Kampung di Tasikmalaya Terendam Banjir Mirip Laut

Banjir rendam puluhan rumah di Kampung Nyompet, Kampung Setianagara, Cibeureum, Kabupaten Tasikmalaya, pada sore hari sampai malam ini dengan ketinggian hingga dua meter bisa menjadi catatan sejarah di kota santri ini. Terlebih lagi, wilayah urban ini awalnya tidak mengetahui banjir besar di musim hujan setiap tahun.

bencana banjir
bencana banjir

Kampung di Tasikmalaya Terendam Banjir

“Wah, ini ketinggiannya meteran Pak, bukan sentimeter. Ini kampung sudah mirip laut, dan kayaknya ini yang pertama di Tasik,” kata Yogi (32), warga yang menyaksikan banjir di daerahnya begitu besar, Minggu (15/2/2015) malam.

Menurut Yogi, mengharapkan dari respon langsung cepat pemerintah dan perhatian kepada korban yang rumahnya tenggelam dalam banjir. Karena, sejak sore hari terakhir belum ada segelintir orang dari pemerintah yang memberikan bantuan kepada korban. Namun demikian, saat ini ada beberapa petugas polisi dan tentara yang membantu proses evakuasi warga dan barang-barang berharga penyelamatan korban.

Baca Juga:  Black Box Tidak ditemukan, Ekor Pesawat AirAsia QZ8501 Segera Diangkat

“Saya minta pemerintah cepat tanggap dalam hal ini, apalagi bencananya sampai segini,” kata Yogi.

Yogi dan warga negara lainnya belum dapat memastikan penyebab banjir paling didasarkan pada catatan banjir di kota Tasikmalaya. Namun, mereka mencurigai fungsi drainase kurang baik sehingga air yang meluap akibat hujan lebat.

“Bisa drainase, ditambah lokasi kampung di dataran rendah, dan banyak sungai. Namun, pastinya masih kurang tahu,”kata Yogi.

Sampai berita ini diturunkan, banjir masih membanjiri puluhan rumah-rumah di desa.

Sebelumnya diketahui, selain di kawasan, banjir karena hujan deras sejak sore hingga malam hari di kota Tasikmalaya terjadi di beberapa titik. Beberapa rumah yang terendam banjir wilayah mulai Ampera, Cicantel, Cibeureum, dan Paledang di Kota Tasikmalaya.

Baca Juga:  Bripda Nina Oktoviana, Brimob Cantik Berjilbab dari Aceh

Bahkan, beberapa jalan protokol yang tergenang, tetapi tidak mengganggu arus lalu lintas. Pada kenyataannya, namun, hampir setiap hujan besar, beberapa daerah kota Tasikmalaya banjir karena limpahan air dari drainase saluran tidak berfungsi dengan benar. Sampai berita ini diturunkan, belum ada informasi resmi dari pemerintah atau badan bantuan bencana daerah (BPBD) kota Tasikmalaya.

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)