Raja Arab Saudi Bagikan Uang Rp. 419 Triliun ke Rakyatnya

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud merayakan pengangkatan dirinya sebagai penguasa baru dari Arab Saudi dengan membagi-bagikan uang.

Raja Arab Saudi Bagikan Uang Rp. 419 Triliun untuk Rakyatnya

Pangeran Arab Saudi yang baru Raja Salman
Pangeran Arab Saudi yang baru Raja Salman (AFP)

Tidak tanggung-tanggung jawab, uang sebanyak 21 milyar Poundsterling, atau sekitar Rp 419 triliun bagikan ke seluruh pegawai (dalam bentuk dua bulan gaji), tentara, mahasiswa, dan pensiunan.

“Rakyatku yang tercinta, kalian berhak mendapatkan lebih dan apa pun yang saya lakukan, saya tidak akan bisa memberi hak yang layak kalian dapatkan,” menulis raja, melalui akun Twitter-nya.

Sebagai contoh, anggaran untuk program infrastruktur dalam APBN tahun 2015 di Indonesia adalah Rp 290 triliun, masih jauh di bawah “uang terima kasih” negara kaya minyak ini.

Baca Juga:  Kecepatan Pesawat Air Asia QZ8501 Terlalu Pelan Menjelang Hilang?

Warga negara Saudi bahagia mengatakan akan menghabiskan uang untuk liburan, jam tangan mewah, smartphone. Beberapa orang juga dikabarkan untuk menggunakan uang untuk menikah lagi.

“Saatnya berpesta di Arab Saudi,” kata John Sfakianakis, Direktur di Timur Tengah di perusahaan investasi Ashmore Group.

Sejumlah perusahaan swasta juga dilaporkan membagi-bagikan bonus uang tunai kepada karyawan.

Raja Salman diangkat setelah kakak tirinya Abdullah meninggal pada usia 90 tahun. Sama juga dilakukan ketika Abdullah menjadi raja pada tahun 2005. Pada waktu itu, ia adalah menaikkan gaji PNS sebesar 15 persen dan bonus satu kali gaji yang diberikan ketika sembuh dari penyakit di 2011.

Baca Juga:  Jokowi didesak Copot Abraham Samad dari KPK

Pengamat mengatakan dengan kejatuhan harga minyak, kemudian tradisi kerajaan raja Arab, itu akan menjadi semakin sulit dilakukan.

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)