Black Box Tidak ditemukan, Ekor Pesawat AirAsia QZ8501 Segera Diangkat

Tim penyelam gabungan TNI Angkatan Laut telah menyusuri kembali bangkai ekor pesawat AirAsia QZ8501 di Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Jumat (2014/01/09). Penyusuran ini untuk mencari black box atau kotak hitam pesawat. Namun, setelah kelompok pertama ke dasar laut untuk 62 menit, black box tak juga ditemukan.

black box pesawat AirAsia QZ8501 di dalam perairan Laut Jawa
ekor pesawat AirAsia QZ8501 di dalam perairan Laut Jawa

Black Box Tidak Ada di Ekor Pesawat AirAsia QZ8501

“Sudah kami susuri semua, tidak ditemukan black box,” kata Sersan Oot Sudarma, melaporkan hasil penyelaman kepada Panglima TNI Jenderal (TNI) Moeldoko di KRI Banda Aceh pada Jumat pagi.

Meskipun, menurut Oot, ada bagian belakang ekor pesawat yang tidak dapat disusuri karena menancap ke pasir dan lumpur di dasar laut. Oot merekomendasikan bahwa ekor ditarik terlebih dahulu ke permukaan yang lebih tinggi sehingga tak ada lagi bagian yang tertutup lumpur.

Baca Juga:  Kesaksian Penyelam SAR Saat Temukan Ekor Pesawat AirAsia

Saat ini, tim penyelam sudah berhasil memasang tali dan tiga balon floating bag ke bagian ekor pesawat. Balon itu tinggal dikembangkan di dalam air untuk menarik ekor pesawat ke permukaan.

Kapal Crest Onyx milik SKK Migas yang dapat menarik beban 50 ton juga akan menawarkan bantuan. Setelah ditarik, ekor akan berada pada ketinggian 5-7 meter sehingga tak ada lumpur yang menghalangi.

“Ekor itu silakan ditarik, tetapi harus ada penyelam yang standby di bawah untuk melihat sisa-sisa barang yang jatuh. Mungkin ada black box di situ,” kata Panglima TNI memberi izin penarikan pesawat.

Baca Juga:  Awak Kabin Pesawat AirAsia Bernyanyi ketika Turbulensi

(via kompas)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Menyukai situs ini? Silakan share :)