Ekor Pesawat AirAsia QZ8501 Sudah Diangkat

Tim penyelam gabungan TNI Angkatan Laut akhirnya berhasil mengangkat bangkai ekor pesawat AirAsia QZ8501 dari dasar laut, Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Sabtu (2015/10/01).

ekor pesawat AirAsia QZ8501 di dalam perairan Laut Jawa
ekor pesawat AirAsia QZ8501 di dalam perairan Laut Jawa

Ekor Pesawat AirAsia QZ8501 Sudah Diangkat ke Permukaan

sebuah balon digunakan untuk mengangkat ekor pesawat AirAsia QZ8501, mulai mengapung sekitar pukul 11.50 WIB. Ekor pesawat yang berwarna merah tua juga sesekali terlihat muncul di tengah gelombang.

Proses pengangkatan ekor pesawat ini sudah dimulai sejak Kamis (2015/01/07) sebelumnya. Kemudian lagi, banyaknya langkah-langkah yang harus dilakukan hingga kondisi alam yang tidak mendukung membuat prosedur pengangkatan membutuhkan waktu cukup lama.

Baca Juga:  Temukan Black Box, Basarnas Dipuji AirAsia

Pada awalnya, penyelam harus melakukan pengikatan atau belting ke ekor pesawat. Adapun pengangkatan ini membuat salah satu agar pencarian black box atau kotak hitam yang berada di bagian ekor pesawat menjadi lebih mudah.

Sebelumnya, tim penyelam sudah mencoba melakukan pencarian black box saat ekor pesawat masih di dasar laut. Di sisi lain, black box belum bisa ditemukan karena jarak pandang penyelam yang pendek dan gelombang laut yang kuat.

Dari deteksi sonar Kapal Navigasi Jadayat, ada dugaan black box sudah terpisah dari bagian ekor pesawat dan mengapung sejauh 1,7 mil laut.

Baca Juga:  5 Jurusan Kuliah Paling Sulit di Perguruan Tinggi Indonesia

(kompas)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Menyukai situs ini? Silakan share :)