Cara Membuat Telor Asin Cepat dengan Abu Gosok dan Batu Bata

Berikut ini uraian selengkapnya mengenai Cara Membuat Telor Asin Cepat dengan Abu Gosok dan Batu Bata untuk sobat sekalian. Telor Asin terdiri dari banyak variasi dalam pengolahan seperti telur asin masir yang memiliki berbagai rasa dan varian.

membuat telor asin

Sobat mungkin berpikir kalau cara membuat telor itu susah san biasanya mengkonsumsi telur asin dengan membeli di pasar tradisional atau pasar swalayan. Tapi tidak ada salahnya kalau sobat juga membuat sendiri di rumah dengan cara yang sangat mudah.

Kota Brebes, Jawa Tengah dikenal sebagai kota penghasil utama telor asin. Industri dari telor asin Brebes meluas sampai tersedia beraneka pilihan dan rasa. Telur asin berkualitas tinggi memiliki arna oranye cerah kuning hingga kemerahan, dan tidak menimbulkan bau amis dan rasa asin menyengat. Telor asin mengandung kalsium tinggi dan unsur-unsur nutrisi mineral dan semua yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita loh sob. Oleh karena itu, telur asin sangat baik untuk konsumsi, baik untuk bayi sampai lanjut usia.

Telor asin masir yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri khas dari kuning berwarna agak kemerahan, kering (kalau digigit tidak mengeluarkan cairan), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin menyengat, tekstur tidak berminyak. Ciri-ciri rasa telur asin ini dianggap sempurna dan bernama telur asin Masir.

Selain lezat, telur asin juga mengandung semua unsur gizi lengkap dan kandungan mineral, kalsium yang dapat meningkat 2,5 kali setelah pengasinan. Nutrisi yang ditemukan di telor asin sangat mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak yang dalam masa tumbuh-kembang, ibu hamil dan menyusui, orang yang sakit atau sedang dalam proses penyembuhan, serta lansia.

Buat sobat yang sedang mencari informasi tentang Cara Membuat Telor Asin Cepat. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang sobat butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang Cara Membuat Telor Asin Cepat dengan Abu Gosok dan Batu Bata. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

Cara Membuat Telor Asin Cepat terbaru untuk anda:

Cara membuat telur asin ada yang menggunakan cara tradisional menggunakan adonan abu atau bata dan ada juga bahan lain yang digunakan lebih praktis. Sekarang orang lebih suka membuat telur asin dengan cara yang lebih praktis, tapi sayangnya tidak banyak orang tahu cara membuat telur asin masir yang membuatnya dengan cara tradisional.

Kemudian apa Cara Membuat Telor Asin Cepat dengan Abu Gosok dan Batu Bata? Kami akan membaginya untuk sobat dirumah. pastikan sobat Lihat info berikut dengan cermat. Karena ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan. Jadi Pastikan sobat menyimak artikel ini dengan seksama.

Baca Juga:  Resep Jus Mangga Sehat dan Segar

Hal yang perlu diperhatikan ketika Cara Membuat Telor Asin:

Sobat inilah beberapa hal yang harus diperhatikan dengan seksama saat ingin membuat telor asin:

1. Pastikan sobat menggunakan telur bebek kualitas baik. Ciri-cirinya kuning Telur berwarna kemerahan dan tidak bau amis kalau sudah jadi telur asin

2. Cara mengetahui telur bebek kualitas bagus dan tidak amis biasanya yang dihasilnya oleh bebek yang diberi pakan organik dan makanan udang sehingga telur tidak amis dan kuning telur  berwarna kemerahan. Lain halnya jika bebek diberi makan dengan ikan dan dapat dipastikan telur asin yang dihasilkan akan amis. telur Bebek yang bagus diproduksi daerah sekitar blitar, Jawa Timur, dan indramayu.

3. Jika sobat sulit mendapatkan telur bebek, telur ayam biasapun juga dapat dijadikan telur asin.

4. untuk menentukan apakah telur bebek masih memenuhi syarat untuk diproses, melakukan tes dengan memasukkan telur ke dalam wadah yang diisi dengan air. Jika telur tenggelam, itu berarti bahwa telur masih layak untuk konsumsi dan pastikan juga jika telur tidak retak ya sob.

5. Sobat juga harus membersihkan kotoran dari telur yang kemudian keringkan dengan kain. Amplas permukaan telur sehingga porinya pori-pori terbuka.

6. Gunakan air dingin untuk merendam telur.

7. Langkah yang penting juga yaitu menentukan cara untuk membuat telur asin yang Anda inginkan sehingga mereka dapat memperkirakan jenis dan jumlah bahan yang akan digunakan seperti: abu gosok, batu bata merah halus dan garam.

8. Selain itu ada juga ditambahkan ekstrak daun teh ketika membuat telur asin. Mengukur penggunaan 50 gram teh untuk 3 liter air, dan seterusnya.

Ada 3 Cara Membuat Telor Asin:

Dibawah ini ada beberapa cara yang dapat sobat lakukan untuk membuat telor asin:

1. Metode Perendaman dengan larutan air garam

Langkah pertama Siapkan air dan tambahkan garam secukupnya. Aduk sampai garam larut. Kemudian rendam telur yang telah dibersihkan dalam larutan garam selama kira-kira 10 hari dalam wadah tertutup. Jika Anda ingin rasa lebih asin telur lagi, rendamlah telur lagi.

2. Metode Perendaman dengan adonan garam

Langkah-langkahnya yaitu Siapkan adonan garam adalah campuran air dan garam seperti pasta. Kemudian atur telur dengan rapi, dan kemudian siram dengan adonan pasta garam untuk menutupi semua telur dalam wadah. Simpan beberapa hari. Setelah itu siap untuk dikonsumsi.

3. Metode Pemeraman Dengan adonan garam, batu bata dan abu gosok

Metode ini dilakukan dengan cara mencampur Abu gosok, batu merah yang sudah digiling halus dan garam. Aduk rata. Perbandingan campuran 2: 2: 3. Lalu Tambahkan air secukupnya hingga menjadi adonan pasta. Kemudian balurkan rapi sampai telur bebek terbungkus sempurna, dengan ketebalan sekitar 1 cm. Simpan ditempat terbuka sampai waktu yang dikehendaki. Untuk asin yang tidak berlebihan dapat dilakukan selama 7-15 hari.

Baca Juga:  Resep Cireng Enak, Empuk dan Renyah

Informasi penting lainnya yaitu untuk mengetahui apakah telur asin yang kita membeli adalah palsu atau tidak dan proses pembuatan yang instan dengan bahan-bahan berbahaya membahayakan kesehatan? Sobat harus berhati-hati karena saat ini banyak oknum nakal yang menginginkan keuntungan yang berlimpah dengan mengabaikan resiko. Berikut adalah caranya:

1. Telur asin asli warna kuning telurnya biasanya oren kemerahan. Kuning telur “masir”. Jika telur telur asin palsu kuning pucat karena dibuat dari telur ayam yang biasa.

2. Sobat juga bisa menggunakan cairan pemutih. Dengan cara menggosok telur perlahan-lahan, jika kecoklatan, telur asin yang terbuat dari telur ayam yang telah diwarnai dengan pewarna tekstil dan pewarna lain berbahaya yang bukan pewarna makanan.

3. Proses pembuatan telur asin tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup hanya 1 hari. Berikut adalah caranya: rendam satu sisi telur dengan cuka sampai telur telah melunak dan kemudian menyuntikkan air garam. Dan telur ayam yang dicat dengan cat dinding setelah itu diberikan tepung kanji sehingga warna sangat mirip telur bebek asli dan secara bersamaan menghilangkan guratan cat pada telur. Bagaimana untuk mencari tahu kalau telor ini palsu, caranya usaplah permukaan telur jika agak kusam dan warna agak kesat, berarti palsu.

Apakah sobat sudah siap untuk bereksperimen membuat telor asin? sobat harus lakukan dengan cara yang benar ya, jangan menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya loh, hehehe…

Sekarang sobat sudah mengetahui cara membuat telor asin yang benar, dan mungkin sudah siap mempraktekannya di rumah atau mungkin berencana menjadi pengusaha telor asin.

Itulah Cara Membuat Telor Asin Cepat dengan Abu Gosok dan Batu Bata. Sekarang sobat sudah tahu Cara Membuat Telor Asin Cepat yang dapat menjadi referensi, disini sobat bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…

Selain Cara Membuat Telor Asin Cepat dengan Abu Gosok dan Batu Bata, kami memiliki banyak lagi info terbaik untuk Anda. Di sini, Anda dapat menemukan artikel dari banyak kategori yang berbeda, seperti resep, tips kesehatan kecantikan, teknologi dan banyak lagi.

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)