Monumen “Berhala” Jayandaru Sidoarjo Dibongkar

Monumen Jayandaru di alun-alun Sidoarjo yang diprotes sejumlah organisasi Islam yang akhirnya dibongkar. Rabu (25/2/2015), sejumlah pekerja terlihat Pembongkaran beton penahan sembilan patung manusia pada monumen.

Monumen Jayandaru Sidoarjo Dibongkar

Monumen Jayandaru Sidoarjo Dibongkar
Monumen Jayandaru Sidoarjo Dibongkar (kompas)

Setelah lantai penahan dibongkar, patung-patung manusia sempurna akan diangkat dengan alat-alat berat untuk memindahkan dari posisinya. “Informasinya akan dipindah ke kawasan lapangan golf milik PT Sekar Laut di Kecamatan Pandaan, Pasuruan,” kata Ulum, salah satu pekerja, mengatakan pada Kompas.com.

Pembongkaran lantai penahan patung, kata dia, bersama dengan lima rekan Ulum sejak seminggu yang lalu. “Selebihnya, saya kurang paham. Kami hanya disuruh membongkar lantai penahan patung saja,” katanya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Jangan Jadi Pemberi Harapan Palsu

Monumen Jayandaru dibangun dengan dana CSR perusahaan pengolah hasil laut, PT Sekar Laut Sidoarjo, mengundang polemik. Organisasi Islam lokal menilai patung melanggar norma-norma agama dan tidak relevan dengan budaya banyak warga Sidoarjo yang penuh pesantren. Patung menggambarkan profesi Sidoarjo sebagai petani, pedagang dan nelayan, itu dianggap “berhala”.

Protes, kalangan seniman di Sidoarjo mengaku prihatin. Mereka menilai protes membelenggu ekspresi warga sidoarjo diungkapkan melalui karya seni. Kalangan seniman balik menuding organisasi Islam terlalu sempit untuk menafsirkan ajaran agama tentang patung. (kompas)

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)