Pesawat TransAsia Jatuh di Sungai Taiwan, 9 Orang Tewas

Setidaknya sembilan orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan pesawat TransAsia di sungai Taipei, Taiwan, pesawat turboprop ATR-72-600 sempat menyenggol jalan raya. pesawat berputar-putar di atas jalan tol dekat Bandara.

pesawat transasia jatuh ke sungai
pesawat transasia jatuh ke sungai – Xinhua

Reuters mengutip sumber media lokal mengatakan pesawat itu membawa 58 orang jatuh di dekat sungai di Taipei pada hari Rabu (4/2).

Sebelumnya, pemerintah Taiwan mengatakan setidaknya dua orang tewas dalam insiden, sementara badan penerbangan sipil mengatakan jumlah korban 16 telah dievakuasi.

58 di dalam pesawat, sebanyak 30 orang dilaporkan para wisatawan dari daratan Cina.

Juli lalu, 48 orang tewas saat pesawat TransAsia jatuh dekat landasan ketika berusaha mendarat di Pulau Penghu, Taiwan Barat, menyusul topan yang menerjang sehari sebelumnya.

Korban Selamat Kecelakaan TransAsia Berenang ke Tepi Sungai

Gambar dramatis diambil oleh pengendara dan diposting di Twitter menunjukkan pesawat mengitari di atas jalan tol dekat Bandara segera setelah pesawat jenis turboprop ATR 72-600 itu lepas landas.

Cuaca terlihat cerah ketika pesawat lepas landas.

Tayangan televisi menunjukkan penumpang selamat mengenakan rompi pelampung ke tepi sungai.

Petugas penyelamatan darurat di perahu karet berkerumun di sekitar bagian terendam pesawat, mencoba untuk membantu orang-orang yang masih di dalam pesawat.

Otoritas penerbangan Taiwan melaporkan bahwa 11 orang telah diselamatkan, yang berarti kondisi sebanyak 33 orang lain masih belum diketahui.

Baca Juga:  Thailand Sudah Pesan Pesawat N219 Buatan Indonesia

Gambar televisi lokal juga menunjukkan beberapa kerusakan jembatan di sungai, dengan serpihan pesawat kecil yang tersebar di sepanjang jalan.

TransAsia merupakan maskapai penerbangan terbesar ketiga Taiwan. Salah satu pesawat jenis ATR 72-500 jatuh saat berusaha mendarat dipulau Penghu tahun lalu, menewaskan 48 dari 58 penumpang dan awak kapal.

Pesawat yang jatuh hari ini adalah yang pertama dari jenis baru ATR 72-600, model terbaru pesawat turboprop, yang dibeli oleh TransAsia pada tahun 2014.

Ini memiliki 72 tempat duduk dan terutama digunakan untuk menghubungkan ibu kota Taiwan, Taipei, ke kota-kota kecil.

Maskapai ini juga mengoperasikan pesawat TransAsia Airbus A320 dan A330 pada penerbangan domestik dan internasional.

ATR diproduksi di Prancis pada kerjasama antara Airbus dan Alenia Aermacchi, anak perusahaan Finmeccanica dari Italia. (cnnindonesia)

Kronologi Kecelakaan Pesawat TransAsia ke Sungai Taiwan

TransAsia Airways jatuh ke sungai di Taipei, Taiwan hari ini. Mungkin jatuh ke dalam sungai, sebelum pesawat turboprop ATR-72-600 sempat menyenggol jalan raya.

Seorang saksi mata mengatakan seperti yang dilaporkan oleh media Taiwan, CNA, pada hari Rabu (4/2/2015), pesawat miring hampir 90 derajat dan terbang rendah, sebelum menabrak di jalan Raya dan jatuh ke dalam sungai.

Baca Juga:  Awak Kabin Pesawat AirAsia Bernyanyi ketika Turbulensi

Selama kejadian, taksi yang bergerak di jalan tampaknya berusaha untuk mengelak agar tidak terkena badan pesawat. Media Xinhua menerbitkan foto sebelum jatuhnya pesawat ke sungai.
Saat ini penyelamat tengah berusaha mengeluarkan penumpang masih terjebak di dalam pesawat. Saat kejadian, pesawat kecil tersebut mengangkut 58 orang.

Rekaman televisi lokal menunjukkan penyelamat tengah berdiri atas bagian patahan besar pesawat, untuk mencoba untuk mengeluarkan para penumpang dengan menggunakan tali. Mereka yang selamat termasuk dua anak, kemudian ditempatkan dalam perahu-perahu dan dibawa ke tepi sungai untuk diangkut ke rumah sakit. Sejumlah orang juga harus ditandu sebelum itu dibawa ke rumah sakit.

Insiden terjadi sebelum 11.00 waktu setempat, atau beberapa menit setelah pesawat lepas landas dari Bandara Songshan Taipei, saat perjalanan ke Pulau Kinmen. (detik)

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)