Cara Membuat Tape Ketan Hitam yang Enak dan Manis

Baca disini uraian selengkapnya tentang Cara Membuat yang Enak dan Manis untuk sobat sekalian.

Memang banyak orang yang sudah bisa membuat ketan, tetapi untuk yang rasa manis dan lembut, munkgin jarang. Mengapa hal ini terjadi? jika harus dijawab banyak kemungkinan, salah satunya mungkin karena terlalu matang ketannya, kurang peragiannya atau kelebihan air, ragi tidak berkualitas baik, dll. Jadi kita harus teliti dan melakukannya seperti dalam dengan benar, sehingga hasilnya adalah mantap dan enak.Cara Membuat Tape Ketan Hitam

Buat sobat yang sedang mencari informasi tentang Cara Membuat Tape Ketan Hitam. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang sobat butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang Cara Membuat Tape Ketan Hitam yang Enak dan Manis. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Cara Membuat Tape Ketan Hitam terbaru untuk anda:

Kemudian apa Cara Membuat Tape Ketan Hitam yang Enak dan Manis? Kami akan membaginya untuk sobat dirumah. Pastikan sobat Lihat info berikut dengan cermat, karena ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan. Jadi simak artikel ini dengan seksama.

Berikut adalah cara untuk membuat tape ketan hitam yang manis dan lezat

Bahan:

  • 1/2 kilo beras ketan hitam
  • Daun pisang untuk pembungkus secukupnya
  • 2 cangkir air bersih
  • Menggunakan 2 butir ragi untuk membuat tape seperti biasa
  • Dapat menggunakan gula pasir jika ingin rasa manis/ gula halus 3 sendok makan (sesuai selera).

Cara membuat tape ketan hitam:

  1. Pertama-tama, beras ketan hitam dicuci hingga bersih.
  2. Rendam beras ketan hitam pada malam sebelumnya sehingga lebih empuk, karena jenis beras ketan hitam agak keras.
  3. Jika selesai direndam, pada hari berikutnya, ambil dan iriskan.
  4. Setelah selesai dikeringkan sampai kesat, kukus beras ketan hitam menjadi setengah matang. Jika Anda ingin lebih cepat dan mudah, dapat dimasak terlebih dahulu dengan sedikit air, hanya setelah agak matang beras ketan hitam kemudian diangkat dan dikukus.
  5. Sementara beras ketan dikukus, mempersiapkan sebanyak 2 cangkir air panas.
  6. Pada saat beras ketan yang dikukus sudah mengepulkan uap panas, siram dengan air panas 2 gelas (posisi kukusan tetap berada di atas kompor), sambil diaduk-aduk semua ketan terkena air panas merata. Terus mengukus sampai beras ketan matang.
  7. Jika telah matang, angkat beras ketan, memasukkannya ke dalam sebuah nampan atau tampah besar, dan kemudian diratakan. Membiarkan beras ketan yang sudah diratakan di nampan tadi sudah benar-benar menjadi dingin. Sambil menunggu beras untuk didinginkan, haluskan raginya.
  8. Ambil wadah agak besar, beri alas daun pisang rapi/menutupi seluruh permukaan wadah. Setelah diberi alas daun pisang, masukkan lapisan pertama beras ketan, ratakan dengan baik, kemudian taburi diatasnya dengan ragi yang telah hancur sampai rata. Bisa juga Gula halus yang ditambahkan secukupnya (opsional).
  9. Menambahkan lapisan kedua beras ketan, taburi ragi di atas lagi dan gula halus. Lakukan proses ini berlangsung sampai ketiga, keempat, atau sampai bahan-bahan yang digunakan habis.
  10. Tambahkan daun pisang untuk penutup permukaan tape ketan yang Anda buat dengan baik dan benar-benar rapat sekali (bisa menggunakan 2 lapisan daun pisang atau digabungkan dengan kain serbet bersih).
  11. Tutup kembali wadah dengan tutupnya sampai rapat, kemudian didiamkan selama 3 hari 2 malam. Tempatkan wadah tape ketan di tempat yang hangat.
  12. Jika sudah 3 hari 2 malam, tetapi ketan baru dapat dibuka. Jangan pernah dibuka sebelum waktunya karena proses fermentasinya bisa terganggu. Jika hanya mencium baunya dari luar tidak apa-apa, dan kalau tidak sampai 3 hari, bau atau aroma sudah kuat, tape ketan boleh dibuka dan disajikan.
BACA JUGA:  Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Panggang Agar Mengembang dan Lembut Ekonomis

bagaimana cara membuat tape ketan hitam memang agak hati-hati supaya hasilnya manis, gurih, dan tidak asam. rasa lezat dimakan dengan es puter, es campur atau langsung dimakan.

Itulah Cara Membuat Tape Ketan Hitam yang Enak dan Manis. Sekarang sobat sudah tahu Cara Membuat Tape Ketan Hitam yang dapat menjadi referensi, disini sobat bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…

Selain Cara Membuat Tape Ketan Hitam, kami memiliki banyak lagi info terbaik untuk Anda. Di sini, Anda dapat menemukan artikel dari banyak kategori yang berbeda, seperti resep, tips kesehatan kecantikan, teknologi dan banyak lagi.