SBY Serukan Merapat ke PDIP, Dukung Pilkada Langsung

Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, Partai Golkar mengingkari kesepakatan bersama dalam mendukung Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perpu) Pemilihan Kepala Daerah Langsung. SBY menyebut Golkar melanggar nota perjanjian yang disepakati saat Partai Demokrat hendak bergabung dengan Koalisi Merah Putih dalam kepemimpinan parlemen.

SBY tolak perppu pilkada
SBY dukung pilkada langsung

SBY Serukan Dukung Pilkada Langsung

“Waktu itu Partai Demokrat bersedia bersama Koalisi Merah Putih dalam kepemimpinan DPR dan MPR, dgn syarat (mutlak) KMP harus menyetujui dan mendukung Perppu. Kini, secara sepihak Partai Golkar menolak Perppu, berarti mengingkari kesepakatan yang telah dibuat. Bagi saya hal begini amat prinsip,” tulis SBY di akun Twitter-nya @SBYudhoyono, pada Kamis malam, 4 Desember 2014.

Baca Juga:  Harga Motor Trail GTX 150 Rp. 15 Juta

Dengan perubahan sikap Golkar ini, SBY menyerukan agar pimpinan partainya mulai bergerak lebih dekat ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Koalisi Indonesia Hebat agar Perppu Pilkada tidak berubah. “Bagi saya, politik juga tentang kebenaran. Politik akan indah jika para pelakunya sungguh memegang etika dan juga bisa dipercaya,” kata SBY.

Selama 60 menit, Presiden mencuit sebanyak 15 pernyataan soal sikapnya terhadap Perppu Pilkada langsung. SBY memposisikan dirinya sebagai mantan presiden yang mengeluarkan kebijakan tersebut dan sebagi Ketua Umum Demokrat.

Baca Juga:  Pesan Keluarga Korban Adam Air Pada Keluarga Korban AirAsia

Ketika menuliskan pendapatnya, SBY mengakui memegang MOU 6 partai politik tanggal 1 Oktober. Nota tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Gerindra, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan.

“Nota Kesepakatan ini saya terima tgl 1 Oktober 2014 sore hari di Jakarta, sebelum dilaksanakan pemilihan Pimpinan DPR RI,” kata SBY. Demokrat, kata SBY, tidak akan berkoordinasi dengan pihak yang tak konsisten dan ingkar janji seperti Golkar.

Please follow and like us:

Satu tanggapan untuk “SBY Serukan Merapat ke PDIP, Dukung Pilkada Langsung

Tinggalkan Balasan

Menyukai situs ini? Silakan share :)