Apa Itu Penyakit Kista dan Penyebabnya

Baca disini artikel selengkapnya tentang Apa Itu dan Penyebabnya.

Kista adalah kantung-seperti kantong membran jaringan yang berisi cairan, udara, atau zat-zat lain. Kista dapat tumbuh hampir di mana saja di tubuh anda atau di bawah kulit anda.Ada berbagai jenis kista. Sebagian besar kista bersifat jinak, atau bukan kanker.Apa Itu Penyakit Kista

kebutuhan pengobatan kista tergantung pada sejumlah faktor, termasuk:

  • jenis kista
  • lokasi kista
  • jika kista ini menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan
  • apakah kista yang terinfeksi

Jika anda tidak yakin dari apa yang anda sendiri kondisi kulit ini, anda dapat mengambil gambar dan mengirimkannya ke dokter kulit.

Buat anda yang sedang mencari informasi tentang Apa Itu Penyakit Kista. Kabar baiknya, artikel ini akan memberi info yang anda butuhkan Dan memberikan informasi tentang Apa Itu Penyakit Kista dan Penyebabnya.

Apa Itu Penyakit Kista

apa Apa Itu Penyakit Kista dan Penyebabnya? Pastikan kamu lihat info berikut dengan cermat yang dilansir dari laman healthline. Karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Kista dapat muncul sebagai benjolan pada kulit anda. Hal ini juga mungkin merasa seperti benjolan kecil jika tumbuh di bawah kulit anda.

Beberapa kista yang tumbuh di dalam tubuh anda di mana anda tidak bisa merasakan mereka. Namun, mereka dapat menyebabkan atau berhubungan dengan gejala-gejala lainnya. Misalnya, kista ovarium, seperti orang-orang yang hasil dari sindrom ovarium polikistik (PCOS), dapat menyebabkan masalah dengan ovarium dan fungsi reproduksi. Penyakit ginjal polikistik (PKD), yang menyebabkan kista terbentuk di ginjal, yang dapat mempengaruhi fungsi ginjal.

Kista biasanya tumbuh perlahan-lahan dan memiliki permukaan halus. Mereka dapat menjadi sangat kecil atau sangat besar. Kebanyakan kista tidak menyakitkan. Mereka biasanya tidak menyebabkan masalah kecuali mereka:

  • terinfeksi
  • sangat besar
  • menimpa pada saraf atau pembuluh darah
  • tumbuh di daerah yang sensitif
  • mempengaruhi fungsi organ

munculnya kista?

Kista form untuk alasan yang berbeda. Mereka dapat disebabkan oleh:

  • infeksi
  • mewarisi penyakit
  • peradangan kronis
  • penyumbatan di saluran

Penyebab pasti tergantung pada jenis kista.

Jenis kista

Ada ratusan jenis kista. Mereka dapat tumbuh hampir di mana saja di tubuh anda. Beberapa kista terjadi sebagai bagian dari kondisi lain, seperti PCOS atau PKD. Beberapa jenis yang lebih umum dari kista meliputi:

BACA JUGA:  Manfaat Minum Air Jahe Setiap Hari untuk Kesehatan

Kista Epidermoid

Ini adalah kecil, jinak benjolan yang penuh dengan protein keratin. Jika anda memiliki trauma di sekitar folikel rambut di dalam kulit, kista epidermoid dapat terjadi. Jika bagian dari lapisan atas kulit disebut epidermis, tumbuh lebih dalam, bukan bergerak ke luar ke permukaan untuk akhirnya bisa menumpahkan off, epidermoid kista akan memiliki kesempatan untuk membentuk.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kista epidermoid dapat disebabkan oleh kondisi warisan yang disebut gardner’s syndrome.

Kista sebasea

Kista Sebaceous yang sering terbentuk di dalam kelenjar sebaceous. Kelenjar ini merupakan bagian dari kulit dan folikel rambut. Pecah atau diblokir kelenjar sebaceous yang dapat menyebabkan kista sebaceous. Kelenjar Sebaceous yang membuat oil untuk kulit dan rambut. Kista Sebaceous isi dengan sebum dan yang kurang umum dari kista epidermoid.

Kista Ganglion

Ini kista jinak biasanya terbentuk di daerah sendi pergelangan tangan anda atau tangan. Namun, mereka juga dapat mengembangkan pada kaki atau daerah pergelangan kaki. Alasan mereka bentuk tidak dikenal.

Kista Ganglion cenderung terjadi sepanjang selubung tendon dekat sendi. Mereka lebih umum pada wanita dari pada laki-laki.

Kista ovarium

Kista ovarium sering terbentuk ketika folikel yang biasanya melepaskan sel telur tidak terbuka. Hal ini menyebabkan cairan untuk membangun dan membentuk kista.

Jenis lain yang umum dari kista ovarium terjadi setelah folikel melepaskan telur dan benar recloses dan mengumpulkan cairan. Kista ovarium yang paling sering terjadi pada wanita usia menstruasi. Mereka biasanya ditemukan pada panggul ujian.

Kista ovarium yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker ketika mereka terjadi setelah menopause.

Kista payudara

kista jinak dapat berkembang pada payudara anda ketika cairan terkumpul di dekat kelenjar payudara. Mereka umumnya terjadi pada wanita di usia 30-an dan 40-an. Mereka dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri di daerah yang terkena.

Chalazia

kista Chalazia jinak yang terjadi pada kelopak mata anda ketika kelenjar minyak, saluran diblokir. Kista ini dapat menyebabkan nyeri, penglihatan kabur, dan pembengkakan yang menyakitkan. Jika mereka terlalu besar, mereka dapat menyebabkan masalah penglihatan.

BACA JUGA:  Tips Mengecilkan Perut Buncit dan Paha dengan Cepat

Kista Pilonidal

Kista ini terbentuk di dekat bagian atas, bagian tengah bokong. Mereka biasanya diisi dengan puing-puing kulit, minyak tubuh, rambut, dan hal-hal lain.

Pilonidal kista lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita. Mereka dapat berkembang ketika kehilangan rambut yang tertanam di kulit anda. Menurut Mayo Clinic, penyakit infeksi pada kista ini dapat meningkatkan risiko jenis kanker kulit yang disebut karsinoma sel skuamosa. Mengetahui tanda-tanda untuk berbagai jenis kanker kulit untuk mengobati lebih dini.

Kunjungi dokter anda

Jadwalkan janji dengan dokter anda jika kista menjadi sangat menyakitkan atau merah. Ini bisa menjadi tanda pecah atau infeksi.

Dokter harus memeriksa kista bahkan jika hal ini tidak menyebabkan rasa sakit atau masalah lain. Pertumbuhan Abnormal dapat menjadi tanda kanker. Dokter anda mungkin ingin mengambil sampel jaringan untuk pengujian.

Cara Mengobati kista

Perawatan di rumah

Dalam beberapa kasus, kista pergi pada mereka sendiri. Menempatkan kompres hangat pada kista dapat mempercepat proses penyembuhan dengan membantu tiriskan.

Anda harus tidak pernah mencoba untuk memeras atau memecahkan kista anda sendiri. Hal ini dapat menyebabkan infeksi.

Perawatan medis

Metode umum pengobatan untuk kista meliputi:

  • Dokter anda dapat mengalirkan cairan dan benda lain dari kista menggunakan jarum.
  • Dokter anda dapat memberikan obat-obatan, seperti kortikosteroid injeksi, untuk mengurangi peradangan pada kista.
  • Dokter anda dapat melakukan pembedahan untuk menghilangkan kista. Hal ini dapat dilakukan jika pengeringan tidak bekerja atau jika anda memiliki internal kista yang sulit dijangkau dan memerlukan pengobatan.

Itulah informasi tentang Apa Itu Penyakit Kista dan Penyebabnya. Sekarang kamu sudah tahu Apa Itu Penyakit Kista yang dapat menjadi referensi, disini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk anda sekalian…