Resep Martabak Telur Spesial Lezat

Martabak telur lezat. Salah satu makanan dan camilan yang sangat populer di Indonesia dan bisa ditemukan di hampir semua wilayah negara kita. Ya, kita dengan mudah menemukan Penjual martabak manis, Martabak telur dan martabak mini.

Bahkan saat ini, beberasa resep berasal dari masakan satu ini, seperti resep martabak telur tahu dan martabak mie ada. kunci cara membuat martabak yang lezat disamping isinya adalah cara untuk membuat kulit. Tentu saja, hal ini juga penting, seperti daging cincang, daun bawang dan banyak lagi.

martabak telur

kunci untuk membuat resep martabak telur yang enak dan lezat dalam cara pengolahan dan bahan bahan yang digunakan. Tidak seperti martabak manis yang hanya memerlukan adonan, selain kulit martabak telur yang berkualitas baik, cara membuat martabak telur yang juga perlu adonan isi yang mantap.

Secara umum, Penjual martabak yang umumnya kita temui menggunakan cincang daging dan berbagai bahan lainnya untuk bumbu isiannya. Selain itu, mereka biasanya menggunakan telur bebek untuk campuran isian untuk kulit martabak, tapi jika mau, telur bebek dapat digantikan dengan telur ayam, hanya perlu telur lebih karena perbedaan ukuran.

Mungkin anda menganggap dapat dengan mudah membeli di Penjual martabak telur dekat ke rumah, mengapa repot-repot membuatnya sendiri. Membuat super sibuk teman mungkin memang benar, tetapi ketika teman memiliki sedikit waktu mengapa kita tidak belajar bagaimana untuk membuat makanan Anda sendiri di rumah?

Selain lebih berhemat, kita bisa mendapatkan sedikit kreatif dengan resep telur martabak yang kami akan berikan, seperti menambahkan potongan jamur, mengganti daging cincang dengan makanan laut, ayam atau lebih tergantung selera. Tapi untuk saat ini, kami akan membuat telur sederhana martabak dengan daging cincang.

Baca Juga:  Resep Sup Ayam Bening Enak dan Mudah Spesial

Bahan Kulit Martabak

-100 g tepung terigu

-Air matang secukupnya

-2 sendok makan telur dipukuli longgar (diambil dari telur ke adonan isi)

-1 sendok makan meleleh margarin/minyak

-Garam secukupnya

Bahan Isi Martabak:

-300 gram daging sapi

-6 butir telur

– 6 sendok makan bawang bonbay, iris

-4 bawang putih, haluskan

-4 batang daun bawang, iris

-1 batang daun bawang, iris (dicampur pasa ketika menumis daging sapi)

-1 sendok teh kari powde

– merica secukupnya

-Garam secukupnya

Saos Martabak:

-2 sendok makan air

-2 sendok makan kecap

-1 sendok makan saus tomat

-1 sendok makan cabai saus botol (dapat diganti irisan cabe hijau)

-1 sendok teh air asam

-Garam dan gula secukupnya (sesuai selera)

Cara membuat kulit martabak:

  1. Campurkan tepung, garam, telur dan minyak, maka tambahan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan menjadi kalis.
  2. Setelah itu, membagi adonan menjadi 2 bagian, bulat dan rendam dengan minyak goreng.
  3. Biarkan selama 1-2 jam. Adonan pertama selama 1 jam harus tenggelam semua ke dalam minyak goreng, dan selama satu jam berikutnya angkat adonan masih terlumuri dengan minyak dan tempatkan dalam wadah dan tutup dengan kain atau serbet.

Cara Membuat Isi Martabak:

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, kemudian masukkan daging sapi, kari bubuk, lada, irisan 1 tangkai daun bawang dan garam.
  2. Kemudian aduk-aduk sampai daging dimasak dan air yang keluar daging sapi menyusut. Angkat dan sisihkan, dibagi menjadi 2 bagian.
  3. Setelah itu kocok 4 telur (sebelumnya sudah diambil 2 sendok makan untuk mencampur adonan kulit), membuat orak-arik setengah matang. Sisihkan dan dibagi menjadi 2 bagian.
Baca Juga:  Resep Gulai Sapi Lezat dan Nikmat

Cara Membuat Martabak:

  1. Mengambil 1 Potong adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan di bawah jempol melingkar arah sehingga adonan menjadi agak melebar. Pegang kedua ujung adonan, berubah dari sisi kiri ke kanan, kembali ke tempat semula lagi dan lagi berulang sehingga adonan menjadi tipis.
  2. Kemudian mengisi dengan 1 telur kocok, daging sapi, orak-arik telur, iris hijau bawang, garam dan merica, kemudian aduk-aduk hingga rata.
  3. Kulit adonan kedua, kerjakan dengan cara yang sama dengan adonan kulit pertama, serta untuk isinya.
  4. Setelah itu Panaskan minyak dalam wajan ceper agak besar, masukkan adonan kulit yang telah ditipiskan. Isi tengahnya dengan isi dari adonan, lipat tepi menuju tengah, sampai kulit tertutup, goreng sampai selesai.
  5. Angkat dan sajikan saat hangat.

Cara Membuat Saus Martabak:

Campur semua bahan saus menjadi satu

Jadi itulah resep martabak Spesial. Selamat mencoba di rumah dan sajikan martabak telur lezat sebagai hidangan untuk keluarga.

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)