Tak Ada Korban AirAsia QZ8501 Ditemukan Lagi Setelah Sepekan

Sudah hampir seminggu, tim SAR gabungan tidak lagi dapat menemukan, apalagi mengevakuasi korban tragedi Pesawat AirAsia QZ 8501 yang jatuh di Selat Karimata, Pangkala Bun, Kalimantan Tengah.

tim sar evakuasi korban pesawat airasia QZ8501
tim sar evakuasi pesawat airasia QZ8501

Tak Ada Korban AirAsia QZ8501 Ditemukan

Terakhir kali tim SAR gabungan berhasil menemukan dan mengevakuasi jenazah pasangan suami istri warga negara Korea Selatan, Seong Beom Park dan istrinya Kyung Hwa Lee Jumat, 9 Januari 2015 lalu.

Kedua jasad ditemukan di dasar laut, dalam kondisi masih terikat di dua kursi penumpang.

Jasad keduanya ditemukan dan dievakuasi tim penyelam yang tengah berusaha mencari badan AirAsia di sekitar lokasi ditemukannya ekor AirAsia.

Kondisi ini akan membuat keluarga Korban Airasia was-was, karena hingga hari ini, Rabu 14 Januari 2015, masih terdapat 114 orang penumpang dan kru pesawat yang belum jelas nasib dan keberadaannya.

Baca Juga:  Ekor Pesawat AirAsia QZ8501 Ditemukan

Dalam keterangan persnya, Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal FHB Soelistyo terlihat kehilangan kepercayaan dengan kondisi ini.

Bahkan, ia menyampaikan, kemungkinan hanya 50 persen dari 114 orang yang bisa ditemukan tim SAR gabungan dalam pencarian berikutnya.

“Mudah-mudahan yang 50 persen semua korban ditemukan,” kata Soelistyo di Surabaya, Selasa, 13 Januari 2015 kemarin.

Soelistyo mengatakan Basarnas menjalani operasi dilakukan sesuai standar. Meskipun demikian, kondisi di wilayah jatuhnya pesawat itu mempengaruhi operasi.

Cuaca buruk, gelombang tinggi dan arus laut yang kuat menjadi penghalang dan bahaya bagi tim SAR.

Juga, lamanya waktu pencarian memungkinkan tubuh korban rusak bahkan juga hilang. “Saya juga telah sampaikan kepada keluarga, agar keluarga korban memahami realita,” kata Soelistyo.

Baca Juga:  Alternatif Raja Ampat di 2015

Soelistyo mengungkapkan, Basarnas akan terus mencari bahkan suatu hari operasi penyelamatan Airasia resmi berhenti. “Tetapi, keluarga jangan berprasangka buruk dulu. Saya dan tim tetap akan mencari korban, melalui operasi harian,” katanya.

Soelistyo berjanji, ia dan seluruh unsur SAR akan berusaha sekuat tenaga menemukan korban dalam keadaan apapun

(viva.co.id)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Menyukai situs ini? Silakan share :)