Kisah Komjen Pol Badrodin Haiti Hingga jadi Calon Kapolri

Komjen Pol Badrodin Haiti dilahirkan di desa Paleran, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember, 24 Juli 1958 yang lalu. Namun, tidak menyangka bila calon tunggal Kapolri itu ternyata pernah tinggal di sebuah rumah kontrakan di Jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar.

Kisah Sederhana Komjen Pol Badrodin Haiti

badrodin haiti
badrodin haiti (kompas)

“Saya ajak adik (Badrodin Haiti) tinggal di Blitar sekalian bantu mengasuh anak saya yang pertama, “ kata Siti kalimat (63), kakak sulung Badrodin Haiti saat ditemui di kediamanya, jalan Gajah Mada, Kelurahan Wlingi, Kabupaten Blitar, Kamis (19/1/2015).

Rumah kontrakan ini sekarang hanya tinggal kenangan. Oleh pemiliknya telah terjual dan telah menjadi kantor Bank swasta. Kemudian Din, begitu panggilan kanak-kanaknya Baadrodin biasa diucapkan, masih duduk di bangku sekolah dasar.

Baca Juga:  8 Objek Wisata Bandung Paling Menarik

Hanya setahun putra keempat dari delapan saudara dan pasangan almarhum KH Ahmad Haiti dan Siti Aminah mengenyam ilmu sebagai siswa kelas enam di SD Babadan 01 Wlingi. Perjalanan pendidikan yang berlangsung di 1969-1970.

“Tidak lama. Hanya setahun saja tinggal di Blitar,“ jelasnya.

Sebelum duduk di bangku kelas enam, juga lulusan terbaik pada tahun 1982 ini tercatat sebagai siswa (kelas 1-5) SD Negeri 1 Jember Paleran. Setelah menyelesaikan kelas enam SD di Blitar, Din kembali ke Jember. Ia melanjutkan pendidikannya di sekolah kejuruan Mts, Balung Arqom Bayt.

Dari sana, Din meneruskan ke SMA Muhammadiyah Rambipuji. “Saat saya ajak ke sini (Blitar), saya dan suami memang belum lama tinggal di Blitar, “ ungkap Siti.

Baca Juga:  SBY: Golkar Mengingkari Kesepakatan, Menolak Perppu Pilkada

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo akhirnya menunjuk Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon tunggal Kapolri. Badrodin tercatat pernah menjabat sebagai kepala badan keamanan pemelihara (2 Agustus 2013-27 Februari 2014).

Kemudian sebagai asisten Asops (2011-2013), Kapolda Jawa Timur (Agustus 20, 2010-Maret 14, 2011), Kapolda Sumatera Utara (Februari 14, 2009-Maret 5, 2010), Kapolda Sulawesi Tengah (2006-2008) dan Kapolda Banten (2004-2005). (okezone)

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)