Sistem Mina Tani Sleman Bikin Heboh Dunia Maya

Beberapa minggu terakhir dunia maya digegerkan aksi Frans Hero Making (52), penyuluh perikanan lapangan di Ngemplak, Yogyakarta, yang membuat mina padi atau tanaman padi yang disampingnya banyak ikan.

mina tani sleman
mina tani sleman

Sistem Mina Tani Sleman Bikin Heboh

Frans adalah orang yang mengembangkan mina tani yang fotonya tersebar melalui dunia maya, membuat netizen begitu heboh. Frans telah dikunjungi Watimpres Adi Sri Ningsih dan Sidarta Danu Subroto mengatakan awal dimana dia bisa membuat program yang cukup unik tersebut. Mina tani dikembangkan sejak tahun 1993, seusai mendapatkan pelatihan di Sukamandi, Jawa Barat.

Setelah itu ia mengembangkan mina padi di beberapa lokasi di Yogyakarta. “Untuk di Ngemplak sebenarnya sudah lama, dan saya tidak tahu di internet ramai, padahal saya tidak bisa internet,” katanya di Dero, Pakem, Kabupaten Sleman.

Dia menceritakan kisah, pertama mendapatkan cemoohan dari masyarakat. Jadi, ini belum pernah dicoba. Tetapi berkat kegigihannya berhasil membuktikan. Tahun 2012 ia mencoba di Ngemplak, setelah sebelumnya di daerah Cangkringan. “Tahun 2012 saya coba di sana dengan lahan 3.000 meter persegi, hasilnya bisa mendapatkan kenaikan 25 persen,” katanya.

Baca Juga:  Ekor Pesawat AirAsia QZ8501 Tidak Langsung Diangkat

Dia jelaskan, keuntungan yang diperoleh dengan menerapkan sistem ini adalah Pemanenan ikan nila dua kali selama masa pertanaman padi. “Seharusnya bisa ditanam sayuran agar bisa bertambah banyak hasilnya,” jelasnya.

Saat ini, Frans dan kelompok pertaniannya mengembangkan mina tani dengan udang galah. “Semoga hasilnya lebih baik dari Nila,” katanya.

Ketua Dewan Penasehat Presiden (Watimpres) Sri Adiningsih mengklaim terkesan dengan sistem diterapkan frans. “Gara-gara mina padi di Ngemplak, Sleman muncul di Youtube, Facebook, WhatsApp, BBM, gambarnya luar biasa cantik. Kalau ini kita jadikan gerakan bersama, program ini bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan berdikari yang kita cita-citakan bisa tercapai,” katanya.

Baca Juga:  Kasus UPS, Haji Lulung: Terserah Penyidik

Ditambahkan Sidarto Danu Subroto, dia salut dengan Frans. Meskipun tidak asli Sleman, tetapi dapat mengembangkan mina tani. Dia berharap bisa dikembangkan secara nasional, sehingga Indonesia dapat meneruskan swasembada. “Sudah saya sampaikan kepada bapak presiden, beliau antusias sekali, dan jika dilakukan secara nasional, saya yakin bisa swasembada beras,” katanya

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)