Cara Membedakan Batu Akik Asli atau Palsu

Munculnya trend batu akik menciptakan keraguan ketika memilih sebelum membelinya. Nah, untuk pemula, apa yang harus diperhatikan?

Cara Mudah Membedakan Batu Akik Asli atau palsu

batu akik asli
batu akik asli

Batu akik booming pada awal tahun 2015, membuat Penjual batu akik meraup keuntungan yang besar. Sementara itu, tidak heran juga, jika banyak “batu masakan” mulai masuk ke pasar batu akik. Untuk pemula, itu mungkin akan sangat membingungkan untuk batu akik asli dengan batu akik masakan. Namun, dengan sedikit pengetahuan dan kesabaran, Anda pasti dapat tahu perbedaannya.

Untuk melihat keaslian dan mutu dari batu akik, biasanya pembeli akan membawa senter. Ini adalah hal yang paling dasar untuk melihat keaslian dan mutu dari batu akik. Batu akik asli ketika disenter akan terlihat serat-seratnya. Serat ini juga menentukan harga dan kualitas batu akik. Batu akik masakan tidak akan memiliki serat, dan akan terlihat jelas sekali ketika disenter. Ini pasti hanya dapat dilakukan pada batu-batu yang jelas dan transparan sebagai bacan dan pandan. Batu alam pasti memiliki serat alami dan unik, tidak seperti buatan manusia.

Baca Juga:  Harga Smartfren Andromax C2s, Smartphone Murah Meriah

“Pokoknya untuk pemula lihat saja di bawah cahaya apa ada serat atau tidak. Jika teralu bersih, biasanya sudah pasti batu masakan, atau coba tempel ke kulit atau pipi. Jika dingin, maka batu akik asli. Saya sarankan bawa teman yang mengerti batu akik jadi bisa menjelaskan,”kata Hendry, pembeli batu akik.

Anda juga dapat mencoba untuk meneteskan air atas batu, ketika tetesan ini menetap, maka batu akik pasti asli. Hal yang membedakan berat. Kaca dan batu akik asli dapat berbeda beratnya. Namun, jika Anda punya mulai tertarik dengan batu akik, maka ini akan menjadi terasa sulit. pembeli Batu akik senior biasanya sudah tahu hanya dengan melihat dan memegang.

Baca Juga:  Batu Akik Aceh Bercorak Naga Harga Rp 20 Miliar

“Memilih batu akik harus bersabar. Jika tidak, Anda akan cepat tertipu. Pertama-tama, harus mengerti tentang batu yang diinginkan, contohnya bacan. Sebelum beli, cari tahu dulu saja tentang batu bacan, tentang warna, harga, dan kualitas. Jangan langsung datang, lihat batu bacan, lalu nanti ditipu. Paling gampang, buka internet dan cari tahu tentang batu akik,” kata Endang, Penjual batu akik di Jakarta Gems Center (JGC), Rawa Bening, Jakarta Timur. (kompas)

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)