Harga BBM Premium Turun Jadi Rp. 7600

Seiring dengan terus melorotnya harga minyak dunia, pemerintah memilih menurunkan harga BBM premium menjadi Rp 7.600 dari Rp 8.500, mulai tanggal 1 Januari 2015. Dengan harga ini, pemerintah sudah mencabut subsidi untuk premium. Adapun BBM yang masih mendapatkan subsidi adalah jenis solar

harga bbm premium turun
harga bbm premium turun

Harga BBM Premium Turun 1 Januari

Premium beberapa waktu lalu masuk ke dalam kategori jenis BBM tertentu—bersama minyak tanah dan minyak solar—per 1 Januari 2015 masuk dalam kategori jenis BBM khusus penugasan.

“Bensin RON 88 (premium) di luar Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) ditetapkan sebesar Rp 7.600 per liter,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dalam sesi tanya jawab di Jakarta, Rabu (31/12/2014).

Baca Juga:  Warga Surabaya Biarkan Satu Keluarga Dibantai di Pinggir Jalan

Meskipun harga BBM turun dari Rp 8.500 setiap liter, Sudirman mengatakan pemerintah tidak memberikan subsidi lagi untuk premium. Untuk jenis BBM khusus penugasan, pemerintah menanggung bea distribusi di luar Jamali.

harga bensin RON 88 (premium) dalam klasifikasi jenis BBM umum hanya diberlakukan di Jawa, Madura, dan Bali. Pemerintah menetapkan biaya Rp 7.600 setiap liter. Jadilah bahwa mungkin, dalam perbaikannya, harga premium non-subsidi ini dapat diubah, bergantung pada kebijakan pemerintah daerah, yakni Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).

Baca Juga:  Djoko Tjahjono Iskandar, Ahli Katak Kebanggaan Indonesia

BBM jenis tertentu yang diberikan subsidi adalah jenis solar dan minyak tanah. “Harga minyak tanah tetap Rp 2.500 per liter, dan harga minyak solar menjadi Rp 7.250 per liter,” kata Sudirman.

harga minyak tanah yang sekarang Rp 2.500 setiap liter, sedangkan harga minyak solar Rp 6.500 setiap liter

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Menyukai situs ini? Silakan share :)