Akhirnya Anjing Hachiko Bertemu Tuannya Setelah 90 Tahun

Setelah terpisah selama 90 tahun, akhirnya kisah anjing setia, Hachiko, kembali dipertemukan dengan kisah tentang tuannya, Profesor Hidesaburo Ueno, dosen teknik pertanian di Universitas Imperial Tokyo (sekarang Universitas Tokyo atau Todai).

Akhirnya Anjing Hachiko Bertemu Tuannya

Patung Hachiko menemui Tuannya
Patung Hachiko menemui Tuannya (asahi)

Pertemuan ini ditandai dengan peresmian patung Hachiko bertemu Ueno, di halaman Todai, Minggu (03/08/2015).

Ini adalah kisah nyata dari masa lalu di Tokyo. Profesor Ueno memiliki seekor anjing yang sangat setia. Namun, saat mengajar, Profesor Ueno tiba-tiba mengalami serangan jantung dan meninggal pada 1925 atau 90 tahun lalu.

Karena kematian Ueno, tentu saja tidak pulang lewat stasiun kereta api Shibuya. Pada kenyataannya, Hachiko selalu setia menunggu di sana.

10 tahun setelah kematian Ueno, Hachiko setia setiap hari menunggu di depan Stasiun Shibuya untuk menantikan Ueno pulang. Hachiko terus melakukannya sampai kematiannya pada tahun 1935.

Baca Juga:  Iklan Rumah Dijual dapat Istri, Wina Lia Hebohkan Dunia

Kesetiaan adalah patung Hachi membuat alasan wajah ke Stasiun Shibuya. Hachiko ditampilkan duduk di depan gerbang Stasiun Shibuya yang memiliki juga polisi (koban).

Kisah sedih sekaligus kesetiaan Hachiko bahkan diadaptasi untuk film oleh Jepang dan beberapa tahun lalu dibuat pula dalam versi Amerika dengan bahasa Inggris, dibintangi aktor Richard Gere.

Untuk menutup kesedihan tersebut, sekaligus memperingati 90 tahun Profesor Ueno yang meninggal pada 1925, patung pertemuan ini pun diresmikan, menggambarkan Hachiko dengan senang hati menyambut kedatangan tuannya.

Patung ini dibuat bersama-sama pada penggalangan dana, antara warga Jepang dan beberapa sponsor perusahaan Jepang dengan nilai sekitar 10 juta yen (sekitar Rp 1 miliar). Patung perunggu setinggi sekitar 1,9 meter dengan berat sekitar 280 kg.

Baca Juga:  Raja Arab Saudi Bagikan Uang Rp. 419 Triliun ke Rakyatnya

“Banyak anak muda Jepang yang masih belum tahu kisah Hachiko, padahal dia sangat populer di dunia. Ini perlu dilestarikan agar lebih banyak orang lagi yang mengetahui kisah kesetiaan ini,”kata Masaki Ichinose, inisiator gagasan pembuatan patung. (kompas)

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)