Basarnas Siapkan 7 Lifting Bag Untuk Angkat Main Body AirAsia

Badan SAR Nasional (Basarnas) menyiapkan 3 pilihan untuk pengangkatan badan pesawat AirAsia QZ8501. Salah satu pilihan yang dipertimbangkan, menggunakan lifting bag seperti pengangkatan ekor pesawat oleh Angkatan Laut Indonesia.

basarnas angkat badan pesawat airasia QZ8501 (mindef singapore)
badan pesawat airasia QZ8501 (mindef singapore)

Basarnas Angkat Main Body AirAsia

Direktur Operasi Basarnas Marsma SB Supriyadi mengatakan itu telah menyiapkan lifting bag untuk pengangkatan badan pesawat. lifting bag sekarang dimiliki oleh TNI AL berada di KRI Banda Aceh.

“Kita coba untuk lifting bag milik TNI AL saat ini ada 7 buah di KRI Banda Aceh,” kata Supriyadi di Posko Gabungan di Lanud Iskandar, The Bun, Sumba Barat, Kalteng, Selasa (17/1/2014).

Baca Juga:  Jokowi Akan Menghentikan Pengiriman TKI

Jika 7 lifting bag tidak kuat mengangkat badan pesawat, tim SAR akan menambahkan lifting bag. “Seandainya itu tidak kuat akan kita tambah dari Batam, kemudian 2 hari lagi baru akan datang,” jelasnya.

Sebelum tas mengangkat diturunkan, tim penyelam pertama harus melakukan analisis perhitungan terkait berapa banyak serpihan dan dimensi pasti dari pesawat. “Serta berapa tebal lumpur yang ada di badan pesawat,” katanya.

Pada hari ke 21 pencarian ini proses dilakukan tim penyelam belum mencapai hasil karena belum mencapai dasar laut. Arus bawah yang kuat dan visibilitas yang terbatas adalah masih kendala penyelaman.

Baca Juga:  Bentuk batu Akik, yang Dibanderol Rp. 18 miliar

“Tadi pagi sudah dilakukan penyelaman tapi tidak membuahkan hasil,” jelas Jenderal bintang satu ini.

(detik)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Menyukai situs ini? Silakan share :)