Ventilasi Rumah yang Baik dan Benar agar Sehat dan Sejuk

Baca disini uraian selengkapnya tentang Ventilasi Rumah yang Baik dan Benar agar Sehat dan Sejuk untuk sobat sekalian.

Memang ada beberapa cara mudah untuk membuat ruangan menjadi nyaman untuk di negara tropis seperti Indonesia. Misalnya penggunaan Air Conditioning (AC) atau kipas angin di langit-langit rumah adalah solusi tercepat dan termudah saat ini, tetapi itu adalah jalan keluar membutuhkan perawatan dan biaya listrik, tidak termasuk masalah lingkungan yang timbul sebagai terjadinya pemanasan global (pemanasan global).

Menurut para ahli, penyebab kamar itu panas adalah kurangnya ventilasi atau hasil dari jumlah minimal ventilasi, sehingga tidak terjadi pertukaran udara. Ini adalah penyebab suhu ruangan itu panas.

Air masuk dari satu jendela, akan dialirkan langsung atau diarahkan keluar jendela yang lainnya, begitu udara yang baru akan masuk, dan seterusnya. Jadi, tanpa ada AC kamar masih terasa dingin. Selain hal-hal lain yang perlu kita perhatikan yang merupakan jendela ukuran besaratau kecil harus sesuai dengan ukuran kamar. Kamar memiliki ukuran besar adalah pasti membutuhkan ventilasi yang besar juga.

Buat sobat yang sedang mencari informasi tentang Ventilasi Rumah yang Baik. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang sobat butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang Ventilasi Rumah yang Baik dan Benar agar Sehat dan Sejuk. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Tips Ventilasi Rumah yang Baik terbaru untuk anda:

Kemudian apa Ventilasi Rumah yang Baik dan Benar agar Sehat dan Sejuk? Kami akan membaginya untuk sobat dirumah. Pastikan sobat Lihat info berikut dengan cermat, karena ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan. Jadi simak artikel ini dengan seksama.

Baca Juga:  Cara Meredam Suara dalam Rumah Mudah

Ventilasi rumah yang baik harus memenuhi syarat-syarat berikut ini:

1. luas lubang ventilasi tetap (permanen) sekurang-kurangnya 5% dari luas lantai kamar dan ventilasi insidentil yaitu ventilasi dapat dibuka dan ditutup sekurang-kurangnya 5% dari luas lantai, jadi luas ventilasi permanen dan isedentil adalah 10% dari luas lantai ruang.
2. udara yang masuk ke udara kamar harus bersih, tidak tercemar oleh asap dari sampah. pabrik, knalpot, debu dan lain-lain.
3. aliran udara diatur mengalir secara cross ventilation dengan menempatkan lubang yang menghadapi satu sama lain antara dua tembok ruang

Seperti disebutkan dalam hal ventilasi di atas. Sistem ventilasi silang menempatkan dua jendela yang menghadapi satu sama lain dalam satu ruangan. Sistem ini memungkinkan ventilasi udara dapat mengalir dari dalam ke luar, dan sebaliknya, tanpa harus mengendapkanya terlebih dahulu di dalam ruangan.

ventilasi-rumah-yang-baik-dan-benar

Udara masuk dari satu jendela, akan dialirkan langsung atau diarahkan keluar jendela yang di hadapannya, begitu udara yang baru akan masuk, seterusnya. Jadi, bahkan tanpa ada AC kamar masih terasa dingin.

Apa manfaat atau tujuan ventilasi?

Menurut beberapa sumber, manfaat atau tujuan ventilasi
1. Menghilangkan gas yang ditimbulkan oleh keringat atau gas dari hasil pengeluaran (CO2) yang dikeluarkan dalam proses respirasi
2. Menghilangkan uap air yang timbul selama memasak, mandi dan seterusnya.
3. Menghilangkan panas yang berlebihan di dalam ruangan
4. membantu mendapatkan kenyamanan dalam kamar

Baca Juga:  16 Cara Agar Rumah Jadi Sejuk dan Nyaman Tanpa AC

Kurangnya ventilasi yang baik dalam jumlah dan lebar ventilasi yang tidak sesuai dengan persyaratan kesehatan ini dapat menyebabkan pertumbuhan mikroorganisme yang terus berkembang sehingga dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan manusia…

Menurut pedoman Permenkes tahun 2011. Bahwa upaya penyehatan udara dalam ruangan rumah dapat dilakukan oleh penerapan pengaturan pertukaran udara, antara lain:

1. rumah seharusnya dilengkapi dengan ventilasi, minimal 10% dari luas lantai dengan menggunakan sistem ventilasi silang/cross ventilation
2. untuk rumah yang menggunakan AC (Air Condition) perawatan AC perlu dilakukan secara teratur sesuai dengan manual pemeliharaan, dan harus melakukan perubahan udara dengan membuka jendela yang setidaknya di pagi hari secara teratur
3. Gunakan exhaust Fan
4. mengatur tata letak kamar

Itulah Ventilasi Rumah yang Baik dan Benar agar Sehat dan Sejuk. Sekarang sobat sudah tahu Ventilasi Rumah yang Baik yang dapat menjadi referensi, disini sobat bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…

Selain Ventilasi Rumah yang Baik, kami memiliki banyak lagi info terbaik untuk Anda. Di sini, Anda dapat menemukan artikel dari banyak kategori yang berbeda, seperti resep, tips kesehatan kecantikan, teknologi dan banyak lagi.

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)