menyebabkan rasa sakit dan ketegangan. Meskipun melahirkan itu luar biasa, wanita seringkali takut akan hal yang tidak diketahui, dan berada di bawah tekanan, menginginkan segala sesuatunya berjalan teratur. Stres ini cenderung membuat otot mereka di daerah pinggang lebih kaku, berkontribusi pada munculnya masalah lain yang terkait dengan bagian tubuh wanita ini.

Bagaimana Cara Wanita Hamil Meringankan Rasa Sakit Pinggang Bagian Bawah?

Jika Anda mulai mengalami nyeri pinggang, pastikan Anda memberi diri Anda sedikit istirahat. Batasi cara berjalan, memanjat, membungkuk dan melakukan tindakan serupa agar tidak menimbulkan rasa sakit pinggang yang memburuk.

  • Mandi hangat bisa terbukti efektif untuk menghilangkan rasa sakit yang menyebalkan ini. Sebagai alternatif, Anda mungkin ingin merawat diri dengan pijat prenatal profesional pribadi. Di sisi lain, selama bulan-bulan awal kehamilan Anda, Anda mungkin ingin berolahraga sedikit, untuk mendapatkan otot pinggang Anda dalam kondisi baik. Akhirnya, belajar bagaimana untuk rileks dan melawan stres.
  • Yoga atau meditasi prenatal dapat membantu dan saat Anda berbaring atau tidur, letakkan bantal di bawah punggung Anda, untuk memberi dukungan tambahan pada pinggul Anda, lepaskan rasa sakit karena terlalu ketat.
  • adalah salah satu cara terbaik untuk mengendalikan peradangan yang terkait dengan nyeri punggung bagian bawah. Anda harus makan lima porsi atau lebih setiap hari buah-buahan dan sayuran seperti brokoli, bayam, wortel, squash, stroberi dan blueberry. Salmon dan tuna, yang mengandung sejumlah besar asam lemak omega-3, juga merupakan pejuang radang yang baik.
  • Kacang-kacangan, seperti kemiri, kenari dan kacang almond juga membantu mengurangi peradangan.
  • Olahraga teratur, seperti latihan berjalan kaki dan air, memperkuat punggung dan mengurangi nyeri punggung selama kehamilan.
  • Jika Anda mengalami linu panggul, nyeri pada kaki yang parah yang mengindikasikan iritasi syaraf, pada akhir kehamilan, steroid epidural adalah pilihan yang mungkin untuk menghilangkan rasa sakit jika terapi fisik gagal. Bicarakan ini dengan dokter Anda.
BACA JUGA:  7 Obat Rumahan untuk Infeksi Saluran Kemih (ISK) Secara Alami

Anda harus berbicara dengan dokter tentang sakit punggung yang mungkin Anda , terutama jika parah, karena ini bisa menjadi kondisi kronis jika tidak diobati dengan benar.

Itulah informasi tentang Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda. Sekarang kamu sudah tahu Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil yang dapat menjadi referensi, disini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk anda sekalian…