Cara Mencegah Jerawat Secara Alami yang Mudah

Sobat yang ingin tampil percaya diri pasti selalu mencari cara mencegah jerawat. Kalau begitu, hal tersebut bukanlah mustahil untuk sobat lakukan. Banyak orang yang berhasil mencegah datangnya penyakit kulit satu ini dengan cara alami loh. Tetapi ada hal yang harus dilakukan dengan benar supaya sobat dapat berhasil mencegah datangnya jerawat.

Jerawat adalah salah satu penyakit pada kulit yang sering terjadi untuk semua orang terutama ketika memasuki usia remaja. Namun, perlu sobat ketahui hal ini juga, tidak sedikit orang dewasa yang menderita jerawat pada wajah.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Dalam kasus ini, jerawat biasanya menimbulkan berbagai masalah psikologis seperti hilangnya kepercayaan diri dan kecemasan yang berlebihan.

Jika sobat sedang mencari tips mencegah jerawat, metode terbaik untuk melakukannya adalah dengan cara alami, Hal ini dianjurkan karena tidak menimbulkan efek samping dan juga biaya yang dikeluarkan lebih murah daripada cara konvensional

Kabar baiknya kami akan berbagi tips untuk mencegah jerawat datang baik sebelum atau sesudah masa penyembuhan jerawat.

Cara mencegah jerawat dengan bahan alami

Dalam posting kali ini kami akan memberitahu sobat beberapa tips dan bagaimana mencegah jerawat dan memastikan jerawat di wajah tidak datang kembali setelah penyembuhan.

Perlu sobat ketahui bahwa Jerawat dan komedo terjadi karena kelebihan produksi minyak ditandai dengan penyumbatan pada kelenjar sebaceous. Ini faktor yang menyebabkan kuman dan bakteri muncul menghasilkan jerawat di wajah. Oleh karena itu dibutuhkan perawatan teratur dan melakukan beberapa pencegahan jerawat jerawat sehingga sobat bisa mengatasi masalah ini dengan mudah.

Mayo Clinic merekomendasikan produk perawatan wajah yang mengandung asam alpha hydroxy bagi orang yang memiliki masalah jerawat berlebih. Asam Alpha hidroksi dapat membantu melepaskan sel-sel kulit mati yang ada sehingga dapat mencegah jerawat muncul di wajah.

Hasil Penelitian menyebutkan bahwa orang yang tidak memiliki jerawat yang memiliki tingkat vitamin A dan E sangat tinggi dalam darah mereka daripada pasien di klinik yang memiliki masalah kulit berjerawat.

Jadi, Mereka menyimpulkan bahwa kekurangan vitamin A dan E dapat menyebabkan jerawat pada wajah. Oleh karena itu adalah salah satu cara pencegahan jerawat muncul di wajah yang dapat sobat lakukan adalah dengan memperbaiki menu makanan dengan makanan sehat.

Sobat inilah beberapa tips dan cara untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah:

1. Selalu membersihkan wajah

Walaupun Wajah sobat berjerawat atau tidak, sobat masih harus rajin membersihkan wajah setiap hari untuk menghilangkan kotoran, sel-sel kulit mati dan kelebihan minyak pada permukaan kulit wajah. Caranya mudah, Gunakan air hangat dan pembersih wajah untuk mencegah munculnya jerawat, jangan gunakan sabun bahan kimia untuk badan di wajah karena membuat kulit menjadi kering sehingga bisa melukai kulit dan menyebabkan iritasi.

Hindari menggosok kulit wajah dengan handuk yang keras atau dengan bahan kasar lainnya. Lebih baik Bersihkan wajah menggunakan tangan sobat sendiri atau kain yang lembut. Selanjutnya Bilas wajah Anda dan keringkan dengan handuk bersih. Harus sobat ketahui Jerawat tidak disebabkan oleh debu yang berlebihan sehingga sobat tidak perlu menggosok wajah terlalu keras. Jika tidak silahkan menggunakan pembersih antibakteri setidaknya dua kali sehari atau menurut petunjuk penggunaan yang benar.

Baca Juga:  Cara PDKT Lewat Chat, BBM, Facebook dan SMS

2. Selalu Gunakan moisturizer atau pelembab

Ada banyak obat-obatan dipasaran yang dapat membuat kulit menjadi kering sehingga menyebabkan jerawat, sehingga selalu menggunakan pelembab menjadi solusi untuk meminimalkan kulit menjadi kering. Pelembab berbentuk gel ini biasanya cocok untuk semua jenis kulit berminyak. Dan untuk kulit kering mencoba krim pelembab atau lotion untuk mencegah jerawat di wajah.

3. Menggunakan obat jerawat yang banyak dijual di apotek tanpa resep

Jika sobat punya dana lebih untuk merawat kulit, Cara menggunakan Obat ini biasanya dengan obat yang mengandung bahan-bahan seperti benzoil peroksida yang anti-bakteri bahan dengan efek pengeringan pada kulit wajah. Sobat juga dapat menggunakan Obat-obatan yang mengandung asam salisilat juga dapat membunuh bakteri dalam pori-pori wajah.

Hal yang penting harus sobat perhatikan adalah Mulailah dengan jumlah yang sangat kecil dan secara bertahap jika tidak dapat meningkatkan overdosis. Benzoil peroksida dapat menyebabkan kemerahan pada kulit menjadi bersisik dan oleh karena itu Anda perlu berhati-hati untuk menggunakannya terutama jika sobat memiliki kulit yang sensitif.

4. make up tidak berlebihan untuk mencegah wajah berjerawat

Sobat bisa mencoba mengurangi bahkan menghentikan penggunaan make up dengan menjaga kesehatan kulit wajah sehingga cantik alami. Tapi Jika sobat menggunakan make up, berarti sobat harus selalu mencuci dan besihkan wajah sebelum tidur. Pilih bahan kosmetik yang tanpa pewarna atau bahan kimia berbahaya. Saat ini kosmetik bahan dasar air sudah banyak terjual dan lebih aman bagi kulit. Juga penting untuk membaca daftar bahan pada label produk sebelum membeli.

5. memberi perhatian lebih untuk rambut

Hindari menggunakan wewangian, minyak dan bahan kimia pada rambut. Bahan-bahan ini bisa menyebabkan kulit wajah untuk menyumbat pori-pori dan merusak kulit. Menggunakan sampo lembut dan kondisioner yang aman. Rambut berminyak juga dapat meningkatkan jumlah minyak pada wajah. Rajinlah membersihkan rambut terutama jika sobat memiliki rambut panjang.

6. Selalu Hindari kontak antara wajah dan tangan

Selalu hindari sentuhan tangan dengan kulit wajah salah satunya Menghindari menopang wajah menggunakan tangan pada pipi. Tangan kotor dapat menyebarkan bakteri dan kuman di wajah sobat dan dapat menyebabkan iritasi kulit. Jangan coba sentuh jerawat dengan tangan apalagi dipecahkan karena dapat menyebabkan infeksi dan jaringan parut.

7. Hindarkan wajah dari terkena sinar matahari langsung

Sinar ultraviolet matahari dapat menyebabkan radang kulit pada wajah. Beberapa tabir surya atau lotion dapat mengurangi sensitivitas kulit wajah oleh sinar matahari. Selalu menghindari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya saat sobat bepergian. Gunakan tabir surya bebas acnegenic untuk mengurangi pertumbuhan jerawat baru.

8. Memenuhi nutrisi dapat mencegah jerawat

Sobat cobalah makan makanan bernutrisi baik seperti buah dan sayuran. Beberapa ahli gizi setuju bahwa makanan tertentu seperti cokelat dan keripik memicu jerawat pada wajah. Termasuk makanan junk food dan semua jenis makanan berminyak dapat menyebabkan jerawat.

Baca Juga:  Negara Dengan Pola Makan Terburuk

Konsumsilah buah dan sayur lebih terutama yang mengandung vitamin A dan beta karoten dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan kulit wajah. Makanan yang baik untuk mencegah jerawat adalah wortel, ubi jalar, melon, kubis, bayam dan semua makanan yang mengandung vitamin A yang berasal dari tumbuhan dan buah-buahan.

9. Olahraga setiap hari dapat mencegah jerawat

Perlu sobat ketahui kalau Olahraga teratur sangat baik untuk fisik dan pikiran termasuk kulit. Latihan fisik juga mengurangi kecemasan dan stres lega serta melancarkan lebih banyak peredaran darah ke seluruh tubuh. Disarankan Ketika berolahraga tidak boleh menggunakan topi, kacamata atau helm yang dapat menyebabkan keringat berlebihan, keringat berlebih dapat menyebabkan iritasi kulit dan menjadi sarang bakteri dan kuman di wajah. Pastikan untuk selalu mandi membersihkan diri setelah latihan.

10. rileks dan tenang

Banyak ahli percaya bahwa mental dan emosional kondisi mempengaruhi semua aspek kesehatan termasuk kondisi kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menjai penyebab jerawat bertambah parah. Oleh karena itu untuk menghindari stres atau memecahkan masalah yang menyebabkan stres.

Bagi sobat yang masih berusia remaja, Jerawat adalah masalah normal selama periode pertumbuhan karena pengaruh hormon yang sangat berlimpah. Tetapi tidak sedikit juga jumlah orang dewasa yang tidak dapat menyingkirkan jerawat di wajah mereka meskipun mereka telah berusaha untuk menghilangkan jerawat. Jika hal ini terjadi, apa yang harus dilakukan?
Jawabannya adalah sobat dapat Mengunjungi dokter kulit untuk mencegah jerawat secara permanen

Jika sobat telah menerapkan beberapa tips diatas untuk mencegah jerawat tetapi kondisi jerawat membandel tidak kunjung selesai, Maka sobat juga harus menggunakan beberapa obat jerawat dan pastikan mengobati dengan aturan yang benar atau sesuai resep dokter, jerawat di wajah dapat menurunkan rasa kepercayaa diri seseorang yang mengganggu dan menghambat kehidupan sosial, langkah terakhir menghilangkan jerawat yang dapat sobat lakukan adalah konsulitasi dengan seorang dokter spesialis kulit. Hal ini penting karena harus dilakukan supaya kondisi jerawat tidak bertambah parah.

Apakah sobat sudah ingin melakukan beberapa tips yang ada diatas tadi? jika ya, lakukan segera karena tips tersebut termasuk mudah untuk dilakukan dan pastinya sobat ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih.

Ini adalah hanya beberapa tips mencegah jerawat yang mungkin dapat membantu sobat, sehingga tidak khawatir lagi terserang penyakit jerawat. Demikianlah info yang dapat kami sampaikan…

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)