Sementara AirAsia Cairkan Dana Rp 300 Juta per Penumpang

Presiden Direktur AirAsia Indonesia Sunu Widiyatmoko mengaku telah mencairkan dana awal sebagai angsuran awal sejumlah Rp300 juta setiap penumpang atas inisiatif AirAsia.

kecelakaan Pesawat AirAsia QZ8501
kecelakaan Pesawat AirAsia QZ8501

AirAsia Cairkan Dana Rp 300 Juta per Penumpang

“Pemberian Rp300 juta sebagai dana awal adalah murni inisiatif kami, karena kalau harus menunggu sampai final, masih menunggu administrasi, pasti lama,” katanya, Rabu (7/1).

Menurut dia, keluarga korban akan membutuhkan dana untuk menangani administrasi sebagai akibat dari kejadian ini, sehingga dana sebesar Rp300 juta diharapkan membantu, dan menjadi bekal sementara dalam proses pengurusan jenazah.

Selain itu ia mengaku sengaja tidak menyebut nominal kompensasi atau ganti rugi kepada publik. Tujuan di baliknya menjaga perasaan keluarga korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ 8501.

Baca Juga:  Akhirnya Anjing Hachiko Bertemu Tuannya Setelah 90 Tahun

“Saya selama ini selalu dengan keluarga, dan keluarga tidak ingin bicara uang, karena bagi keluarga itu menyakitkan, sebab akan ada konotasi bahwa para penumpang tidak selamat (jika berbicara kompensasi). Ini berbeda dengan pengharapan mereka,”kata Sunu di Surabaya, Rabu (7/1).

Katanya pembayaran akan diberikan jika proses evakuasi dan identifikasi korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ 8501 selesai.

Menurut dia, kompensasi yang diberikan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 tentang tanggung jawab pengangkut angkutan udara. Dalam peraturan, khususnya di Bab II Pasal 3 disebutkan jika jumlah ganti rugi penumpang meninggal dunia akibat kecelakaan udara sebesar Rp1,25 miliar per penumpang.

Baca Juga:  Lokasi Kotak Hitam Pesawat AirAsia QZ8501 Ditemukan

“Saya memastikan AirAsia pasti akan memberikan kompensasi ini,” katanya.

antara

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Menyukai situs ini? Silakan share :)