Resep Lidah Kucing Enak dan Renyah

Resep Lidah Kucing renyah – lidah kucing adalah kue yang diadaptasi dari Belanda, nama ‘kattetong’ yang secara harfiah berarti lidah kucing. Kue ini memiliki penampilan panjang dengan lebar bervariasi, umumnya tidak mencapai ketebalan kue 2 cm.

Cara membuat kue lidah kucing sebenarnya cukup mudah, banyak ibu yang mengeluh karena kue lidah kucing hasil buatannya gagal. Ada yang gosong, tidak matang, keras, dan hancur ketika diangkat dari loyang. Jadi Anda perlu tahu bahwa sebelum membuat lidah kucing, Anda harus tahu tingkat kematangan kue.

kue lidah kucing

Resep Lidah Kucing Enak renyah

Bahan Resep Lidah Kucing

siapkan bahan-bahan wajib dalam campuran untuk menghasilkan kue lidah kucing. Untuk semua merek bahan dapat menggunakan merk apapun asalkan bahan serta kebutuhan tidak dikurangi ya.

 

160 gram tepung rendah protein
50 gram gula halus (diayak)
200 g margarin
10 g bubuk susu
100 gram tepung gula
5 putih telur

Cara membuat Resep Lidah Kucing

  1. Aduk margarin sampai lembut. Kemudian masukkan 50 gram tepung gula. Aduk lagi sampai benar-benar lembut, sekitar 10 menit.
    Tambahkan tepung dan susu bubuk sambil diayak secara bertahap. Aduk dan sisihkan.
  2. Kocok putih telur sampai setengah mengembang. Tambahkan tepung gula sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai adonan mengembang. Menggunakan sendok untuk mengambil 1sdm putih telur ke adonan tepung secara perlahan sambil mengaduk-aduk.
  3. Ambil kantong segitiga dan masukkan adonan. Gunting ujungnya, semprot lidah kucing dalam loyang yang sebelumnya telah dioles margarin.
  4. masukkan ke dalam oven. Panggang selama 15 menit dengan suhu 140 derajat Celcius.
Baca Juga:  Resep Soto Betawi Paling Enak dengan Santan

Itulah cara mudah dan sederhana untuk membuat resep kue lidah kucing garing. Yah, ternyata yang sederhana juga. Oh ya, ada tips untuk semua penggemar kue lidah kucing sehingga hasil enak dan seperti yang kita harapkan

Tips membuat Resep Lidah Kucing renyah

  • Tidak memanggang kue terlalu panas, untuk memanggang kue lidah kucing, gunakan panas rendah pada oven. Besar api akan mengakibatkan kue menjadi kering dan gosong di tepi kue. Sementara bagian tengah kue tentu masih basah dan tidak renyah seperti kita harapkan.
  • Menggunakan loyang yang tepat – penggunaan yang tepat loyang kue terbuat dari aluminium. Bahan-bahan ini biasanya sangat baik menyerap panas dari api dan agar kue tetap stabil dibandingkan dengan loyang terbuat dari besi.
  • Selalu mengoleskan margarin pada loyang – jangan disepelekan juga ya. Karena itu sangat berpengaruh dalam proses akhirnya. Tentunya kita tidak ingin hasil kue yang ternyata menjadi menempel dan sulit untuk dilepaskan dari loyangnya.
  • Penggunaan pencungkil kue, kue lidah kucing sangat tipis dan lebar, sehingga setelah mengeluarkan dari loyang, ada kemungkinan untuk menjadi rapuh karena tipis. Setelah matang dan keluar dari oven, biarkan lidah kucing kue selama 15-20 menit sampai hilang uap panasnya.
Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)