Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat tomat untuk kesehatan. Tomat, termasuk jenis buah-buahan dan sayuran yang memiliki banyak nutrisi, jadi tidak heran, manfaat dari tomat sangat berpengaruh bagi tubuh kita. kali ini kami akan membahas tentang manfaat tomat untuk tubuh kita.

manfaat tomat untuk kesehatan
manfaat tomat untuk kesehatan

Tomat adalah buah yang pertama kali ditemukan di Amerika Selatan. Tanaman tomat masih kerabat Terong, kentang dan paprika. Di Indonesia tomat sangat populer, biasa digunakan sebagai bahan utama dalam sambal dengan cabai. Selain itu tomat biasa dijadikan bumbu dapur ternyata tomat juga dapat dimakan secara langsung.

Manfaat tomat untuk kesehatan

1. Melancarkan saluran pencernaan

Bagi Anda yang sedang melakukan diet atau mungkin sedang mengalami masalah sembelit, tomat bisa menjadi solusi untuk Anda. Tomat mengandung serat yang dapat membantu usus mencerna makanan yang sulit untuk cerna.

2. mencegah kanker

Tomat mengandung antioksidan yang sangat berguna dalam mencegah pertumbuhan kanker, seperti kanker usus besar, kanker prostat, kanker tenggorokan, kanker lambung dan kanker ovarium. Bagi Anda yang mengalami gejala kanker sangat disarankan untuk mengkonsumsi tomat setiap hari, karena tomat bisa membunuh sel-sel kanker dalam tubuh.

3. Menajamkan penglihatan

Tomat mengandung vitamin A, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, hal ini tentunya momen yang sangat bagus untuk menajamkan pengelihatan mata terhadap benda-benda di sekitar kita.

4. mencegah diabetes secara alami

Dalam tomat buah mengandung zat kromium, Kromium sangat bermanfaat sekali dalam penurunan kadar gula darah, sehingga lebih stabil dan kami akan menghindari bahaya diabetes. Dalam hal ini Anda dapat mengkonsumsi buah tomat mentah.

Baca Juga:  Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

5. Mengobati demam

Buah tomat juga mampu mengobati penyakit demam, caranya Anda bersihkan dengan mencuci buah tomat, potong-potong buah tomat, kemudian lumatkan dalam setengah segelas air dan aduk dengan sendok makan madu, peras air kemudian Anda minum 3 kali sehari.

6. mengobati wasir

Buah tomat rebus dalam minyak kelapa selama 10 menit, lalu saring dengan kain, air ini tidak dapat digunakan untuk mengobati wasir tapi digunakan dengan cara mengoleskan kebagian tubuh yang sakit wasir.

 

Manfaat tomat untuk Kecantikan

1. mengatasi jerawat yang membandel

Untuk mengatasi masalah jerawat dengan tomat ada 2 cara serta dari dalam dan luar. Anda harus melakukan keduanya, cara dari dalam harus makan buah mentah tomat setiap hari. cara kedua, mengolesi kulit berjerawat dan diamkan sekitar 20 menit kemudian Anda bilas dengan air bersih, lakukan setiap hari, maka Anda akan melihat hasilnya.

2. menyehatkan rambut dan kulit kepala

Buah tomat juga dapat digunakan untuk perawatan rambut. bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok, rambut kering, rambut berminyak atau ketombe, mungkin Anda harus mencoba cara ini. Cara yang Anda dapat langsung mengkonsimnya dan memblender buah tomat sampai halus, kemudian aduk rata dengan madu campuran, menggunakan untuk kondisioner, menunggu beberapa menit dan kemudian bilas dengan air bersih. lakukan secara teratur sekali seminggu.

Baca Juga:  Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. melindungi kulit wajah dari sinar matahari

Tomat berisi likopen, likopen fungsi mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet matahari.

4. membantu diet

Tomat mengandung kalori begitu kecil, sehingga tomat sering digunakan sebagai menu makan dengan orang-orang yang menjalani diet, Anda juga dapat mencoba, terutama tomat anggur.

5. Mengecilkan dan mengencangkan pori-pori wajah

Tomat juga dapat menghaluskan kulit wajah dengan mengecilkan dan mengencangkan pori-pori wajah. Caranya mudah, blender tomat sampai halus kemudian campur sedikit air dan digunakan untuk masker sambil dipijat selama sekitar 15 menit, bilas dengan air bersih.

6. Mencerahkan kulit

Tomat mengandung vitamin C dalam jumlah besar, bisa digunakan untuk mencerahkan kulit. Kuncinya cukup mudah dengan menggosokan tomat yang telah dipotong kewajah Anda, lakukan setiap hari selama seminggu dan rasakan hasilnya.

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)