Cara Membuat Minyak VCO Murni dengan Fermentasi Secara Tradisional

Baca disini artikel selengkapnya tentang Cara Membuat Murni dengan Fermentasi Secara .

Virgin Coconut Oil dianggap terbaik di antara semua minyak kelapa yang tersedia. Alasannya jelas, ini adalah yang paling murni dari semuanya dan dengan demikian menjaga semua manfaat kelapa.Cara Membuat Minyak VCO
nenek moyang kita telah membuat Virgin Coconut Oil selama ratusan dan ribuan tahun. Hanya saja di dunia sekarang ini kata “virgin oil” nampaknya sangat canggih – tapi jika Anda artinya, itu berarti murni.

Ada beberapa metode yang tersedia untuk membuat Virgin Coconut Oil di rumah. Metode fermentasi adalah salah satu yang paling umum dan mudah.

Buat anda yang sedang mencari informasi tentang Cara Membuat Minyak VCO. Kabar baiknya, artikel ini akan memberi info yang anda butuhkan Dan memberikan informasi tentang Cara Membuat Minyak VCO Murni dengan Fermentasi Secara Tradisional.

Cara Membuat Minyak VCO

apa Cara Membuat Minyak VCO Murni dengan Fermentasi Secara Tradisional? Pastikan kamu lihat info berikut dengan cermat yang dilansir dari laman thesuperfoods.net. Karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat Virgin Coconut Oil

santan segar, panci / wadah untuk menyimpan santan / minyak.

Proses pembuatan Virgin Coconut Oil di rumah

Anda Pasti Sudah tahu cara pembuatan santan segar di rumah. Cara terbaik adalah menggunakan santan buatan sendiri jangan gunakan santan dalam kemasan instan. Jadi, siapkan santan kelapa dulu dengan menggunakan kelapa muda yang segar memastikan bahwa kelapa tidak memiliki jamur di dalamnya.

  1. Langkah selanjutnya adalah menjaga agar santan segar bisa difermentasi. Anda perlu menyimpan santan kelapa selama 24-48 jam. Cara terbaik adalah menjaga suhu antara 30-40 C untuk hasil terbaik untuk fermentasi. Jika Anda melakukan ini dalam cuaca dingin, pastikan Anda memanaskan sedikit santan dalam oven
  2. Yang selanjutnya terjadi adalah saat hasil fermentasi, air mengendap di bagian bawah sementara dadih mulai terbentuk di bagian atas. Lapisan tipis minyak kelapa terbentuk di antara keduanya.
  3. Beberapa langkah selanjutnya adalah memisahkan minyak dari air dan dadih. Ini adalah bagian yang sulit. Ada beberapa metode untuk ini, beberapa canggih dan beberapa sederhana namun panjang. Saya lebih memilih orang sederhana karena saya tidak memiliki peralatan untuk melakukan yang canggih.
  4. Ini melibatkan pembekuan campuran yang lengkap untuk mengatakan 3-4 jam sampai pembekuan minyak dan dadih. Bila ini terjadi kita bisa memisahkan air dari campuran. Hal ini karena sementara dadih dan minyak mengeras dengan mudah air membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan itu.
  5. Sekarang ketika kita selesai dengan air kita ditinggalkan dengan dadih dan minyak. langkah selanjutnya adalah mengeluarkan dadih. Sekarang kita perlu memanaskan campuran yang tersisa dalam wajan sedikit (40-70 C) selama 10-15 menit. Ini memiliki dua tujuan – menghilangkan atau menahan uap air dari panci dan juga memisahkan dadih dari minyak.
  6. Saat panci didinginkan, minyak dan beberapa padatan akan tertinggal. Kita bisa menggunakan kain katun tipis untuk memisahkan minyak dalam toples. Cara menggunakan kain katun tipis adalah meletakkannya di atas toples dan meletakkan campuran di atasnya dan kemudian membiarkannya sedikit mengering dan kemudian meremas untuk mendapatkan semua minyak.
  7. Jika Anda melakukan ini di cuaca dingin, jangan sampai mendinginkan panci dan mulailah proses di atas saat campuran masih panas lagi. Minyak akan mengeras.
BACA JUGA:  Resep Lasagna Panggang Keju Enak Banget

Selamat, Anda telah membuat Virgin Coconut Oil Anda sendiri! Dari ukuran standar kelapa Anda bisa membuat 3-5 sendok makan menjadi minyak tersebut. Anda bisa mulai sedikit demi sedikit dan kemudian menggunakan beberapa kelapa untuk mengulangi prosesnya.

Perlu anda tahu sungguh menakjubkan rasanya mencium aroma dan merasakan minyak yang Anda buat sendiri!

Itulah informasi tentang Cara Membuat Minyak VCO Murni dengan Fermentasi Secara Tradisional. Sekarang kamu sudah tahu Cara Membuat Minyak VCO yang dapat menjadi referensi, disini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk anda sekalian…