Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jeruk nipis dalam hal Kesehatan, jeruk nipis adalah buah yang berkhasiat yang sering digunakan dalam ramuan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Termasuk sakit tenggorokan, masalah kencing, batuk, amandel, sembelit dan banyak lagi. Sementara bidang Kecantikan, air jeruk nipis adalah sering digunakan sebagan bahan untuk produk kosmetik.

Manfaat Jeruk Nipis
Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Secara umum, buah jeruk kaya vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Dalam kandungan 100 g jeruk nipis, ada 51 kalori, protein 0.9 g, karbohidrat 0.2 g, lemak 11.4 g, 0,5 gram, mineral kalsium 33 mg mg 23, fosfor, besi 0.4 mg dan asam askorbat 49 mg.

Menghilangkan jerawat

Untuk membuat jus jeruk nipis, air jeruk nipis Campurkan dengan air dingin dan minum setiap hari. Sementara itu, Anda juga dapat mengobati jerawat dengan jeruk nipis diterapkan di wajah. Caranya, semprotkan perasan jeruk nipis di atas kapas, kemudian oleskan pada wajah. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Merawat kulit wajah

Caranya adalah dengan mengusapkan air perasan jeruk nipis di wajah, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas muka Anda dengan air sampai bersih. Cara ini dapat membuat kulit wajah Anda menjadi lebih bersih, halus, putih dan juga dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori pada kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Jika Anda ingin membuat kulit wajah Anda menjadi lentur dan bersih juga, yang dapat Anda lakukan adalah untuk mencampur jus jeruk nipis dengan putih telur dan oleskan pada wajah. Setelah mengering air jeruk nipis dan putih telur, segera bilas dengan air hangat sampai bersih.

Memutihkan kulit wajah

Jeruk nipis dan kunyit ramuan ini umumnya digunakan untuk memutihkan kulit wajah. Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah 1 sdm bubuk kunyit, susu 1 sdm bubuk dan 100 ml air perasan jeruk nipis. Caranya, campur semua bahan, kemudian oleskan pada wajah merata sampai ke leher. Biarkan kering selama sekitar 20 menit. Setelah itu, cuci dengan air hangat. Dan berakhir dengan bilas air dingin.

Merawat kesehatan rambut

Jeruk nipis juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut dan untuk mengatasi beberapa masalah seperti rambut kulit kepala berminyak, rambut rontok, ketombe dan rambut susah diatur. Caranya sangat sederhana, hanya dengan mencuci rambut dengan air hangat yang telah dicampur dengan air jeruk nipis. Setelah itu, biarkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih (disarankan untuk menggunakan sampo).

Baca Juga:  Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Gigi dan Mulut

Menghilangkan bau badan

bau badan memang sangat mengganggu, tetapi jangan khawatir karena jeruk nipis digunakan untuk mendapatkan lebih dari itu, dengan cara sebagai berikut: memotong bagian jeruk nipsi menjadi 2 potongan-potongan besar, olesi bagian dalam jeruk nipis dengan kapur sirih, kemudian oleskan pada ketiak Anda setelah mandi dan diamkan untuk 5 menit lalu bilas dengan air.

 

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Selain memiliki kandungan yang tinggi vitamin c, lemon juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), Minyak Atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamper, KADIN, gerani-lasetat, lasetat, aktilaldehid-linali, nildehid) damar, glikosida, lemon asam, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin B1 dan c.

Baik untuk Diet

Jeruk nipis manis yang rendah kalori, di mana bahan ini merupakan bahan yang sempurna untuk diet rendah lemak. Misalnya, jika Anda mengkonsumsi sekitar 3.5 Oz manis jeruk nipis, maka Anda hanya akan menambah 43 kalori bagi tubuh. Selain itu, jeruk nipis manis ini juga rendah kandungan protein, sehingga Anda mungkin perlu menambahkan unsur protein untuk diet. Untuk semua alasan ini, jeruk nipis manis adalah pilihan terbaik bagi mereka yang ingin untuk tumpukan lemaknnya cepat terkikis.

Melancarkan pencernaan

jeruk nipis memiliki flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam dan cairan pencernaan. Semua itu sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Kandungan flavonoid akan menetralkan asam pencernaan, pengeluaran racun dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi jus jeruk nipis manis akan juga menenangkan perut ketika Anda menderita mual, muntah, atau diare.

Sumber vitamin

Buah jeruk kaya vitamin C yang membantu untuk dengan mudah memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam bentuk alami. Seorang pria dewasa memerlukan 90 miligram vitamin c per hari dan wanita dewasa kira-kira 75 miligram. Seperti setiap porsi jeruk manis mengandung setidaknya 50 miligram Vitamin C, Anda tidak perlu khawatir tentang kebutuhan vitamin c setiap hari ketika Anda menambahkan jeruk nipis manis pada menu sehari-hari.

Sumber daya mineral

jeruk nipis sangat kaya akan mineral yang memiliki kandungan potasium tinggi sekitar 490 miligran dalam satu porsi. Selain kalium, jeruk nipis manis juga menyediakan isi dari tembaga, kalsium, besi dan fosfor. Semua kandungan mineral yang memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Mengatasi sembelit

Buah jeruk dianggap terbaik untuk menghilangkan racun dari saluran pencernaan dan membantu membersihkan. Oleh karena itu, minum jeruk nipis akan membantu untuk memberikan pengobatan untuk masalah sembelit. Rasa manis jeruk nipis mengandung serat yang penting untuk mencegah sembelit. Cara terbaik untuk minum jus lemon dengan menambahkan sedikit garam ke dalam jus.

Baca Juga:  Negara Dengan Pola Makan Terburuk

Mengobati penyakit kuning

Jeruk nipis manis telah digunakan sebagai obat alami yang efektif untuk mengobati penyakit kuning. Hal ini karena kandungan hara dalam buah ini membantu dalam meningkatkan fungsi hati dan diyakini memiliki efek mengurangi demam dan sakit kuning.

Mengatasi masalah kencing

Dengan kandungan tinggi kalium dalam air jeruk nipis dapat membantu membilas racun dari ginjal dan kandung kemih. Oleh karena itu, minum jeruk nipis ini sangat efektif dalam menyembuhkan infeksi kandung kemih.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Secara teratur mengkonsumsi jeruk nipis dapat meningkatkan fungsi jantung dan akhirnya membuat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga tubuh menjadi sehat. Di samping itu, kandungan vitamin C dalam buah juga memberikan kesehatan pada sistem kekebalan tubuh.

Mengobati batuk

Jika Anda menderita dengan batuk, segera mencari jeruk karena jeruk nipis adalah salah satu obat paling manjur batuk, persiapkan air hangat kemudian memeras satu buah jeruk nipis dicampur dengan sendok makan kecap atau madu kemudian memberikan sedikit garam, aduk sampai merata dan saring. Jangan lupa untuk minum 2 – 3 kali sehari untuk meringankan batuk Anda.

Mengobati Amandel

Anda tidak akan tahu bahwa amandel penyakit dapat disembuhkan dengan jeruk nipis. cuci 3 jeruk nipis dengan air bersih, potong menjadi potongan-potongan kecil dan kemudian direbus dengan 2 cangkir air mendidih sampai yang tersisa 3/4 dan saring, dalam keadaan yang hangat gunakan air untuk berkumur, lakukan 3 – 4 kali sehari.

Mencegah kanker

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang juga tinggi pada air jeruk nipis dapat mencegah kanker dalam tubuh. Setiap hari Anda berada pada risiko terkena kanker, apakah itu memiliki kulit kanker atau kanker lainnya. Dengan mengkonsumsi lemon, Anda dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kanker.

Mengobati masalah tenggorokan

Manfaat lain dari jeruk nipis yang dapat menyelesaikan masalah tenggorokan. sangat ampuh untuk meringankan sakit tenggorokan dan pemecahan masalah dalam mulut lainnya, misalnya, sariawan, bau mulut, dan bengkak atau pendarahan gusi. jeruk nipis dapat memenuhi kebutuhan vitamin c dalam tubuh.

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)