Resep Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam Kental Spesial

Berikut ini uraian selengkapnya mengenai Resep Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam Kental Spesial untuk sobat sekalian. buat sobat yang ingin membuat sendiri dirumah. Selain enak, bubur ini juga kaya nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh loh sob. 

bubur kacang ijo spesial
bubur kacang ijo spesial

Sudah pasti sobat sudah tahu bubur ini menggunakan kacang hijau sebagai bahan dalam campuran dan dengan santan dan gula dan daun pandan, yang umumnya digunakan untuk menambah aroma bubur kacang ijo itu sendiri.

Perlu sobat ketahui kalau Kacang hijau sangat populer di daerah tropis, di mana banyak kacang hijau memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari kita, salah satu manfaat dari kacang hijau yang digunakan sebagai sumber makanan penting karena protein nabati kacang hijau sangat tinggi yang baik untuk tubuh kita, untuk kacang hijau Indonesia sendiri sekarang di peringkat ketiga konsumsi setelah kedelai dan kacang sebagai makanan tanaman kacang-kacangan.

Benih kacang hijau adalah bagian yang paling bernilai ekonomis, dimana biasanya orang membuat biji kacang hijau sebagai bubur yang disebut bubur kacang ijo, kacang hijau selain juga sering digunakan sebagai isi dari bakpao atau onde onde, sementara untuk kecambah kacang hijau, taoge dapat digunakan sebagai sayuran, bukan hanya itu , kacang hijau dapat juga dapat diolah menjadi tepung untuk membuat mie atau kemudian di biasa dikenal sebagai mie soun.

Jika berbicara tentang kacang hijau tidak dapat lepas dari bubur kacang ijo, dimana bubur kacang hijau memiliki rasa khas tersendiri, dengan kandungan protein nabati yang tinggi jadi bubur kacang hijau baik untuk Kesehatan, baik untuk anak maupun dewasa, selain pembuatan bubur kacang ijo yang mudah, cara yang digunakan dalam pembuatan bubur kacang ijo juga sangat sederhana loh sob.

Hal yang penting yaitu Proses perendaman dan mendidihkan kacang hijau sehingga menjadi bubur yang lembut dan lezat Spesial memerlukan waktu yang cukup lama. Benar-benar tidak sebanding dengan waktu untuk memakan bubur lezat karena hampir tidak perlu dikunyah. kombinasi jahe dan kacang hijau aroma pandannya benar-benar melekat dan tahan lama di mulut.

Baca Juga:  Resep Ikan Acar Kuning Timun Wortel Enak tanpa Santan

Buat sobat yang sedang mencari informasi tentang wasap. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang sobat butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang 123. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Resep Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam terbaru untuk anda:

Jadi apa yang harus sobat lakukan? banyak orang mmbuat bubur kacang ijo dengan cara berbeda-beda. Ada beberapa hal yang harus sobat ketahui tentang bahan dan cara membuat bubur kacang ijo dengan  benar sehingga hasilnya enak dan spesial seperti yang diinginkan.

Kemudian apa Resep Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam Kental Spesial? Kami akan membaginya untuk sobat dirumah. pastikan sobat Lihat info berikut dengan cermat. Karena ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan. Jadi Pastikan sobat menyimak artikel ini dengan seksama.

Bahan Resep Bubur Kacang Ijo

Bahan-bahan yang sobat butuhkan yaitu:

  • 600 ml santan kelapa kental
  • 400 g kacang hijau
  • 600 g gula/gula merah
  • 3 lembar daun pandan
  • 1,5 sdt garam dapur
  • 3,5 liter air bersih

Bahan bubur ketan hitam:

150 Gr. beras ketan hitam, direndam semalam
1 liter air
100 gr gula
¼ sdt garam
1 sdm tepung tapioka, larut dengan sedikit air

Cara membuat Resep Bubur Kacang Ijo

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yaitu dengan mencuci Kacang hijau dengan air, membuang semua sampah, termasuk kacang hijau yang mengapung karena mengapung kacang hijau yang berarti rusak dan tidak enak bila diolah.
  2. Selanjutnya rebus Kacang hijau dengan 2,5 lt air, diamkan sampai kacang hijau dimasak, hingga lembut dan halus.
  3. Rebus gula dengan 500 ml air sampai larut dan mencair, dan kemudian di saring dan kemudian menuangkan gula ke dalam kacang hijau yang telah direbus tadi.
  4. Setelah itu masukkan garam dan daun pandan, kemudian biarkan hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, tuangkan santan kelapa kental, aduk aduk perlahan agar santan tidak pecah.
  6. Angkat dan bubur kacang hijau siap disajikan.

Tips:

beberapa tips penting yang dapat sobat lakukan supaya bubur kacang ijo enak:

  • Jika merendam biji kacang hijau sebelum dimasak dengan menggunakan air hangat, dibutuhkan 2-3 jam. Sedangkan perendaman dengan suhu kamar menggunakan air biasa memakan waktu 6-8 jam.
  • Kacang hijau yang mengapung ketika direndam kualitas tidak terlalu baik. Untuk hasil yang lebih baik menggunakan kacang hijau yang tidak mengambang.
  • Cara memasak kacang hijau yang sehat adalah dengan tidak menambahkan santan saat memasak. Jika Anda ingin menambahkan santan, pilih santan yang sudah diencerkan.
  • Dapat dikombinasikan dengan bubur ketan hitam untuk mendapatkan variasi rasa.
Baca Juga:  Resep Bakso Sapi Kuah Kenyal Alami dan Enak Spesial

Cara Membuat Bubur ketan hitam: hitam beras ketan kukus selama sekitar setengah jam sampai setengah matang. Kemudian tambahkan air, direbus sampai dimasak di atas api sedang sambil diaduk kadang-kadang. Aduk gula dan garam dan kemudian didihkan terus menjadi bubur. Tambahkan tepung tapioka sudah dibubarkan kemudian aduk. Sisihkan.

Apakah sobat sudah ingin langsung membuat bubur kacang ijo? pastikan sobat membuatnya dengan cara yang kami berikan supaya tidak kesulitan.

Sekarang sobat sudah mengetahui cara membuat bubur kacang ijo, sobat sudah siap untuk mencoba dirumah? atau bahkan mungkin sobat mempunyai kreasi sendiri dalam membuat kacang ijo untuk keluarga di rumah.

Itulah 123. Sekarang sobat sudah tahu wasap yang dapat menjadi referensi, disini sobat bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…

Selain 123, kami memiliki banyak lagi info terbaik untuk Anda. Di sini, Anda dapat menemukan artikel dari banyak kategori yang berbeda, seperti resep, tips kesehatan kecantikan, teknologi dan banyak lagi.

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)