Cara Senam Kegel yang Baik dan Benar

Berikut ini uraian selengkapnya mengenai Cara Senam Kegel yang Baik dan Benar untuk sobat sekalian. suatu gerakan yang bertujuan untuk mengencangkan otot-otot panggul. Kegiatan ini bermanfaat mengencangkan otot di bawah rahim, kandung kemih dan usus.

Mengapa penting melakukan senam kegel?

senam kegel

Banyak faktor yang dapat melemahkan otot-otot dasar panggul meliputi: kehamilan, melahirkan, operasi, penuaan dan kelebihan berat badan. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari senam kegel jika Anda:

  • Sering mengalami kebocoran urin ketika bersin, tertawa atau batuk
  • Memiliki keinginan untuk berkemih yang tidak dapat ditahan (inkotinensia urin)
  • Kebocoran feses (inkotinensia fekal)

Secara umum, manfaat dari senam Kegel dapat ditentukan sebagai berikut:

  • Membantu menjaga otot untuk mengontrol buang air.
  • Pada Laki-laki, senam Kegel juga bermanfaat meningkatkan kinerja seksual. Kencangkan otot panggul bawah selama hubungan seksual dapat membantu mengelola ereksi atau penundaan ejakulasi.
  • Untuk wanita hamil, senam Kegel bermanfaat untuk memperlancar proses melahirkan. Otot panggul yang kuat dan elastis bermanfaat membuka jalan dan mencegah episiotomi.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, latihan Kegel dapat dilakukan selama kehamilan atau setelah melahirkan.

Senam kegel sangat berguna terutama bagi Anda yang mengalami masalah seperti ini:

  • Tidak sengaja mengeluarkan urin ketika batuk, tertawa, atau bersin-bersin. Namun, latihan ini tidak cukup untuk menangani kondisi yang telah sangat parah.
  • Melemahnya otot-otot yang mengontrol buang air besar.
  • Otot panggul yang melemah dan melebar pasca-persalinan yang menyebabkan turunnya rahim. Kondisi ini dapat dicegah dengan melakukan latihan Kegel selama kehamilan.

Buat sobat yang sedang mencari informasi tentang Cara Senam Kegel. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang sobat butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang Cara Senam Kegel yang Baik dan Benar. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Baca Juga:  Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan

Langkah-langkah Cara Senam Kegel

Kemudian apa Cara Senam Kegel yang Baik dan Benar? Kami akan membaginya untuk sobat dirumah. pastikan sobat Lihat info berikut dengan cermat. Karena ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan. Jadi Pastikan sobat menyimak artikel ini dengan seksama.

Senam kegel tidak perlu petunjuk rumit dan tahap, atau kamar dan pakaian khusus. Sebagai permulaan, latihan Kegel dapat dilakukan sambil berbaring dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi bagian bernama otot panggul. Kuncinya adalah untuk mencoba menghentikan keluarnya urin ketika Anda buang air kecil. Otot-otot yang memegang urin yang disebut otot panggul yang di bawah Anda. Pada Pria, jika Anda mengencangkan panggul sambil berkaca, Bagian bawah penis Anda akan bergerak menuju perut dan testikel naik.
  2. Mengosongkan kandung kemih. Mengambil posisi berbaring. Mengencangkan otot panggul di bawah Anda, terus hingga 5 detik, kemudian lepaskan. Ulangi 4 – 5 kali. Kemudian meningkatkan durasi 5-10 detik.
  3. Ketika mengencangkan otot-otot panggul, menghindari mengencangkan otot perut, paha dan bokong, serta menjaga bernapas secara bebas.
  4. Ulangi gerakan ini tiga kali sehari dengan ulangi setidaknya sebanyak 3 Ă— 10 kali. Namun, menghindari melakukan gerakan ini untuk menahan buang air kecil untuk otot panggul dapat melemahkan otot panggul dan justru berisiko infeksi saluran kemih yang parah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gerakan ini dilakukan setiap hari. Anda tidak perlu waktu khusus dan ruang untuk melakukannya. Senam kegel dapat dilakukan bahkan sementara Anda mengetik atau dalam perjalanan. Setelah otot panggul kencang makin, cobalah untuk melakukan latihan Kegel saat berdiri dan berjalan.

Baca Juga:  Cara Mudah Mengobati Batu Ginjal dengan Cuka

Tips untuk memaksimalisasi Cara Senam Kegel

Mengingat manfaat dari senam Kegel sehingga Anda termotivasi untuk melakukannya secara teratur.

  • Melakukan latihan Kegel pada waktu yang sama setiap hari, seperti sementara menyikat gigi, menonton berita sore di TV atau duduk mengetik di pagi hari.
  • Catat perkembangan yang Anda rasakan.
  • Namun, seperti semua kegiatan olahraga, manfaat Kegel dapat tidak terasa. Jika Anda secara teratur berlatih kegiatan ini tiga kali sehari, umumnya manfaat dapat dirasakan sekitar 4-6 minggu kemudian. Jika tidak, Anda dapat memeriksa gerakan yang telah dilakukan. Bisa jadi bahwa ada sesuatu yang salah dalam gerakan otot atau latihan Anda. Tapi jika Anda tidak merasa perubahan berarti setelah melakukan latihan kegel 3-4 bulan, periksalah dengan dokter Anda.

Waktu terbaik melakukan Cara Senam Kegel

Anda dapat melakukan latihan kegel Kapan dan dimana saja. Tidak harus berada pada tempat tertentu, bahkan ketika naik mobil Anda masih dapat melakukan latihan kegel. Setidaknya melakukan 3 set latihan setiap hari dengan pengulangan hingga 10 kali pada setiap set.

Itulah Cara Senam Kegel yang Baik dan Benar. Sekarang sobat sudah tahu Cara Senam Kegel yang dapat menjadi referensi, disini sobat bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…

Selain Cara Senam Kegel yang Baik dan Benar, kami memiliki banyak lagi info terbaik untuk Anda. Di sini, Anda dapat menemukan artikel dari banyak kategori yang berbeda, seperti resep, tips kesehatan kecantikan, teknologi dan banyak lagi.

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)