Pesan Cinta Kenji Goto, Jurnalis Jepang yang Dieksekusi ISIS

Kelompok teroris militan yang menamakan diri negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang mengaku telah mengeksekusi wartawan Kenji Goto, Jepang. Laki-laki berusia 47 tahun dipenggal ISIS meskipun Jepang masih sedang bernegosiasi.

jurnalis jepang kenji goto
jurnalis jepang kenji goto

Pesan Cinta Kenji Goto Jurnalis Jepang

Namun, tweet ditulis Kenji Goto menjadi terkenal setelah kematiannya. tweet berisi pesan cinta memperlihatkan sosok Goto yang humanis, ramah, dan bisa berteman dengan siapa saja. Dalam tweet berbahasa Jepang yang ditulis pada 7 September 2010 silam, terlihat sosok Kenji Goto juga kontemplatif dan penyabar.

“Tutup mata Anda dan tetaplah sabar. Sekali Anda merasakan amarah dan membentak, maka (kesabaran) itu berakhir. Ini seperti berdoa. Membenci bukan perilaku manusia, menghakimi adalah wilayah Tuhan. Itulah yang diajarkan saudara Arab saya,” tulis Kenji Goto.

[email protected] Tweet Cinta dan Toleransi Kenji Goto
Hingga Selasa (3/2/2015) pagi, tweet itu sudah di-retweet lebih dari 22.000 kali. Tweet yang ditulis Goto di Suriah telah menjadi favorit lebih dari 24.000 kali.

Baca Juga:  KPK Mengatakan Boediono Sudah Menjadi Tersangka Kasus Century

Account Twitter telah menegaskan itu milik Goto, berdasarkan informasi dari Toshi Maeda, sahabat Goto. Selama ini, Kenji Goto disebut menggunakan aplikasi video ponsel yang dikembangkan oleh perusahaan yang dipimpin oleh Maeda.

Sementara di Suriah, Kenji Goto banyak meng-upload laporan video ke akun YouTube. Apa yang diunggah di YouTube kemudian juga di-share oleh Goto di akun Twitter-nya. Beberapa video yang diambil Goto terfokus laporan tentang nasib anak-anak di Sierra Leone, Afghanistan, Irak dan Suriah.

Kenji Goto telah kembali ke Jepang, tetapi kembali ke Suriah setelah menerima berita bahwa temannya, Haruna Yukawa di Suriah, diculik ISIS. Pada waktu itu, Goto berusaha menyelamatkan sahabatnya yang hilang sejak musim panas tahun lalu.

Yukawa menjadi korban dari kebiadaban Isis. Tragisnya, Kenji Goto menjadi “kurir” yang mengabarkan kematian Yukawa dalam video yang dirilis oleh ISIS. Dalam video itu, Goto terlihat memegang sebuah foto jasad Haruna Yukawa.

Baca Juga:  Basarnas Siapkan 7 Lifting Bag Untuk Angkat Main Body AirAsia

ISIS kemudian meng-upload video ke internet, menampilkan eksekusi Kenji Goto, tak lama setelah kematian Yukawa.

Meski begitu, Kenji Goto meninggalkan “warisan” berharga, pesan kasih dan toleransi, yang didapatnya selama berada di Suriah. Kenji Goto seperti ingin menyampaikan hikmah bahwa apa yang dilakukan ISIS bukanlah cerminan perilaku bangsa Arab atau umat Islam.(kompas)

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)