10 Pria Warga Rohingya dibantai Militer, Polisi dan Warga Budha

Baca berita selengkapnya tentang 10 Pria Warga dibantai Militer, Polisi dan Warga Budha disini.

Dalam beberapa tahun terakhir, ketegangan sektarian telah meningkat dan pemerintah telah menempatkan lebih dari 100.000 orang Rohingya di kamp-kamp dimana makanan, obat-obatan dan pendidikan terbatas.

10 Pria Warga Rohingya dibantai Militer, Polisi dan Warga Budha
Foto: -RAKHINE/EVENTS Handout via REUTERS

10 Pria Warga Rohingya dibantai

Reuters menguraikan apa yang terjadi di Inn Din, yang menyebabkan pembunuhan terhadap 10 pria rohingya, delapan pria dan dua siswa SMA menengah atas berusia belasan tahun.

Sepuluh orang Muslim Rohingya ditangkap oleh tentara Myanmar sebelum dibantai.

Sampai saat ini, kisah kekerasan terhadap etnis Rohingya di negara bagian Rakhine hanya diceritakan oleh korban. Rekonstruksi Reuters menguraikan wawancara pertama kali dengan warga Buddha yang mengaku membakar rumah Rohingya, mengubur mayat dan membunuh orang-orang Muslim.

BACA JUGA:  Pesawat TransAsia Jatuh di Sungai Taiwan, 9 Orang Tewas

Untuk pertama kalinya pasukan tentara dan polisi paramiliter terkait dengan kesaksian dari petugas keamanan sendiri. Anggota polisi paramiliter memberikan deskripsi operasi untuk mengusir warga Rohingya di Inn Din, memastikan peran militer utama dalam tindakan tersebut.

Ke-10 keluarga korban, yang sekarang tinggal di kamp pengungsi Bangladesh, mengidentifikasi korban dari foto Reuters. Mereka adalah nelayan, penjaga toko, dua siswa remaja, dan seorang guru agama .

Tiga foto diperoleh Reuters dari seorang sesepuh desa beragama Budha, merekam saat pembantaian di Inn Din. Mulai dari penangkapan orang Rohingya oleh tentara pada 1 September pagi, sampai eksekusi tepat pukul 10 pagi keesokan harinya, 2 September. Dua foto, satu diambil pada hari pertama, yang lainnya pada hari pembunuhan. Menampilkan 10 pria berlutut berturut-turut. Foto terakhir menunjukkan mayat berdarah itu menumpuk di kuburan dangkal.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Sering Dihasut di Istana

Investigasi Reuters terhadap pembantaian Inn Din menyebabkan penangkapan dua wartawan Wa Lone dan Kyaw Soe Oo. Keduanya ditangkap pada 12 Desember dengan tuduhan mendapatkan dokumen rahasia yang berkaitan dengan Rakhine.

Sumber: Cnnindonesia.com

Follow Kami: